Boladunia

5 Fakta Menarik Timnas Italia usai Juara Euro 2020

Italia juara Euro setelah menunggu selama 53 tahun.

Rauhanda Riyantama

Dua bek Timnas Italia, Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci mengangkat trofi Euro 2020. (ANDY RAIN / POOL / AFP)
Dua bek Timnas Italia, Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci mengangkat trofi Euro 2020. (ANDY RAIN / POOL / AFP)

Bolatimes.com - Timnas Italia berhasil menjuarai Euro 2020 usai menaklukan Timnas Inggris di hadapan puluhan ribu pendukungnya yang memadati Stadion Wembley, Senin (12/07/21) dini hari WIB.

Inggris harus kembali memupus mimpinya meraih gelar perdana sejak 55 tahun silam usai tumbang lewat drama adu penalti dari Italia.

Sejatinya, Inggris berhasil membuka asa meraih trofi Henri Delaunay tersebut kala unggul hanya dalam waktu  2 menit sejak pertandingan dimulai.

Adalah Luke Shaw yang berhasil membawa Inggris unggul cepat lewat sontekan First Time-nya memanfaatkan umpan silang Kieran Trippier.

Setelahnya, Inggris sempat menguasai pertandingan dan melakukan serangan bertubi-tubi ke pertahanan Italia. Sayangnya tak ada gol tambahan tercipta.

Di sisi lain, Italia dibuat frustrasi dengan rapatnya pertahanan Inggris sepanjang babak pertama yang mengandalkan formasi 3 bek sejak awal.

Italia yang frustrasi pun berhasil menyamakan kedudukan di babak kedua lewat Leonardo Bonucci memanfaatkan kemelut di muka gawang tepat di menit ke-67.

Gol penyama kedudukan ini pun lantas membuat Italia kian bernafsu menambah gol. Tetapi, pertahanan Inggris sulit ditembus hingga waktu normal berakhir dan dilanjutkan ke babak tambahan serta babak adu penalti.

Di babak adu penalti ini, tiga penendang Italia berhasil menuntaskan tugasnya. Sedangkan hanya dua eksekutor dari Inggris yang berhasil menyarangkan bola ke gawang. Hasil drama adu penalti ini membuat Gli Azzurri ditahbiskan sebagai kampiun Euro 2020.

Di balik keberhasilan Italia jadi juara, terdapat fakta-fakta menarik yang sayang untuk dilewatkan. Berikut fakta menarik Timnas Italia juara Euro 2020.

1. Membuntuti Jerman

Berkat keberhasilan Italia menjuarai Euro 2020, torehan gelar Gli Azzurri di turnamen akbar menjadi 6 gelar dengan rincian 4 gelar Piala Dunia dan 2 gelar Euro.

Torehan 6 gelar ini hanya kalah dari Jerman sebagai negara Eropa terbanyak yang meraih gelar di turnamen akbar dengan 7 gelar.

2. Memecahkan Rekor Berusia 53 Tahun

Italia juara Euro 2020 setelah mengalahkan Inggris leat drama adu penalti. (CATHERINE IVILL / POOL / AFP)
Italia juara Euro 2020 setelah mengalahkan Inggris leat drama adu penalti. (CATHERINE IVILL / POOL / AFP)

Euro 2020 yang berhasil direngkuh Italia menjadikan Gli Azzurri untuk kedua kalinya menjuarai ajang empat tahunan tersebut sejak 1968 atau 53 tahun silam.

Sebagai catatan, rentang waktu 53 tahun silam ini merupakan rentang waktu terlama bagi suatu negara memenangkan gelar di kompetisi yang sama.

3.  Dekati Rekor Tak Terkalahkan

Kemenangan atas Inggris atau keberhasilan bermain imbang sepanjang waktu normal di final Euro 2020 membuat Italia memperpanjang rekor tak terkalahkan dalam 34 laga secara beruntun.

Catatan ini mendekati catatan yang dicetak Brasil dan Spanyol yang tak terkalahkan dalam 35 laga beruntun.

4. Jadi Gelar Pertama Roberto Mancini di Ajang Internasional

Keberhasilan Italia merengkuh trofi Henri Delaunay sendiri membuat Roberto Mancini untuk pertama kalinya meraih gelar internasional atau antar negara.

Gelar ini juga menjadi gelar pertama yang ia persembahkan setelah sempat membela Gli Azzurri sebagai pemain dan saat ini sebagai pelatih.

5. Rekor Gol Terbanyak

Gol Leonardo Bonucci yang menyamakan kedudukan melawan Inggris di final menjadi gol ke-13 Italia di ajang Euro 2020.

13 gol tersebut menjadi gol terbanyak yang dicetak Italia di suatu kompetisi sepanjang kesertaannya di turnamen akbar baik itu Euro maupun Piala Dunia.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini