Boladunia

Fakta Menarik usai Inggris Lolos ke Final Euro 2020

Inggris lolos ke final Euro 2020 usai mengalahkan Denmark 2-1.

Rauhanda Riyantama

Penyerang Timnas Inggris, Harry Kane melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya usai bobol gawang Denmark di semifinal Euro 2020. (ANDY RAIN / POOL / AFP)
Penyerang Timnas Inggris, Harry Kane melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya usai bobol gawang Denmark di semifinal Euro 2020. (ANDY RAIN / POOL / AFP)

Bolatimes.com - Timnas Inggris sukses mengalahkan Timnas Denmark 2-1 di laga semifinal Euro 2020, Kamis (8/7/2021) dini hari WIB. Berkat kemenangan tersebut, The Three Lions lolos ke babak final.

Pada pertandingan yang digelar di Stadion Wembley, London, Denmark sempat memimpin lebih dulu lewat gol hasil tendang bebas langsung Mikkel Damsgaar di menit ke-30.

Namun Inggris menyamakan kedudukan menjadi 1-1 sembilan menit kemudian setelah memaksa kapten lawan, Simon Kjaer, mencetak gol bunuh diri. Hasil ini bertahan hingga 90 menit usai .

Harry Kane akhirnya mencetak golnya pada menit ke-104, setelah menyambar bola muntah hasil tendangan penaltinya sendiri yang sempat dimentahkan oleh kiper Kasper Schmeichel.

Kemenangan 2-1 tersebut membawa Inggrs ke final Euro 2020, dimana skuat besutan Gareth Southgate sudah ditunggu oleh Italia yang lolos setelah mengalahkan Spanyol.

Berikut fakta - fakta menarik usai Inggris memastikan lolos ke final setelah mengalahkan Denmark seperti yang dihimpun dari lamam resmi UEFA :

  1. Harry Kane saat ini sejajar dengan Gary Lineker sebagai pencetak gol terbanyak Inggris sepanjang masa di turnamen final Piala Eropa dan Piala Dunia dengan sepuluh gol; gol perpanjangan waktu adalah yang ke-50 Inggris di turnamen final EURO.
  2. Kane yang menggunakan No 9 menjadi pemain Inggris ketiga yang mencetak empat atau lebih di EURO setelah Alan Shearer (lima di EURO '96) dan Wayne Rooney (empat di 2004).
  3. Gol pembuka Damsgaard adalah tendangan bebas langsung pertama yang dicetak di EURO 2020 dan menjadikannya pemain Denmark keempat yang mencetak dua atau lebih di EURO. Dua dari empat gol putaran final EURO terakhir ke gawang Inggris adalah tendangan bebas langsung: Damsgaard plus Gareth Bale untuk Wales di EURO 2016.
  4. Gol bunuh diri di laga Inggris adalah gol bunuh diri pertama yang menguntungkan mereka di turnamen EURO.
  5. Pada usia 19 tahun 305 hari, Bukayo Saka menjadi pemain termuda yang memulai pertandingan untuk Inggris di babak semi final atau setelahnya di turnamen besar.
  6. Hanya tiga tim yang kebobolan gol pertama dan memenangkan pertandingan dalam 49 pertandingan sebelumnya di EURO 2020: Belgia (2-1 v Denmark), Jerman (4-2 v Portugal) dan Spanyol (5-3 v Kroasia ).
  7. Ini adalah pertama kalinya sejak 1992 keempat tim mencetak gol di semi-final di turnamen EURO; kedua semi-final juga pergi ke perpanjangan waktu pada tahun 1976, 1984, 1996, dan 2000.
  8. Tidak termasuk adu penalti, Inggris hanya kalah satu kali dari 17 pertandingan terakhir turnamen final EURO mereka (Menang 10, Seri 6. kalah 1); mereka telah memenangkan 13 dari 15 pertandingan terakhir mereka di Wembley.
  9. Penampilan terakhir Denmark di semi-final di EURO adalah pada tahun 1992 ketika mereka memenangkan turnamen. Kesenjangan 29 tahun antara penampilan mereka di empat besar adalah rekor EURO.
  10. Total 12 gol yang dicetak Denmark di EURO 2020 adalah yang tertinggi yang pernah mereka buat di turnamen EURO dan juga melampaui rekor sepuluh gol di kejuaraan utama mereka sebelumnya (Piala Dunia 1986); mereka mencetak gol pertama dalam 14 dari 17 pertandingan internasional terakhir mereka.

Berita Terkait

Berita Terkini