Boladunia

Profil Griezmann, Dituduh Rasis kepada Orang Asia

Viral video memperlihatkan Griezmann dituduh melakukan rasis ke orang Asia.

Rauhanda Riyantama

Selebrasi Antoine Griezmann yang seolah mirip Lionel Messi. (Instagram/futboltimes)
Selebrasi Antoine Griezmann yang seolah mirip Lionel Messi. (Instagram/futboltimes)

Bolatimes.com - Stiker FC Barcelona, Antoine Griezmann tersandung tuduhan perilaku rasisme kepada orang Asia. Tudingan tersebut berasal dari sebuah video yang berdurasi 42 detik yang beredar di dunia maya.

Pada video tersebut terlihat Griezmann bersama Ousmane Dembele yang sekaligus rekannya di FC Barcelona dan Timnas Prancis sedang menyaksikan tiga orang yang membetulkan televisi di sebuah kamar hotel. Teknisi merupakan orang Asia yang terlihat dari perawarakannya.

Dalam video tersebut, Dembele yang merekam momen tersebut berbicara kepada Griezmann yang berisi soal ejekan yang ditunjukkan untuk ketiga teknisi tersebut. Beberapa waktu berselang, ada video lain yang melibatkan keduanya dan Samuel Umtiti yang juga rekannya mereka di FC Barcelona dan Timnas Prancis terlihat mengatakan “Ching chong” dengan menggunakan logat orang Asia berbciara.

Lewat media sosial, Griezmann membantah tudingan tersebut yang mengaku tidak berniat melakukan tindakan rasisme tersebut dan seraya meminta maaf atas perbuatannya yang menyinggung.

"Saya selalu menentang semua bentuk diskriminasi. Selama beberapa hari terakhir, orang-orang tertentu ingin melukis saya sebagai seseorang yang bukan saya," kicau Griezmann.

"Saya dengan tegas membantah tuduhan yang ditujukan kepada saya, dan saya minta maaf jika saya telah menyinggung teman-teman saya yang berasal dari Jepang," ungkapnya.

Profil Antoine Griezmann

Antoine Griezmann merupakan seorang pesepak bola profesional yang berasal dari Prancis. Griezmann lahir di Macon, Prancis pada 21 Maret 1991, saat ini berusia 30 tahun. Meski lahir di Prancis, Griezmann memiliki darah Jerman dan Portugal dari kedua orang tuanya.

Kecintaannya di dunia sepak bola terinspirasi dari kakeknya Amaro Lopes yang pernah bermain di Pacos de Ferreira dan Timnas Prancis yang tampil gemilang pada Piala Dunia 1998.

Karier Klub

Griezman memulai debutnya di dunia sepak bola professional sejak dirinya bergabung ke Akademi Real Sociedad pada tahun 2005. Ia bertahan selama 4 tahun di akademi dan memulai debutnya pada tahun 2009 di tim utama Real Sociedad sebagai penyerang. Debut profesionallnya dimulai pada laga Copa del Rey melawan Rayo Vallecano.

Talenta yang dimilikinya membuat banyak klub besar Eropa mengincarnya. Namun ia memutuskan untuk bertahan di Real Sociedad hingga tahun 2014 dengan berhasil mencatat 180 penampilan dengan torehan 46 gol.

Pada tahun 2014, Griezmann didatangkan Atletico Madrid sebagai pengganti Diego Costa yang berlabuh ke klub Liga Premier Inggris Chelsea. Bersama skuad Los Rojiblancos, Griezmann berhasil membawa dirinya sebagai penyerang terbaik ketiga dibawah Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo pada saat itu. Pada tahun 2016, Griezmann masuk pada urutan ketiga nominasi Ballon d’Or 2016 dibawah Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Lima musim bersama Atletico Madrid, Griezmann kemudian berhijrah ke FC Barcelona dengan biaya transfer sebesar 120 juta Euro. Pada awal debut Griezmann di FC Barcelona dirinya belum menampilkan performa yang apik pada setiap pertandingan. Namun seiring berjalannya waktu sang pelatih baru, Ronald Koeman selalu mengandalkan Griezmann sebagai starter. Ia berhasil menghantarkan FC Barcelona menjuarai Copa del Rey pada musim 2020/2021. 

Kontributor: Muhammad Zuhdi Hidayat

Berita Terkait

Berita Terkini