Boladunia

Kontroversi di Laga Inggris Vs Denmark: Ada 2 Bola dan Diving Sterling

Dua kontroversi di balik kemenangan Inggris atas Denmark.

Arif Budi Setyanto

Ada dua bola di lapangan sebelum terjadinya penalti Inggris di semifinal Euro 2020 melawan Denmark. (Twitter/@ESPNFC)
Ada dua bola di lapangan sebelum terjadinya penalti Inggris di semifinal Euro 2020 melawan Denmark. (Twitter/@ESPNFC)

Bolatimes.com - Pertandingan Inggris vs Denmark di semifinal Euro 2020, Kamis (8/7/2021) dini hari WIB di Wembley Stadion, dimenangkan skuat The Three Lions. Di balik kemenangan Inggris atas Denmark, ada dua kontrversi yang menjadi sorotan publik.

Inggris vs Denmark berjalan ketat hingga berakhir imbang 1-1 di waktu normal 90 menit. Denmark awalnya mampu mencuri gol terlebih dulu lewat tendangan bebas Mikel Damsgaard.

Inggris kemudian membalas gol itu yang tercipta lewat inisiasi Bukayo Saka. Pemain muda Arsenal itu mengirim bola datar ke kotak penalti yang sudah ditunggu Sterling. Namun, Simon Kjaer malah mengubah arah bola ke gawangnya dan terjadi gol bunuh diri.

Di waktu nornal, laga berakhir imbang 1-1 dan diteruskan ke babak tambahan waktu. Nah, kontroversi kemenangan Inggris ini terjadi jelang berakhirnya babak pertama extra time, tepatnya sebelum Inggris mendapatkan penalti.

Saat Sterling mencoba melakukan inisiasi serangan, ada dua bola di atas lapangan. Satu bola sedang di kaki Sterling, sedangkan yang lainnya berada di pojok lapangan area Denmark.

Harusnya dengan adanya dua bola itu, laga bisa dihentikan sejenak. Akan tetapi, wasit tetap melannjutkan pertandingan. Baru setelah itu Sterling jatuh di kotak penalti Denmark dan Inggris dihadiahi tendangan penalti.

Penalti Inggris tersebut sarat akan kontroversi. Pasalnya, Sterling dinilai diving karena jatuh sendiri. Dari tayangan ulang Maehle mungkin melakukan kontak, tapi bisa dibilang minimal.

Kendati demikian, wasit tetap menunjuk titik putih setelah ada tinjauan dari VAR yang memutuskan Sterling dilanggar oleh Maehle.

Saat penalti itu sendiri, tendangan Harry Kane awalnya mampu ditepis Kasper Schmeichel. Beruntung Kane bisa menyambar bola muntah dan mengkonversi jadi gol. Inggris pun unggul 2-1 bertahan hingga akhir pertandingan.

Di babak final nanti, Inggris akan bertemu Italia yang sudah dulu memastikan tiket ke final. Partai final Italia vs Inggris dijadwalkan pada Senin (12/7/2021) dini hari WIB di Wembley Stadion.

Berita Terkait

Berita Terkini