Boladunia

Profil Jorginho, Tendangan Penalti Ajaibnya Bawa Italia ke Final Euro 2020

Jorginho menjadi salah satu nama yang bersinar dalam pertandingan melawan Spanyol. Simak profil Jorginho

Irwan Febri Rialdi

Jorginho bersama Timnas Italia di Euro 2020. (Carl Recine/AFP)
Jorginho bersama Timnas Italia di Euro 2020. (Carl Recine/AFP)

Bolatimes.com - Italia akhirnya mencapai final Euro 2020 setelah adu penalti dengan rivalnya, Spanyol. Kemenangan luar biasa atas tim tangguh Spanyol menjadi momen yang semakin meyakinkan arah Azzurri memenangkan Piala Eropa. Skor 1-1 bertahan hingga extra time dan diputuskan adu penalti.

Empat penendang Italia sukses bobol gawang, kecuali Manuel Locatelli. Penendang terakhir Italia, Jorginho dengan tenang dapat mengecoh kiper Unai Simon. Berikut profil Jorginho selengkapnya.

Gaya Tendangan Penalti yang Khas

Dilansir dari laman Independent, Jorginho memang dikenal akan gaya tendangan penaltinya yang khas. Saat di hadapan gawang lawan, ia akan mengambil ancang-ancang. Kemudian saat mendekati titik bola, Jorginho merubah ritme ayunan kakinya. Melompat dan diakhiri tendangan mendatar menjadi gaya penalti khasnya mengoyak gawang lawan.

Gelandang Chelsea ini terkenal akan kecerdikannya saat mencetak tendangan penalti. Menurut statistik Transfermarkt, pemilik nama lengkap Jorginho Luiz Frello Filho ini hanya gagal 4 kali dari 33 tendangan penalti yang ditanganinya.

Karier Profesional Jorginho

Pada usia 15 tahun, pria 29 tahun ini memulai karir profesionalnya di tim junior Verona hingga berhasil masuk tim senior Verona. Pada 2014, Jorginho bergabung dengan klub Napoli dan langsung meraih gelar Coppa Italia serta Supercoppa Italiana.

Bersama Napoli, telah tampil sebanyak 160 kali untuk klub Italia tersebut sebelum hijrah ke Chelsea dan langsung raih gelar UEFA Europa League musim pertama. Terhitung hingga memenangkan Liga Champions UEFA 2020/2021, Jorginho telah melewati 3 musim bersama tim berjuluk The Blues ini.

Jorginho memperkuat tim nasional Italia dan debut di tim senior pada tahun 2016. Kini ia jadi sorotan setelah sukses bawa Azzurri ke final Euro 2020 melalui tendangan penaltinya yang khas. Sukses memenangkan Liga Champions, membuatnya terpacu membawa tim nasionalnya bertengger sebagai kampiun turnamen terbesar di benua biru ini.

Dikutip Reuters dalam sebuah konferensi, Jorginho berujar, “Memenangkan Liga Champions membawa saya ke sini dengan lebih banyak rasa lapar untuk menang. Saya ingin menghidupkan kembali emosi ini dengan tim nasional,”

“Grup ini (Italia) mirip dengan Chelsea, fantastis. Semua pemain dari yang paling berpengalaman hingga pemain termuda memiliki keinginan untuk mencapai sesuatu yang penting (juara),”

Biodata Jorginho

Nama: Jorginho Luiz Frello Filho

Tempat lahir : Imbituba, Brasil

Tanggal lahir: 20 Desember 1991

Posisi bermain: Gelandang

Tinggi: 180 cm

Klub saat ini: Chelsea

Karir junior: Verona (2007-2010}

Karir senior: Verona (2010-2014), Sambonifacese (2010-2011/dipinjamkan), Napoli (2014-2018), Chelsea (2018-)

Karir timnas : Italia (2016-sekarang)

Demikian profil Jorginho sang gelandang Chelsea dan tim nasional Italia. Saksikan perjuangan Gli Azzurri di laga final Euro 2020 mendatang menghadapi pemenang Inggris vs Denmark.

Kontributor: Yulia Kartika Dewi

Berita Terkait

Berita Terkini