Boladunia

Punya Kelainan Pterygium, Ini Fakta-fakta Menarik soal Luis Enrique

Beberapa fakta-fakta unik Luis Enrique di bawah ini mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Simak selengkapnya, dan dapatkan pengetahuan baru mengenai pelatih Spanyol ini!

Irwan Febri Rialdi

Ekspresi pelatih Spanyol, Luis Enrique usai Spanyol menang atas Norwegia di laga Grup F Kualifikasi Piala Eropa 2020, Minggu (24/3/2019). Di laga itu Spanyol menang 2-1. [JOSE JORDAN / AFP]
Ekspresi pelatih Spanyol, Luis Enrique usai Spanyol menang atas Norwegia di laga Grup F Kualifikasi Piala Eropa 2020, Minggu (24/3/2019). Di laga itu Spanyol menang 2-1. [JOSE JORDAN / AFP]

Bolatimes.com - Spanyol berlaga bersama Luis Enrique sebagai pelatihnya di laga Euro 2020 ini. Sebenarnya, ia sudah menukangi tim ini sejak Fernando Hierro dipecat setelah kegagalan di Piala Dunia 2018 lalu. Enrique kemudian menukangi tim Spanyol sejak saat itu. Tentu saja, kemudian terdapat fakta-fakta menarik Luis Enrique yang mungkin belum banyak diketahui orang.

Fakta-fakta Menarik Luis Enrique

1. Memantau Latihan dengan Panggung Kecil

Karena posturnya yang cukup mungil, ia selalu menggunakan panggung untuk memantau sesi latihan tim yang ditukanginya. Ia melakukan hal ini saat melatih Barcelona dan Celta Vigo beberapa tahun yang lalu, agar mendapat pandangan lebih menyeluruh pada sesi latihan.

2. Kelainan Pterygium

Di bagian matanya, Enrique memiliki kondisi Pterygium yang membuatnya harus selalu mengenakan kacamata antiradiasi untuk melindungi dari sinar matahari langsung. Kacamata ini juga setia menemani Ennrique dalam kegiatannya sehari-hari selain melatih.

3. Masuk dalam 100 Pemain Terbaik

Dalam versi salah satu legenda sepak bola dunia, Pele, ia dimasukkan ke daftar 100 pemain terbaik dunia abad ini. Ia tercatat pernah bermain di Real Madrid dan barcelona, bersama Josep Canal dan Lucien Muller.

4. Ingin Melatih Spanyol Sejak 2015

Keinginannya melatih tim nasional Spanyol sebenarnya sudah dimiliki sejak tahun 2015 lalu. Kala itu ia masih menukangi Barcelona. Ia mengatakan keinginannya dalam melatih tim Spanyol, namun sadar jika masih ada sosok Julen Lopetegui yang kokoh di posisi pelatih Spanyol. Keinginannya tersebut kini terwujud kala membawa Spanyol ke semifinal Euro 2020 ini.

5. Pernah Marah pada Penonton

Kala menjalani laga percobaan sebelum Euro 2020 lalu, tepatnya pada Juni 2021, ia mengungkapkan kemarahannya pada penonton dan supporter Spanyol yang hadir. Kala itu Spanyol menghadapi Portugal dan meraih hasil imbang. Cemoohan datang pada Alvaro Morata dari pendukung tim tuan rumah. Enrique marah dan menyatakan seharusnya penonton mendukung tim Spanyol, bukan malah mengoloknya.

Nah, beberapa fakta-fakta unik Luis Enrique di atas semoga bisa jadi pengetahuan yang menarik untuk Anda. Tentu saja, Anda masih bisa mendapatkan banyak trivia unik dan pengetahuan seputar dunia sepakbola di Bolatimes.com. Simak informasi terbarunya, dan jangan sampai terlewat artikel menariknya!

Kontributor: I Made Rendika Ardian

Berita Terkait

Berita Terkini