Boladunia

Profil Harry Maguire, Sosok di Balik Kokohnya Pertahanan Inggris di Euro

Harry Maguire tampil tangguh dalam mengawal pertahanan Inggris hingga belum kebobolan hingga semifinal Euro 2020. Simak profil Harry Maguire

Irwan Febri Rialdi

Harry Maguire. (AFP/Andy Rain)
Harry Maguire. (AFP/Andy Rain)

Bolatimes.com - Harry Maguire mengantarkan Inggris melenggang ke semifinal Euro 2020 usai taklukan Ukraina dengan skor telak 4-0. Maguire mencatatkan namanya di papan skor bersama rekannya, Harry Kane dan Jordan Henderson. Berikut profil Harry Maguire selengkapnya.

Tekad Maguire untuk Inggris Melaju Final

Inggris melaju ke babak semifinal Euro 2020 menghadapi Denmark pada Kamis (8/7/2021) dini hari WIB di Stadion Wembley. Capaian ini mengulangi langkah Inggris melenggang ke babak semifinal turnamen internasional. Maguire menjadi bagian dari skuad Inggris yang mencapai semifinal Piala Dunia 2018 – di mana Inggris kalah dari Kroasia – kini berusaha untuk melangkah lebih jauh di Euro 2020.

Dikutip Independent dari BBC, Maguire menyatakan, “Ini perasaan yang luar biasa, semifinal berturut-turut di turnamen besar adalah pencapaian yang luar biasa. Saya tidak ingin menjadi pengganggu pesta, tetapi kami tidak berhenti di sini. Kami ingin melangkah lebih jauh dari yang kami lakukan di Piala Dunia”.

“Cara kami memenangkannya menunjukkan kemajuan besar yang kami buat. Semoga perbaikan terus berlanjut. Kami memiliki satu lagi kesempatan besar yang akan datang,”

Maguire menambah gol pembuka Harry Kane saat ia menyundul tendangan bebas Luke Shaw sebelum turun minum dan sukses membawa Inggris ke semifinal Piala Eropa pertama kalinya dalam 25 tahun. Bek Manchester United itu mencetak gol kedua Inggris di menti 47. Sebelumnya ia juga mencetak gol dalam kemenangan perempat final Piala Dunia 2018 saat melawan Swedia.

Gol yang ia persembahkan untuk menekuk Ukraina di partai perempat final itu semakin meningkatkan tekad Maguire. Terlebih lagi sang kapten Man United itu dinobatkan sebagai Man of the Match saat lawan Jerman pada babak perempat final Euro 2020.

Tembok Pertahanan Inggris dan Setan Merah

Darah sepak bola bisa dibilang mengalir deras dalam keluarga Maguire. Harry Maguire memiliki dua saudara lelaki, Laurence Maguire (Chesterfield FC) dan Joe Maguire (Gainsborough Trinity).

Januari 2020, Maguire terpilih menjadi kapten The Red Devil menggantikan Ashley Young. Musim lalu, Maguire menjadi sosok tak tergantikan di lini belakang Man United dengan mencatatkan 52 penampilan di seluruh kompetisi. Memang dalam setiap penampilannya, Maguire bermain solid menjaga lini belakang The Three Lions.

Tunangan Fern Hawkins ini sempat membuat Inggris khawatir menjelang Euro 2020 akibat cedera saat membela Man United menghadapi Aston Villa. Namun Maguire menjawab kekhawatiran itu dengan penampilan perdana memperkuat jantung pertahanan Inggris pada laga penutup Grup D lawan Ceko.

Berbagai kontribusi positifnya untuk The Three Lions, Maguire optimistis raih gelar juara Euro 2020. ‘Kami tidak berhenti di sini’ – Harry Maguire bersama rekan-rekan tim nasionalnya bertekad menggiring Inggris hingga ke final Euro 2020.

Biodata Harry Maguire

Nama lengkap: Jacob Harry Maguire

Tempat lahir: Sheffield, Inggris

Tanggal lahir: 5 Maret 1993

Kewarganegaraan: Inggris

Posisi bermain: bek

Kaki dominan: kanan

Tinggi badan: 194 cm

Klub saat ini: Manchester United

Karir junior: Shieffield United (-2011)

Karir senior: Shieffield (2011-2014), HullCity (2014-2017), Wigan Athletic (2015/dipinjamkan), Leicester City (2017-2019), Manchester City (2019-sekarang)

Timnas: U-21 (2012), Inggris (2017-)

Demikian profil Harry Maguire sang bek The Red Devils dan The Three Lions. Saksikan terus aksi Maguire dkk membela tim nasional kebanggaan meraih gelar juara Piala Eropa 2020!

Kontributor: Yulia Kartika Dewi

Berita Terkait

Berita Terkini