Boladunia

5 Pesepak Bola Top yang Belum Pernah Mencicipi Caps di Timnas Senior

Meski kariernya gemilang bersama klub, deretan pemain ini ternyata belum pernah mencicipi caps di timnas senior.

Rauhanda Riyantama

Carlo Cudicini (kanan) (AFP/TONY AVELAR)
Carlo Cudicini (kanan) (AFP/TONY AVELAR)

Bolatimes.com - Bermain untuk tim nasional neganya tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi setiap pesepak bola top. Namun ternyata predikat tersebut tidak lantas membuat mereka mendapat kesempatan emas bermain di level internasional membela negaranya.

Memang penampilan di klub tidak selalu menjadi jaminan di tim nasional. Lalu siapakah pesepak bola top yang belum mencicipi bermain di timnas senior negara asalnya? Simak ulasan berikut ini yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

1.       Mikel Arteta (Spanyol)

Mikel Arteta (kanan) (AFP/Ian KINGTON)
Mikel Arteta (kanan) (AFP/Ian KINGTON)

Karir gemilang Mikel Arteta sebagai pesepakbola top yang berposisi sebagai gelandang tengah sangat diacungi jempol. Terlebih saat ia memperkuat Everton dalam waktu cukup lama hingga ia mencapai puncak karirnya membela Arsenal sejak tahun 2011. Arteta meraih sejumlah trofi bersama Arsenal, seperti Piala FA dan Community Shield.

Selain bermain sebagai pesepak bola, Arteta juga berkiprah sebagai pelatih. Pria asal Spanyol ini bahkan langsung meraih trofi Piala FA di akhir musim tahun lalu sejak membesut Arsenal tahun 2019. Arteta diprediksi bakal menjadi salah satu pelatih hebat di masa depan.

Meski karier klubnya yang sangat apik, nyatanya pria 39 tahun ini belum pernah mencicipi seragam tim nasional Spanyol. Bukan karena performa Artera yang buruk, melainkan saat itu timnas Spanyol memiliki skuad para gelandang terbaik, seperti Andres Iniesta, Xavi Hernandez, Xabi Alonso, David Silva, hingga Cesc Fabregas.

2.       Gabriel Fernandes (Spanyol)

Gabriel Fernandes. (Dok. minutemediacdn.com)
Gabriel Fernandes. (Dok. minutemediacdn.com)

Sama seperti Arteta, Gabi Fernandez belum pernah membela timnas Spanyol di level senior. Penyebab utamanya karena saat itu para gelandang kelas dunia bertumpukkan di La Furia Roja. Ia piawai dalam memecah aliran serangan lawan meski bermain sebagai gelandang bertahan.

Fernandes tentu bukan pemain bawahan, ia mampu mengawal Atletico Madrid memenangkan LaLiga Spanyol pada musim 2013/2014. Lini sentral Atletico Madrid kala itu disebut sebagai tim dengan pertahanan terbaik di Eropa.

3.       Kevin Nolan (Inggris)

Kevin Nolan. (whufc.com)
Kevin Nolan. (whufc.com)

Kevin Nolan diketahui memang tidak pernah membela klub-klub besar Liga Inggris. Kiprahnya bersama Bolton, Newcastle, dan West Ham United tak bisa diremehkan. Berperan sebagai gelandang serang, tidak lantas membuatnya menarik tim nasional Inggris. Di samping bermain di luar klub top Inggris, kala itu The Three Lions memiliki nama-nama hebat.

Disebut-sebut, Nolan pantas disandingkan dengan Steven Gerrard maupun Frank Lampard di timnas senior Inggris. Sepanjang karirnya di Liga Inggris, Nolan mencatatkan 401 penampilan dengan 69 gol dan 20 assist.

4.       Carlo Cudicini (Inggris)

Carlo Cudicini (kanan) (AFP/TONY AVELAR)
Carlo Cudicini (kanan) (AFP/TONY AVELAR)

Kiper asal Italia ini belum pernah dipanggil negaranya untuk memperkuat timnas di Piala Dunia maupun Euro. Cudicini diketahui sebagai salah satu kiper terbaik Chelsea. Pada pergantian tahun millennium, Cudicini masuk ke tim utama dan mempertahankan posisi sebagai kiper utama di Stamford Bridge.

Cudicini juga terpilih sebagai pemain terbaik Chelsea di akhir musim 2001/2002. Pada 2004 ia mundur dari klun dengan catatan 141 penampilan dan menang dua gelar Premier League untuk The Blues.

Putra dari kiper legendaris Fabio Cudicini itu memang pernah tampil mewakili timnas Italia di level remaja. Namun ia tak pernah dipanggil ke level internasional. Sekalinya dipanggil Italia, itupun laga uji coba lawan Turki.

5.       Steve Bruce (Inggris)

Steve Bruce. (manutd.com)
Steve Bruce. (manutd.com)

Steve Bruce, legenda Manchester United, menjadi salah satu pesepak bola top yang belum pernah mencicipi timnas Inggris. Padahal torehan prestasi luar biasanya bersama Setan Merah patut diapresiasi. Bruce mampu mempersembahkan 12 gelar saat menjalani 9 musim bersama klub top Inggris tersebut. Kala itu ia bekerja satu tum bersama Gary Pallister.

Bek tangguh tersebut tercatat belum dilirik timnas. Bahkan Bruce sempat ditawari bergabung ke timnas Irlandia Utara, negara kelahiran sang ibu. Namun ia menolak lantaran tak ingin membuat MU kesulitan dalam penentuan batasan maksimal pemain asing.

Itulah deretan pesepak bola top yang belum pernah mencicipi timnas senior di negaranya masing-masing.

Kontributor: Yulia Kartika Dewi

Berita Terkait

Berita Terkini