Boladunia

Pengakuan Unai Simon soal Blunder Konyolnya: Bukan karena Sinar Matahari

Cerita Unai Simon mengapa dia bisa bikin blunder konyol di Euro 2020.

Arif Budi Setyanto

Ekspresi kiper Timnas Spanyol, Unai Simon usai membuat gol bunuh diri pada laga 16 besar Euro 2020 kontra Kroasia di Parken Stadium, Kopenhagen, Denmark, Senin (28/6/2021) malam WIB. [Jonathan NACKSTRAND / POOL / AFP]
Ekspresi kiper Timnas Spanyol, Unai Simon usai membuat gol bunuh diri pada laga 16 besar Euro 2020 kontra Kroasia di Parken Stadium, Kopenhagen, Denmark, Senin (28/6/2021) malam WIB. [Jonathan NACKSTRAND / POOL / AFP]

Bolatimes.com - Kiper Timnas Spanyol, Unai Simon, sempat menjadi perbincangan hangat karena membuat blunder konyol di babal 16 besar Euro 2020. Saat itu, Spanyol bermain melawan Kroasia Senin (28/6/2021).

Pada laga terebut, Spanyol awalnya mendominasi pertandingan. Namun, La Furia Roja malah tertinggal lebih dulu pada menit ke-20 karena gol bunuh diri.

Unai Simon merupakan biang kerok di balik terjadinya gol bunuh diri Spanyol. Sebab, kiper Athletic Bilbao itu tidak bisa menerima backpass dari Pedri dengan sempurna, sehingga bola langsung masuk ke gawangnya sendiri.

Banyak pertanyaan setelah Unai Simon melakukan blunder. Berbagai pihak menilai bahwa kiper berusia 24 tahun itu melakukan blunder karena terganggu sinar matahari yang memang sedang terik ketika laga itu dijalankan.

"Orang-orang berkata kepada saya" apakah itu karena sinar matahari? Tapi bukan matahari yang menjadi masalah. Saya salah mengontol bolanya. Saya telah menyiksa diri dengan menontonnya (tayangan ulang) enam atau tujuh kali dan saya tak bisa menemukan jawabannya," ucap Unai Simon dikutip dari Mundo Deportivo.

"Saya punya banayk ruang untuk mengontro. Tapi saua ingin kembali mendoronya (bola) ke depan yang malah jadi jebakan. Akhirnya itu menjadi kecelakaan." imbuhnya.

Beruntung blunder Unai Simon tersebut berujung fatal. Sebab, Spanyol sejatinya bisa unggul 3-1 dari Kroasia. Akan tetapi, Krosia sempat melakukan comeback dengan menyamakan kedudukan jadi 3-3 dalam kurun waktu lima menit jelang berakhirnya pertandingan.

Laga pun terpaksa dilanjutkan ke babak tambahan waktu. Nah di laga itu, Unai Simon akhirnya menebus kesalahannya dengan melakukan penyelamatan penting, sehingga gawang Spanyol tidak kebobolan.

Sebaliknya, Spanyol akhirnya bisa mencetak dua gol di babak tambahan waktu yang membuat mereka akhirnya memastikan tiket ke perempatfinal Euro 2020.

Nantinya di babak perempatfinal, Spanyol akan bertemu Swiss. Swiss sendiri tidak bisa diremehkan karena mereka menyingkirkan tim unggulan, Prancis. Laga Swiss vs Spanyol dijadwalkan pada Jumat (2/7/2021) malam WIB.

Berita Terkait

Berita Terkini