Boladunia

Nganggur, Ini Deretan Pelatih yang 'Resign' usai Gagal di Euro 2020

Beberapa pelatih memutuskan untuk meninggalkan jabatannya sebagai pelatih tim nasional usai gagal di Euro 2020. Siapa saja mereka? Simak ulasannya berikut

Irwan Febri Rialdi

Pelatih Timnas Jerman, Joachim Loew, di Euro 2020. (Frank Augstein/AFP)
Pelatih Timnas Jerman, Joachim Loew, di Euro 2020. (Frank Augstein/AFP)

Bolatimes.com - Pertandingan Euro alias Piala Eropa 2020 tidak hanya memberikan kebahagiaan bagi sejumlah tim yang lolos ke perempat final namun menjadi tantangan berat bagi para pelatih timnas pada masing-masing negara.

Sejumlah pelatih memilih mundur dari jabatannya dan mengucapkan perpisahan terakhir karena kegagalan target yang ingin diraihnya. Terdapat sejumlah nama pelatih yang memilih untuk resign/mundur usai gagal di Euro 2020.

1.     Frank de Boer (Pelatih Timnas Belanda)

Pelatih Timnas Belanda, Frank de Boer, di Euro 2020. (Kenzo Tribouillard/AFP)
Pelatih Timnas Belanda, Frank de Boer, di Euro 2020. (Kenzo Tribouillard/AFP)

Frank de Boer resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pelatih Timnas Belanda usai gagal membawa skuad Oranje di Euro 2020. Timnas Belanda harus tersingkir di partai 16 besar Euro 2020 setelah kalah dari Republik Ceko dengan skor akhir 2-0.

Dirinya akan diperpanjang secara otomatis jika Belanda berhasil mengamankan tempat di perempat final Piala Eropa 2020. Namun mantan pelatih Crystal Palace itu memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatannya karena tidak mencapai target.

2. Igor Angelovski (Pelatih Timnas Makedonia Utara)

Pelatih Timnas Makedonia Utara di Euro 2020. (Koen van Weel/AFP)
Pelatih Timnas Makedonia Utara di Euro 2020. (Koen van Weel/AFP)

Igor Angelovski gagal membawa Timnas Makedonia Utara untuk melajutkan ke babak selanjutnya setelah tumbang dari Timnas Belanda dengan skor 3-0 pada laga terakhir. Diketahui bahwa ajang Euro 2020 merupakan turnamen terbesar pertama yang pernah diikutinya.

3. Joachim Loew (Pelatih Timnas Jerman)

Pelatih timnas Jerman, Joachim Loew (sumber: FIFA)
Pelatih timnas Jerman, Joachim Loew (sumber: FIFA)

Pelatih Timnas Jerman, Joachim Loew harus menutup kariernya sebagai pelatih dengan rasa kecewa pada babak perempat final melawan Inggris dengan skor 2-0.

Ia telah melatih skuad Die Mannschaft selama 15 tahun. Joachim Loew mengatakan bahwa selama 15 tahun kariernya sebagai pelatih terdapat banyak hal positif yang telah ia rasakan seperti berhasil menyabet gelar juara Piala Dunia 2014 hingga Piala Konfederasi di tim muda. Kariernya sebagai pelatih Timnas Jerman akan digantikan oleh pelatih Bayern Munchen Hans Flick.

Itulah deretan nama pelatih yang memilih untuk resign dari posisinya sebagai pelatih timnas usai gagal di Euro 2020. Meski begitu, nama-nama pelatih diatas telah memberikan sumbangsihnya terhadap timnas yang mereka bela dengan perjuangan yang keras. 

Berita Terkait

Berita Terkini