Boladunia

Kisah Dani Olmo, Bintang Timnas Spanyol yang Ditawari Paspor Kroasia

Dani Olmo memiliki cerita menarik. Ia yang saat ini menjadi tulang punggung Spanyol sempat mendapat tawaran bela Timnas Kroasia. Simak kisahnya

Irwan Febri Rialdi

Dani Olmo ketika berhadapan dengan Kroasia di Euro 2020. (Jonathan Nackstrand/AFP)
Dani Olmo ketika berhadapan dengan Kroasia di Euro 2020. (Jonathan Nackstrand/AFP)

Bolatimes.com - Kisah Dani Olmo yang sempat ditawari main untuk timnas Kroasia sebenarnya jadi kisah unik pada catatan karirnya. Ia berhasil membuktikan diri dengan membawa Spanyol menang besar, 5 – 3.

Dani Olmo, salah satu punggawa tim nasional Spanyol di gelaran Euro 2020 ini ternyata memiliki kisah yang cukup unik pada awal karirnya. Diketahui  bahwa kisah Dani Olmo, sempat ditawari main untuk timnas Kroasia, ketika ia masih berusia belia dan bermain di Liga Kroasia, tepatnya di klub Dinamo Zagreb pada tahun 2014 lalu.

Kisah Dani Olmo yang Ditawari Paspor Kroasia

Setelah tampil gemilang di Dinamo Zagreb, Dani Olmo kemudian mendapat tawaran paspor Kroasia. Hal ini mencuat di situ berita Fox News saat ia diwawancarai pihak tersebut. Namun secara tegas Olmo menolak tawaran tersebut, dan menyatakan bahwa ia merupakan warga negara Spanyol.

Meski sejak awal karirnya ia telah bermain di Liga Kroasia, namun ternyata pendirian Olmo tidak berubah. Ia tetap menyatakan ingin berseragam Spanyol untuk laga antar negara, dan terwujud pada gelaran Euro 2020 ini.

Kemenangan Besar Spanyol atas Kroasia

Laga berakhir dengan kemenangan Spanyol, sekaligus menjadi pembuktian bahwa pilihannya adalah yang terbaik. Ia merasa keputusan tersebut adalah hal terbaik yang bisa dilakukannya. Terlebih di usianya yang baru menginjak 23 tahun, maka karir cemerlang harusnya ada di depan matanya.

Pada laga kontra Kroasia beberapa hari yang lalu, Olmo juga mendapat peran sebagai ‘pencuri’ informasi. Pasalnya, ia ternyata fasih berbahasa Kroasia sehingga bisa mencuri dengar apa yang disampaikan punggawa tim Kroasia ketika kebetulan berdiskusi.

Capaian Individu

Jika melihat capaian individu Dani Olmo selama karirnya di Dinamo Zagreb sendiri, sebenarnya cukup impresif. Masuk dalam skuad utama di usia 16 tahun, kemudian tercatat sebagai pemain terbaik Prva HNL 2018, posisi 111 dalam penghargaan Golden Boy Tuttosport, dinobatkan sebagai pemain terbaik dan pemain mudah terbaik musim 2018/2019, serta memenangi pertandingan debutnya di Liga Champions. Untuk ukuran pemain muda, hal ini sangat impresif bukan?

Kisah Dani Olmo, sempat ditawari main untuk timnas Kroasia di atas semoga bisa jadi satu bacaan yang berguna. Selain memang memiliki kemampuan yang mumpuni, nampaknya pendirian dari pemain yang satu ini benar-benar kuat. Semoga sukses untuk karir mendatangi di Liga Jerman, Dani Olmo!

Berita Terkait

Berita Terkini