Boladunia

5 Pemain Portugal yang Tampil Buruk di Euro 2020

Portugal yang berstatus juara bertahan, tersingkir di babak 16 besar Euro 2020.

Rauhanda Riyantama

Timnas Portugal usai bermain imbang lawan Polandia. (Miguel Riopa/AFP).
Timnas Portugal usai bermain imbang lawan Polandia. (Miguel Riopa/AFP).

Bolatimes.com - Timnas Portugal tak bisa mengulang kisah manis mereka di Euro 2016. Berstatus sebagai juara bertahan, Selecao das Quinas harus terhenti di babak 16 besar usai dikalahkan Belgia pada Senin (28/6/2021).

Sejak fase grup, perjalanan Cristiano Ronaldo dan kolega memang sudah tak mulus. Tergabung di grup neraka bersama Prancis, Jerman, dan Hungaria, Portugal menduduki posisi ketiga dengan 4 poin.

Untungnya raihan poin itu masih memungkinkan Portugal untuk lolos ke fase gugur dengan status tim peringkat tiga terbaik. Namun, perjuangan skuat besutan Fernando Santos itu akhirnya harus terhenti di babak 16 besar.

Berikut deretan pemain Portugal yang tampil buruk dan mengecewakan sepanjang Euro 2020.

1. Danilo Pereira

Meski bukan pemain yang berlabel bintang, peran Pereira sangat vital sebagai gelandang bertahan Portugal. Pemain milik Paris Saint-Germain itu diharapkan bisa menjadi pemutus serangan tim lawan.

Meski punya catatan 1,8 tekel sukses dan 1,3 intersep, penampilannya dianggap tak memuaskan sehingga Fernando Santos mencadangkannya di laga melawan Belgia.

2. Ruben Dias

Berstatus sebagai Pemain Terbaik Premier League musim 2020/21 membuat Ruben Dias diharapkan jadi tembok kokoh bagi Portugal. Namun, harapan itu tak terjadi karena rapuhnya pertahanan Portugal yang kebobolan 7 gol dari 4 pertandingan.

Dias juga bertanggung jawab atas kekalahan Portugal dari Jerman karena melakukan gol bunuh diri.

3. Bernardo Silva

Sama-sama menjalani musim yang gemilang dengan Ruben Dias di Manchester City, penampilan Silva di Euro 2020 justru tak sesuai ekspektasi. Pemain berusia 26 tahun ini gagal memberi impak signifikan.

Timnas Portugal. (Twitter/@bernardoCSilva).
Timnas Portugal. (Twitter/@bernardoCSilva).

Silva memang selalu diturunkan sebagai starter di 4 laga, namun tak pernah bermain penuh dan sama sekali tak menorehkan gol atau assist.

4. Diogo Jota

Mencuri perhatian ketika didatangkan Liverpool dari Wolverhampton Wanderers, Jota juga gagal memberi penampilan terbaik di Euro 2020. Dalam 4 pertandingan, Jota mencetak 1 gol dan 1 assist.

Meski begitu, penampilan Jota dinilai tak maksimal dengan melepaskan beberapa peluang mencetak gol dan gagal menjadi tandem di lini depan bersama Ronaldo.

5. Bruno Fernandes

Nama terakhir terbilang menjadi pemain dengan penampilan paling mengecewakan bagi Portugal di Euro 2020. Mencetak 18 gol dan 12 assist di Premier League buat Manchester United, Bruno Fernandes sama sekali tak mampu mencetak gol ataupun assist buat Portugal.

Penampilan mengecewakan itu membuat Fernandes tersingkir dari starting line-up Portugal dalam dua laga terakhir. Tempatnya digantikan oleh Renato Sanchez.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini