Boladunia

Menang Dramatis, Ukraina Cetak Sejarah Lolos Perempat Final Euro 2020

Ukraina menang atas Swedia dengan skor 2-1.

Husna Rahmayunita

Aksi striker Ukraina Artem Dovbyk dalam laga Ukraina vs Swedia Euro 2020. (AFP/Robert Perry)
Aksi striker Ukraina Artem Dovbyk dalam laga Ukraina vs Swedia Euro 2020. (AFP/Robert Perry)

Bolatimes.com - Tim nasional atau Timas Ukraina berhasil mencetak sejarah baru, lolos perempat final Euro 2020 usai menumbangkan Swedia.

Ukraina menang atas Swedia dengan skor 2-1 dalam laga di Stadion Hampden Park, Glasgow, Selasa waktu setempat (Rabu WIB). Kemenangan Ukraina ini mengukir sejarah baru.

Sebab, ini menjadi kali pertama Ukraina melangkah ke perempat final Piala Eropa. Capaian terjauh mereka di Euro sejak memisahkan diri dari Uni Soviet.

Saat pertandingan semalam, Swedia dan Ukraina menampilkan pertandingan yang relatif berimbang sejak sepak mula.

Kiper Robin Olsen lebih dulu dipaksa melakukan penyelamatan untuk mementahkan tembakan Roman Yaremchuk pada menit ke-11, sebelum peluang Swedia melalui umpan silang Dejan Kulusevski masih belum bisa ditemui sundulan Forsberg.

Pada menit ke-27, Ukraina membuka keunggulan melalui serangan cepat mereka diakhiri umpan silang Andriy Yarmolenko yang gagal diantisipasi barisan pertahanan Swedia.

Pau Torres (kanan) saat membela timnas Spanyol dan berduel dengan penyerang Ukraina Roman Yaremchuk dalam UEFA Nations League di Stadion Olympiyskiy, Kiev, 13 Oktober 2020. (AFP/SERGEI SUPINSKY
Pau Torres (kanan) saat membela timnas Spanyol dan berduel dengan penyerang Ukraina Roman Yaremchuk dalam UEFA Nations League di Stadion Olympiyskiy, Kiev, 13 Oktober 2020. (AFP/SERGEI SUPINSKY

Bola memantul di sisi kanan kotak penalti Swedia, di mana Zinchenko berdiri tanpa kawalan untuk melepaskan tembakan voli yang tak memberi kesempatan Olsen bereaksi.

Tiga menit berselang, Sebastian Larsson nyaris mencuri gol lewat eksekusi tendangan bebas yang luput dari pengamatan kiper Heorhii Bushchan, beruntung penjaga gawang Dynamo Kiev itu bereaksi cepat untuk melompat dan menepis bola.

Ukraina terus berusaha menjaga keunggulan mereka yang akhirnya raib dua menit jelang turun minum ketika Forsberg melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti dan bola sempat membentur upaya hadangan Illia Zabarnyi yang justru membuat lajunya berbelok mengecoh Bushchan dan skor jadi imbang 1-1.

Kedua tim menyajikan penampilan menawan di awal babak kedua tapi sama-sama mendapati peluang mereka digagalkan oleh tiang gawang.

Ukraina lebih dulu hampir merestorasi keunggulan pada menit ke-55 saat Serhiy Sydorchuk berlari dari tengah untuk menyambar umpan kiriman Yarmolenko, tapi tembakannya yang sudah tak terjangkau Olsen berakhir membentur tiang gawang.

Semenit berselang giliran peluang Swedia yang mengalami nasib serupa, ketika umpan sodoran Alexander Isak berusaha diselesaikan Forsberg dengan sepakan melengkung tapi bola berakhir menghantam bagian bawah tiang gawang.

Isak seharusnya bisa membawa Swedia berbalik memimpin pada menit ke-60 ketika lolos dari kawalan dan menerima umpan jauh kiriman Albin Ekdal, sayang tembakan penyelesaiannya tidak bersih dan berakhir melenceng dari sasaran.

Swedia perlahan lebih banyak mengancam tapi sepakan melengkung Kulusevski pada menit ke-66 bisa dihentikan oleh Bushchan dan tiga menit kemudian tembakan menukik Forsberg berakhir ditolak oleh mistar gawang.

Tempo pertandingan perlahan melambat dan semenit jelang bubaran normal, Kulusevski nyaris memperdaya Bushchan dari sudut sempit tetapi Zabarnyi kali ini dengan gemilang melakukan halauan, memaksa skor 1-1 bertahan dan laga dilanjutkan ke babak tambahan 2x15 menit.

Delapan menit babak tambahan waktu berlangsung, wasit Daniele Orsato diberi masukan oleh VAR untuk meninjau jegalan yang dilakukan Danielso terhadap Artem Besedin.

Selepas meninjau langsung tayangan ulang di monitor tepi lapangan, Orsato menaikkan hukuman yang awalnya kartu kuning jadi kartu merah. Situasi 11 lawan 10 membuat Ukraina lebih menguasai permainan, tetapi pertandingan lebih banyak diwarnai terkaparnya pemain kedua tim karena kontak-kontak kecil.

Pada menit ke-111 Ruslan Malinovskiy mengirim umpan terobosan yang bisa dikejar Dovbyk, tapi penyelesaiannya ditepis Olsen ke atas mistar gawang. Bila gol sekalipun besar kemungkinan akan dianulir karena hakim garis sudah mengangkat bendera pertana offside di tepi lapangan.

Kebuntuan akhirnya pecah pada menit ke-121 saat Zinchenko mengirimkan umpan silang nan akurat dan Artem Dovbyk bisa melepaskan diri dari kawalan untuk menanduk bola ke gawang Swedia, mengunci kemenangan tim besutan Andriy Shevchenko.

Menang atas Swedia, Ukraina bakal menantang Inggris di Roma, Sabtu (3/7) nanti. (Antara)

Berita Terkait

Berita Terkini