Profil Jadon Sancho, Bintang Inggris yang 'Besar' di Liga Jerman

Inggris akan bersua Jerman pada malam nanti. Apakah Jadon Sancho akan menjadi pemain pembeda? Simal profil sang pemain

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Selasa, 29 Juni 2021 | 18:01 WIB
Winger Timnas Inggris, Jadon Sancho. (Adrian Dennis/AFP)

Winger Timnas Inggris, Jadon Sancho. (Adrian Dennis/AFP)

Bolatimes.com - Jadon Sancho merupakan pemain sepak bola asal Inggris yang saat ini bermain untuk klub Bundesliga Jerman Borussia Dortmund. Sancho lahir di London, Inggris pada 25 Maret 2000, saat ini berusia 21 tahun.

Sebelum bergabung dengan Borussia Dortmund, Sancho pernah menjadi bagian dari akademi sepak bola maupun tim usia muda dua klub Inggris yakni Watford dan Manchester City. Pertama kalinya Sancho bermain untuk Watford pada tahun 2007 hingga 2015.

Di tahun terakhir di Watford, Manchester City merekrutnya untuk bergabung dalam tim U-18. Namun selama dua tahun membela Manchester City, Sancho belum mendapatkan kesempatan untuk tampil bersama tim utama. Padahal sang pelatih, Pep Guardiola pernah memanggil Phil Foden dan Brahm Diaz untuk ikut bermain di skuad utama.

Baca Juga: Wajib Diwaspadai, Ini 3 Pemain Kunci Timnas Inggris untuk Hadapi Jerman

Bermain bersama Borussia Dortmund

Pada akhirnya Borussia Dortmund kemudian merekrut Sancho dengan total biaya mencapai 8 juta euro atau sekitar 138 miliar rupiah pada Agustus 2017. Momen debut Jadon Sancho bersama Borussia Dortmund terjadi dalam laga melawan Eintracht Frankfurt pada Oktober 2017, sebagai pemain pengganti. Sancho juga didaulat sebagai pemain asal Inggris pertama yang bermain untuk Borussia Dortmund.

Momen penting Sancho dalam menunjukkan kehebatannya saat melawan Bayer Leverkusen di Stadion Signal Iduna Park. Borussia Dortmund telah tertinggal dengan 1-2 dari Bayer Leverkusen, namun sang pelatih Lucien Favre memasukkan Sancho pada menit ke 70 untuk menggantikan Christian Pulisic. Berada di lapangan selama 70 detik cukup untuk memberikan umpan silang kepada Marco Reus membuat keadaan skor menjadi 3-2. Pada menit akhir pertandingan Sancho juga memberikan assist kepada Paco Alcacer untuk menutup keunggulan Borussia Dortmund menjadi 4-2.

Baca Juga: 3 Alasan Jerman akan Bungkam Inggris di Babak 16 Euro 2020

Hingga saat ini, Sancho telah menjalani sebanyak 104 laga bersama Borussia Dortmund dengan torehan 38 gol dan 53 assist dalam seluruh kompetisi. Pada laga terakhirnya, Sancho berhasil mencetak dua gol ke gawang RB Leipzig yang membuat kemenangan 3-2 di Stadion Signal Iduna Park.

Karier bersama Timnas Inggris

Sancho bermain untuk tim muda Inggris pada tahun 2015 dalam membela U-16. Ia pernah memenangkan gelar Pemain Terbaik Kejuaraan U-17 UEFA. Dia kemudian dipromosikan ke tim utama Timnas Inggris pada Oktober 2018 dalam pertandingan melawan Kroasia.  Pada Maret 2019, ia bermain untuk Inggris dalam pertandingan kualifikasi UEFA Euro 2020 melawan Republik Ceko. Dan saat ini, Sancho membela Timnas Inggris dalam ajang Euro 2020. 

Baca Juga: Cetak 2 Gol Lawan Bolivia, Lionel Messi 'Dikecup' Mesra Model Seksi Ini

Kontributor: Muhammad Zuhdi Hidayat
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB

Adapun jadwal siaran langsung Yordania vs Qatar akan dimulai pukul 22.00 WIB. Pertandingan ini dapat disaksikan melalui stasiun televisi RCTI.

boladunia | 10:57 WIB
Tampilkan lebih banyak