Boladunia

Bungkam Austria, Italia Pecahkan Rekor yang Bertahan Selama 82 Tahun

Italia kalahkan Austria 2-1 di babak 16 besar Euro 2020.

Rauhanda Riyantama

Italia lolos ke perempatfinal Euro 2020 usai menumbangkan Austria 2-1. (BEN STANSALL / POOL / AFP)
Italia lolos ke perempatfinal Euro 2020 usai menumbangkan Austria 2-1. (BEN STANSALL / POOL / AFP)

Bolatimes.com - Timnas Italia berhasil melangkah ke babak perempatfinal Euro 2020 usai menang susah payah atas Timnas Austria. Di balik keberhasilan ini, Gli Azzurri memecahkan rekor yang bertahan selama 82 tahun.

Gli Azzurri menyusul Denmark mencuri satu tiket ke babak 8 besar usai mengandaskan Austria di babak 16 besar. Italia mampu menumbangkan tim berjuluk Das Team tersebut dengan skor 2-1.

Di laga yang berlangsung di Stadion Wembley tersebut, Austria mampu memberi perlawanan sengit sejak menit pertama. Italia yang turun dengan kekuatan terbaiknya tak dapat berbuah banyak di 90 menit waktu normal.

Kegagalan menjebol gawang Austria di waktu normal memaksa Italia bermain hingga babak Extra Time atau tambahan waktu. Siapa sangka, di babak ini anak asuh Roberto Mancini mampu mendapat hasil maksimal.

Federico Chiesa yang masuk sebagai pemain pengganti berhasil memecah kebuntuan Italia dengan mencetak gol di menit ke-95 babak tambahan waktu lewat aksi individunya di sisi kiri pertahanan Austria yang kosong.

Selebrasi gelandang Timnas Italia, Federico Chiesa usai membobol gawang Austria di babak 16 besar Euro 2020. (FRANK AUGSTEIN / POOL / AFP)
Selebrasi gelandang Timnas Italia, Federico Chiesa usai membobol gawang Austria di babak 16 besar Euro 2020. (FRANK AUGSTEIN / POOL / AFP)

Tak sampai 10 menit berselang, Italia kembali menggandakan kedudukan. Kali ini giliran Matteo Pessina yang berhasil mencetak gol menggunakan kaki kirinya tepat di kotak penalti Austria.

Keunggulan dua gol ini nyatanya tak membuat Austria gentar. Enam menit jelang berakhirnya babak tambahan, Sasa Kalajdzic mengejutkan pertahanan Italia lewat golnya memanfaatkan sepak pojok.

Meski sempat memperkecil kedudukan, Austria tak mampu mengejar ketertinggalan di sisa waktu yang ada. Hasil ini pun membawa Italia melangkah ke babak perempat final Euro 2020.

Memecahkan Rekor 82  Tahun Lalu

Kemenangan atas Austria ini nyatanya membawa Italia pada deretan rekor apik. Salah satunya adalah memecahkan rekor yang telah bertahan selama 82 tahun.

Berkat kemenangan ini, Gli Azzurri memperpanjang status tak terkalahkan atau unbeaten dari 30 laga menjadi 31 laga. Catatan ini pun mengalahkan rekor yang dibuat pelatih legendaris Vittorio Pozzo di tahun 1939.

Di zaman Vittorio Pozzo, Italia tak terkalahkan dalam 30 laga sejak Oktober 1935 hingga Juli 1939 saat tumbang di tangan Swiss.

Sedangkan Roberto Mancini, mampu membawa anak asuhnya hanya tumbang dua kali sejak ia mengambil jabatan sebagai pelatih pada Mei 2018.

Kekalahan terakhir yang ia rasakan pada September 2018 saat tumbang di tangan Portugal di ajang UEFA Nations League.

Selain menorehkan rekor apik mengalahkan Vittorio Pozzo, di laga melawan Austria ini Italia harus merelakan gawangnya kebobolan lagi.

Terakhir kali Italia kebobolan terjadi pada 2020 silam saat menghadapi Belanda di fase grup UEFA Nations League pada 15 Oktober 2020.

Jika dihitung, total 1168 menit gawang Italia tetap perawan sebelum Sasa Kalajdzic menghapus catatan tersebut lewat tandukannya di babak 16 besar Euro 2020.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini