Boladunia

12 Tim Lolos ke 16 Besar Euro 2020, Nasib Spanyol dan Portugal Terancam

Berikut daftar 12 tim yang sudah lolos ke 16 besar.

Rauhanda Riyantama

Logo Euro 2020. (AFP)
Logo Euro 2020. (AFP)

Bolatimes.com - Sudah ada 12 tim yang dipastikan lolos ke babak 16 besar Euro 2020. Menariknya, tim-tim unggulan seperti Spanyol, Portugal, dan Jerman nasibnya masih terancam.

Mereka terdiri atas delapan tim dari dua teratas keempat grup yang sudah menyelesaikan pertandingan, ditambah dua tim berperingkat terbaik, serta dua tim yang sudah pasti ke-16 besar tapi belum menyelesaikan pertandingan terakhir fase grupnya.

Ke-12 tim tersebut adalah Italia, Belgia, Belanda dan Inggris yang masing-menjuarai Grup A, B, C, dan D.

Ekspresi pemain Spanyol usai timnya ditahan imbang Polandia 1-1 di ajang Euro 2020. (David RAMOS/AFP)
Ekspresi pemain Spanyol usai timnya ditahan imbang Polandia 1-1 di ajang Euro 2020. (David RAMOS/AFP)

Kemudian disusul empat runner up dari keempat grup itu, yakni Wales dari Grup A, Denmark dari Grup B, Austria dari Grup C, dan Kroasia dari Grup D.

Kemudian dua tim yang dipastikan masuk kelas empat tim berperingkat tiga terbaik yang berhak lolos ke 16 besar. Keduanya adalah Swiss dari Grup A dan Republik Ceko dari Grup D.

Swedia dan Prancis yang sama-sama memuncaki grupnya dan mengemas 4 poin, adalah dua tim yang pasti ke 16 besar meskipun belum menyelesaikan laga terakhirnya. Kedua tim ini tetap lolos sekalipun kalah pada pertandingan terakhirnya.

Dengan demikian, tinggal empat tim lagi yang menuntaskan kecukupan 16 tim yang berhak ke-16 besar.

Empat tim yang menjadi calon-calon terkuat merebut empat jatah tersisa adalah Spanyol jika mengalahkan Slovakia, dan Polandia jika mengalahkan Swedia di Grup E.

Kemudian, Jerman jika seri atau mengalahkan Hungaria, dan Portugal jika seri atau mengalahkan Prancis di Grup F.

Jerman dan Portugal masih berpeluang lolos jika kalah, seandainya semua peringkat ketiga dalam Grup E dan F dengan poin 3.

Spanyol juga masih berpeluang jika seri, tetapi kalah akan otomatis membuat mereka tereliminasi, sementara seri dan apalagi kalah akan otomatis membuat Polandia melupakan angan-angan 16 besarnya. (Antara)

Berita Terkait

Berita Terkini