Boladunia

Daftar Pemain Versatile Terbaik Euro 2020, Ada Penggawa Anyar Real Madrid

Versatile adalah pemain yang bisa bermain di banyak posisi.

Rauhanda Riyantama

David Alaba. (CHRISTOF STACHE / AFP)
David Alaba. (CHRISTOF STACHE / AFP)

Bolatimes.com - Euro 2020 hampir menyelesaikan fase grup dan melangkah ke 16 besar. Setiap tim dan para pemain berlabel bintang pun telah memamerkan aksinya di panggung teratas.

Berbicara soal Euro 2020 tentu tak lepas dari banyaknya pemain berlabel bintang yang biasa bermain di lima liga top teratas Eropa. Tak jarang, deretan pemain bintang ini mendapat banyak sorotan.

Dari sekian banyak pemain bintang yang mendapat sorotan, hanya para pemain bertipe versatile atau pemain yang bisa bermain di banyak posisi saja yang mungkin tak mendapat atensi berlebih dari pecinta sepak bola.

Padahal, para pemain bertipe ini sangat dibutuhkan oleh tim. Apalagi, dengan adanya potensi cedera dan ditambah ancaman terinfeksi virus Covid-19 di sela-sela perhelatan Euro 2020.

Untuk itu, ada baiknya mengenal para pemain Versatile terbaik di Euro 2020. Siapa sajakah mereka?

1.       Joshua Kimmich (Jerman)

Joshua Kimmich menjadi nama pertama yang muncul jika membicarakan sosok pemain Versatile. Penggawa Bayern Munich ini memang dikenal akan kemampuannya bermain di segala posisi.

Sejatinya, posisi natural Kimmich adalah gelandang tengah. Namun, sejak 2020 lalu ia selalu menempati posisi bek kanan untuk Die Rotten.

Siapa sangka, di posisi yang tak biasa ia tempati itu, Kimmich tampil memukau sama seperti saat dirinya bermain sebagai gelandang.

Di Euro 2020 ini, Joachim Loew memanfaatkan dengan baik kemampuan pemain berusia 26 tahun tersebut dengan menempatkannya sebagai bek kanan atau Wing Back kanan di formasi 3-4-2-1.

Hasilnya? Satu assist telah ia ciptakan saat Jerman mencukur Portugal dengan skor 4-2.

2.       Marcos Llorente (Spanyol)

Pemain Atletico Madrid, Marcos Llorente. (PAUL ELLIS / AFP)
Pemain Atletico Madrid, Marcos Llorente. (PAUL ELLIS / AFP)

Hampir sama dengan Kimmich, Marcos Llorente sejatinya adalah seorang gelandang tengah atau bahkan kerap beroperasi sebagai gelandang bertahan.

Namun bersama Diego Simeone di Atletico Madrid, ia berevolusi menjadi second striker dalam formasi 4-4-2 sejak musim 2019/20.

Kehebatan Llorente beradaptasi dengan posisi baru yang ia tempati pun dimanfaatkan Luis Enrique selaku pelatih Spanyol.

Dalam dua laga yang dijalani Timnas Spanyol di Euro 2020, Llorente menjadi pilihan utama di sektor bek kanan. Padahal, Spanyol memiliki seorang Cesar Azpilicueta yang merupakan bek kanan murni.

3.       David Alaba (Austria)

Siapa yang tak kenal David Alaba. Penggawa baru Real Madrid ini telah dikenal banyak pecinta sepak bola sebagai salah satu pemain Versatile terbaik di muka bumi saat ini.

Kemampuannya beradaptasi di berbagai posisi ia dapatkan selama membela Bayern Munchen. Total tiga posisi telah ia mainkan bersama FC Hollywood yakni bek tengah, gelandang tengah, dan bek kiri.

Dengan kemampuannya tersebut, Austria memainkannya sebagai palang pintu di jantung pertahanan sekaligus kapten.

Meski bermain sebagai bek tengah, satu assist telah dicetaknya kala Austria membungkam Makedonia Utara dengan skor 3-1.

4.       Daley Blind (Belanda)

Meski telah berusia senja untuk ukuran pemain, Daley Blind tetap merupakan salah satu pemain Versatile terbaik yang ada di Euro 2020.

Blind tercatat sebagai pemain yang mampu menempati beberapa posisi di lapangan. Total tiga posisi telah ia mainkan selama kariernya yakni sebagai bek tengah, bek kiri, dan gelandang bertahan.

Di Euro 2020 ini, pelatih Frank de Boer mempercayakannya untuk mengisi posisi bek tengah. Dengan pengalamannya, De Oranje mampu meraih dua kemenangan di dua laga awal Euro 2020 serta mencatatkan nirbobol.

Berita Terkait

Berita Terkini