Boladunia

Patrik Schick Cetak Gol Jarak Jauh, Kiper Lawan Nyangkut di Jaring Gawang

Patrik Schick cetak gol jarak jauh saat Skotlandia kalahkan Republik Ceko 2-0.

Rauhanda Riyantama

Selebrasi Patrik Schick usai mencetak gol indah jarak jauh dalam laga Skotlandia vs Republik Ceko di Euro 2020. (ROBERT PERRY / POOL / AFP)
Selebrasi Patrik Schick usai mencetak gol indah jarak jauh dalam laga Skotlandia vs Republik Ceko di Euro 2020. (ROBERT PERRY / POOL / AFP)

Bolatimes.com - Penyerang Timnas Republik CekoPatrik Schick, sukses bikin gol spektakuler saat lawan Skotlandia dalam pertandingan Grup D Euro 2020 di Hampden Park, Glasgow, Senin (14/6/2021). Ia mencetak gol jarak jauh yang membuat kiper lawan sampai nyangkut di jaring gawang.

Schick jadi bintang kemenangan Republik Ceko atas Skotlandia dengan memborong dua gol. Gol pertamanya dicetak lewat sundulan pada menit ke-41.

Kemudian Schick menggandakan keunggulan lewat tendangan dari tengah lapangan pada menit ke-51. Gol tersebut bermula saat Skotlandia gagal melakukan serangan dan bola mendarat di kaki Schick.

Tak pikir panjang, Schick langsung melepaskan tendangan jarak jauh karena kiper David Marshall berada di luar kotak penalti Skotlandia. Bola pun gagal diblok oleh Marshall.

Menurut catatan Opta, gol Schick merupakan jarak terjauh dalam sebuah pertandingan sepanjang sejarah Euro sejak 1980. Total gol penyerang Bayer Leverkusen itu sejauh 45,5 meter.

Jarak sejauh itu membuat Schick mengalahkan rekor yang dibikin oleh pemain Jerman Thorsten Fings pada Euro 2004. Saat itu Thorsten Fings mencetak gol sejauh 35,2 meter ke gawang Belanda.

Sementara itu, Schick mengakui bahwa gol tersebut berhasil dicetak karena melakukan pengamatan soal pergerakan kiper Skotlandia, David Marshall. Ia pun mengaku senang bisa membawa timnya memetik kemenangan.

"Sepanjang laga saya terus melihat di mana kiper lawan berdiri, bila mana situasi semacam itu bisa muncul. Lantas situasi itu datang dan saya lihat di jauh dari gawangnya, sehingga saya melepaskan tendangan itu," ujar Schick, dilansir laman resmi UEFA.

"Sungguh fantastis ketika melihat bola masuk dengan sempurna. Saya segera berlari untuk merayakan dengan suporter kemi yang ada di stadion," katanya menambahkan.

Schick saat ini berbagi tempat dengan Romelu Lukaku sebagai pemimpin daftar top skor sementara Euro 2020. Keduanya sama-sama mencetak dua gol.

Berkat kemenangan ini, Timnas Republik Ceko memimpin klasemen Grup D berbekal keunggulan selisih gol dari Inggris. Selanjutnya mereka akan menghadapi Kroasia di Hampden Park, Jumat (18/6/2021).

Berita Terkait

Berita Terkini