Boladunia

Christian Eriksen Bagikan Kabar Terbaru, Begini Kondisinya Sekarang

Eriksen nyaris tewas akibat serangan jantung di laga Denmark vs Finlandia.

Rauhanda Riyantama

Gelandang Denmark Christian Eriksen ditandu keluar lapangan setelah sempat kolaps saat menghadapi Finlandia di laga Grup B Euro 2020 di The Parken Stadium, Kopenhagen. (FRIEDEMANN VOGEL / AFP / POOL)
Gelandang Denmark Christian Eriksen ditandu keluar lapangan setelah sempat kolaps saat menghadapi Finlandia di laga Grup B Euro 2020 di The Parken Stadium, Kopenhagen. (FRIEDEMANN VOGEL / AFP / POOL)

Bolatimes.com - Christian Eriksen akhirnya angkat bicara usai kejadian mengerikan terkena serangan jantung saat Denmark vs Finlandia bentrok dalam laga Grup B Euro 2020, Sabtu (12/6/2021) lalu. Ia mengaku kini sudah semakin membaik.

Melansir La Gazzetta dello Sport, Senin (14/6/2021), Eriksen sudah bisa berkomunikasi. Ia pun menegaskan tak akan menyerah pascainsiden horor tersebut.

"Terima kasih, saya tidak akan menyerah. Saya merasa lebih baik sekarang," kata Christian Eriksen.

"Tetapi saya ingin memahami apa yang terjadi. Saya ingin mengucapkan terima kasih atas semua yang Anda lakukan untuk saya," tambah gelandang Inter Milan tersebut.

Dalam kekalahan 0-1 Denmark atas Finlandia di Stadion Parken, Copenhagen, kejadian mengerikan menimpa Christian Eriksen. Dia mengalami henti jantung hingga pingsan di lapangan pada menit ke-42.

Dia diberikan perawatan di tengah lapangan selama 15 menit dan kemudian dibawa dengan tandu. Beberapa pemain Denmark sudah menangis tersedu-sedu melihat kondisi Eriksen yang tak sadarkan diri.

Untungnya setelah di bawa ke rumah sakit terdekat, kondisi Eriksen membaik meskipun dokter Timnas Denmark mengatakan pemain 29 tahun itu sudah sempat kehilangan nyawa dalam beberapa menit.

"Dia sudah tak bernyawa, dan kami melakukan resusitasi jantung (CPR). Itu adalah serangan jantung. Seberapa dekat kita [kehilangan Eriksen]? Saya tidak tahu," kata dokter Timnas Denmark Morten Boesen dikutip dari ESPN.

"Kami berhasil menolongnya setelah menggunakan defibrilator [stimulator detak jantung dengan listrik], jadi itu berlangsung begitu cepat."

"Saya bukan kardiologis, jadi detailnya akan saya serahkan kepada pihak rumah sakit," tambahnya.

Sebelum Eriksen memberikan pernyataan, seorang profesor kardiologi Universitas St George, Sanjay Sharma menyebut eks pemain Tottenham Hotspur itu mungkin tak bisa bermain sepakbola profesional lagi pasca insiden mengerikan tersebut.

"Saya sangat senang. Fakta dia stabil dan terjaga, pandangannya akan sangat bagus. [Tapi] Saya tidak tahu apakah dia akan bermain sepakbola lagi," kata Sharma dikutip dari Sportsmole, Senin (14/6/2021).

"Tanpa maksud menyinggung, Eriksen telah meninggal hari ini [saat itu]. Meskipun hanya beberapa menit, dia sempat meninggal dan apakah petugas medis akan mengizinkannya meninggal lagi [jika kembali bermain sepakbola]?. Jawabannya adalah tidak," tandasnya

Sementara itu, Timnas Denmark akan kembali memulai kiprahnya di Euro 2020 dengan menghadapi tim kuat Belgia. Laga tersebut akan digelar pada Kamis (17/6/2021) pukul 23.00 WIB.

(Arief Apriadi)

Berita Terkait

Berita Terkini