Boladunia

8 Hal yang Perlu Diketahui soal Euro 2020, Rekor hingga Hadiah

Salah satunya adalah Didier Deschamps merupakan satu-satunya manajer asal Prancis yang pernah menjuarai turnamen sebagai pemain.

Irwan Febri Rialdi

Skillzy, maskot resmi Euro 2020. (CHRISTOF STACHE / AFP)
Skillzy, maskot resmi Euro 2020. (CHRISTOF STACHE / AFP)

Bolatimes.com - Euro 2020, kejuaraan antar negara paling bergengsi di Eropa akan mulai bergulir pada 11 Juni 2021. Ada beberapa fakta menarik dari ajang tersebut yang perlu diketahui.

Tertunda selama satu tahun karena pandemi Covid-19, Piala Eropa 2020 menjadi istimewa karena dihelat bertepatan 60 tahun bergulirnya turnamen ini. Terdapat beberapa fakta menarik Euro 2020 dibalik penyelenggaraan pesta sepak bola terbesar di benua biru ini yang perlu kamu simak dan ketahui pada ulasan di bawah ini.

1. Sebelas Kota Tuan Rumah di 11 Negara

Pertama kalinya dalam sejarah gelaran Piala Eropa, 11 kota di 11 negara akan menjadi tuan rumah Euro 2020. Kota tuan rumah tersebut antara lain London (Inggris), Muenchen (Jerman), Baku (Azerbaijan), Saint Petersburg (Rusia), Roma (Italia), Amsterdam (Belanda), Bucharest (Romania), Budapest (Hongaria), Glasgow (Skotlandia), Kopenhagen (Denmark), dan Sevilla (Spanyol).

Lima negara di antaranya yakni Denmark, Azerbaijan, Skotlandia, Romania, dan Hongaria untuk pertama kali jadi tuan rumah Euro 2020.

2. Tampilan Maskot Baru 

Skillzy, pesepakbola gaya bebas (freestyle), menjadi maskot Euro 2020. Skillzy menginspirasi para penggemar untuk mengunggah video yang menampilkan keterampilan mereka. 

3. Bola Resmi Euro 2020

Uniforia, 'persatuan dan euforia' yang akan mewarnai kompetisi Euro, menjadi nama dari bola resminya. Bola pertandingan untuk turnamen ini dibuat oleh Adidas.

Uniforia didesain untuk merayakan inklusivitas dalam turnamen di seluruh benua biru. menampilkan garis gaya sapuan kuas hitam yang melintasi bola, mengandung makna pengaburan batas.

4. Dua Tim Debutan

Finlandia dan Makedonia Utara pertama kali akan bergabung secara resmi di turnamen ini. Finandia lolos sebagai runner-up grup J pada babak kualifikasi. 

Sementara Makedonia Utara lolos lewat jalur play off. negara pecahan Yugoslavia itu berhasil menaklukkan lawan seperti Kosovo dan Georgia pada babak play off path D. 

5. Penggunaan VAR

Piala Eropa EUFA 2020 untuk pertama kalinya menggunakan Video Assistant Referee (VAR) dalam sejarah.

6. Rekor spesial Deschamps

Didier Deschamps merupakan satu-satunya manajer asal Prancis yang pernah menjuarai turnamen sebagai pemain.

7. Tambahan Pemain

UEFA, Komite Kompetisi Tim Nasional, telah menyetujui tambahan skuad tim menjadi 26 pemain. Sejalan dengan Hukum Permainan, setiap tim masih boleh menyebut maksimal 23 pemain (termasuk 12 pemain pengganti) pada lembar pertandingan untuk setiap jadwal turnamen.

Setelah pertandingan pertama untuk masing-masing tim, penjaga gawang juga dapat diganti karena ketidakmampuan fisik, jika penjaga gawang lain masih tersedia dalam skuad.

8. Hadiah Rp 174 Miliar

Negara yang memenangkan ajang kompetisi ini akan diganjar hadiah uang total senilai 10 juta euro atau Rp 174 miliar. Setiap tim akan menerima biaya partisipasi mencapai € 9,25 juta atau Rp 161 miliar. Dan sang Champion akan mengantongi maksimum € 34 juta (593 miliar).

Itulah beberapa fakta menarik Euro 2020, turnamen sepak bola terbesar antar negara di benua Eropa.

(Rifan Aditya)

Berita Terkait

Berita Terkini