Boladunia

Simak, Ini Hitung-hitungan AC Milan hingga Juventus Lolos ke Liga Champions

Dua slot empat besar tengah diperebutkan AC Milan, Napoli, dan Juventus

Irwan Febri Rialdi

Penyerang AC Milan Samuel Castillejo (kiri) berduel memperebutkan bola melawan gelandang Sampdoria Albin Ekdal (kanan) pada pertandingan Liga Italia yang dimainkan di Stadion San Siro, Milan,Minggu (6/12/2020). (ANTARA/AFP/ANDREAS SOLARO)
Penyerang AC Milan Samuel Castillejo (kiri) berduel memperebutkan bola melawan gelandang Sampdoria Albin Ekdal (kanan) pada pertandingan Liga Italia yang dimainkan di Stadion San Siro, Milan,Minggu (6/12/2020). (ANTARA/AFP/ANDREAS SOLARO)

Bolatimes.com - Persaingan empat besar Serie A Italia 2020/2021 masih sangat ketat. Sebanyak tiga tim harus saling sikut untuk memperebutkan dua slot terakhir di posisi empat besar.

Gelar Serie A Italia 2020/2021 memang telah direngkuh Inter Milan sejak dua pekan lalu. Namun, keseruan kompetisi sepakbola kasta teratas Negeri Pizza masih menyajikan keseruan lain.

Setelah Inter, Atalanta berhasil mengunci posisi empat besar usai menang 4-3 atas tuan rumah Genoa pada Sabtu (15/5/2021) lalu.

Kini, terdapat dua slot top 4 yang masih bisa diperebutkan oleh tiga tim yakni AC Milan, Napoli, dan Juventus.

Milan dan Napoli saat ini berada di urutan ketiga dan keempat dengan mengoleksi poin sama dari 37 laga yakni 76. Sementara Juventus menguntit keduanya di peringkat kelima dengan selisih satu poin.

Melihat jumlah poin yang begitu tipis, lalu seperti apa hitung-hitungan peluang Napoli, Milan, dan Juventus untuk finis di zona Liga Champions?

Milan (76 poin) | Pekan Terakhir vs Atalanta (Tandang)

Jika Milan mengalahkan Atalanta, mereka tidak hanya akan mengamankan tempat Liga Champions, tetapi juga melompati La Dea untuk menempati posisi kedua.

Namun hasil lain yakni imbang ataupun kalah, juga bisa meloloskan Milan dengan syarat Juventus juga gagal meraup poin.

Napoli (76) | Pekan Terakhir vs Verona (Kandang)

Jika Napoli mengalahkan Verona, mereka akan otomatis finis di posisi empat besar Liga Italia musim ini.

Namun jika kalah, Napoli bisa lolos apabila Juventus juga gagal meraup poin di laga pekan terakhir mereka.

Juventus (75 poin) | Pekan Terakhir vs Bologna (Tandang)

Juventus yang sukses mengalahkan Inter 3-2 pekan lalu, dihadapkan dengan situasi sulit untuk bisa finis di posisi empat besar.

Nasib mereka tidak berada di tangan sendiri. Meski meraih kemenangan atas Bologna di laga pekan terakhir, Si Nyonya Tua harus berharap Napoli dan Milan tidak menang.

Skema lain juga bisa terjadi yakni Juventus bermain imbang sementara Milan dan Napoli sama-sama kalah. Kondisi itu akan membuat ketiga tim memiliki jumlah poin yang sama, 76.

Apabila skenario itu terjadi, maka penentuan posisi bakal ditentukan berdasarkan klasemen mini yang melibatkan rekor pertemuan ketiga tim.

Klasemen mini akan membuat Milan, Juventus dan Napoli sama-sama memiliki enam poin, lantaran ketiga tim saling mengalahkan musim ini.

Jadi, penentuan posisi akan ditentukan jumlah selisih gol. Milan dan Juventus berada di atas angin jika situasi itu terjadi, dan Napoli harus puas duduk di peringkat kelima.

Dengan skema itu, Milan punya selisih gol +2, sedangkan Juventus dan Napoli punya selisih gol -1.

Bianconeri lebih diuntungkan karena mereka mencetak lima gol dan Napoli chanya mencetak empat gol dalam hitungan klasemen mini tersebut.

Head-to-head

Milan

Milan 1-3 Juventus

Juventus 0-3 Milan

Napoli 1-3 Milan

Milan 0-1 Napoli


Napoli

Napoli 1-3 Milan

Milan 0-1 Napoli

Napoli 1-0 Juventus

Juventus 2-1 Napoli


Juventus

Milan 1-3 Juventus

Juventus 0-3 Milan

Napoli 1-0 Juventus

Juventus 2-1 Napoli


Klasemen mini

Milan 6 poin (Selisih gol 7-5 = +2)

Juventus 6 poin (Selisih gol 5-6 = -1)

Napoli 6 poin (Selisih gol 4-5 = -1)

(Suara.com/Arief Apriadi)

Berita Terkait

Berita Terkini