Boladunia

Punya Darah Indonesia, Bek Leeds Jadi Rebutan Timnas Belgia dan Belanda

Bek Leeds yang punya keturunan Indonesia jadi rebutan Timnas Belgia dan Belanda.

Rauhanda Riyantama | Arif Budi Setyanto

Bek Leeds United, Pascal Struijk yang punya darah Indonesia jadi rebutan Timnas Belgia dan Belanda. (PETER POWELL / POOL / AFP)
Bek Leeds United, Pascal Struijk yang punya darah Indonesia jadi rebutan Timnas Belgia dan Belanda. (PETER POWELL / POOL / AFP)

Bolatimes.com - Pemain keturunan Indonesia yang bermain di Leeds United, Pascal Struijk menjadi rebutan Timnas Belgia dan Belanda. Sebelumnya, bek muda potensial ini sudah menolak untuk bermain bagi Timnas Indonesia.

Nama Pascal Struijk mulai dikenal publik setelah berhasil menembus skuat utama Leeds United di ajang Premier League musim 2020/21. Berkat performa apiknya di tim muda, Struijk mendapatkan kepercayaan dari Marcelo Bielsa untuk bermain di tim utama.

Seiring namanya yang naik dan menjadi salah satu muda potensial, Struijk menjadi rebutan Timnas yang dikaitkan dengan dirinya. Struijk sendiri setidaknya bisa memilih satu diantara tiga timnas yang dikaitkan dengannya, yaitu Belgia, Belanda, dan Indonesia.

Struijk memiliki darah Indonesia dari sang kakek dari pihak ayahnya. Namun, bek berusia 21 tahun ini sepertinya enggan untuk membela skuat Garuda. Pasalnya, dia mengaku tidak memiliki hubungan apapun dengan Indonesia selain dari pihak keluarganya.

“Saya harus akui, terkadang saya merasa orang Indonesia, tapi terkadang tidak. Namun, di luar keluarga saya, saya tidak punya hubungan dengan orang lain di Indonesia,” ucap Struijk.

Selain Indonesia, Struijk bisa memperkuat Belgia karena lahir di sana. Akan tetapi, Struijk sendiri pernah memperkuat Timnas Belanda U-17.

Menyadur dari laporan media Belanda De Telegraaf pada Kamis (4/2/2021), kini Struijk menjadi rebutan dua negara top Eropa. Pasalnya nama Struijk belum pernah memperkuat timnas senior manapun.

Masih dalam laporan yang sama, Struijk dikabarkan lebih condong ke Belgia. Hal itu lantaran pelatih Belgia, Roberto Martinez sudah berkomunikasi dengannya. Struijk akan diplot sebagai Jan Vertonghen yang usianya sudah uzur.

Bahkan Struijk disebut sedang mempelajari prosedur untuk pengajuan paspor Belgia. Kendarti demikian, Struijk masih belum menentukan keputusan akhirnya akan membela Belgia atau Belanda.

"Benar bahwa kami sedang menyelidiki kemungkinan untuk mengajukan paspor Belgia. Ini tentu saja harus diperiksa sebelum Pascal dapat membuat keputusan. Jadi semua peluang masih terbuka," ucap agen Struijk, Tim Vrouwe.

Sementara itu, Pascal Struijk sedang membantu Leeds United berjuang di Premier League. Sejauh ini, Struijk sudah dipercaya Bielsa tampil dalam 12 pertandingan dan membantu Leeds berada di posisi ke-11 dengan koleksi 31 poin dari 21 pertandingan.

Berita Terkait

Berita Terkini