Boladunia

Banting Setir, Mantan Kiper Barcelona Ini Jadi Instruktur Senam

Mantan kiper Barcelona ini bahkan sudah terlihat sangat fasih.

Rauhanda Riyantama

Jose Manuel Pinto saat masih berseragam Barcelona. (Instagram/13pinto)
Jose Manuel Pinto saat masih berseragam Barcelona. (Instagram/13pinto)

Bolatimes.com - Profesi baru nampaknya sedang ditekuni oleh sosok Jose Manuel Pinto. Mantan kiper Barcelona itu kini sedang sibuk menjadi instruktur senam.

Pinto sendiri memutuskan pensiun pada Maret 2018. Keputusan tersebut diambil selang empat tahun sejak meninggalkan Barcelona dan tidak pernah bermain lagi untuk klub mana pun.

Soal profesi baru sebagai instruktur senam, Pinto sejatinya sudah mulai sejak beberapa tahun yang lalu. Bahkan ia kini telah memiliki kelas khusus yang diberi nama P13Fit.

Usut punya usut, nama P13Fit diambil dari inisial nama Pinto dan nomor punggu semasa masih aktif bermain. Pria 44 tahun itu memang akrab dengan nomor 13 saat di Barcelona.

Kesibukan Pinto sebagai instruktur senam turut diunggah di akun Instagram pribadinya. Ia dengan lemah gemulai mengajarkan senam sembari lompat tali kepada siswanya yang rerata wanita.

Darah seni memang sudah mengalir ke tubuh Pinto. Mantan kiper Real Betis dan Celta Vigo itu juga hobi bernyanyi, hingga dikenal sebagai musisi dan produser musik hip-hop.

Tak cuma itu, Pinto bahkan sempat mendirikan perusahaan rekaman. Ia juga memiliki nama panggung, Wahin, dan sudah memiliki label sendiri, yakni Wahin Makinaciones.

Keseriusannya di dunia musik pun sempat mendapat anugerah. Pinto dianugerahi Grammy Latin 2016 dan masuk nominasi American Billboard Awards.

Sementara di dunia sepak bola, Pinto memiliki karier yang cukup cemerlang di Barcelona. Meski kerap jadi kiper kedua, ia tercatat telah mempersembahkan 15 gelar, antara lain tiga trofi La Liga Spanyol, dua Copa del Rey, dan dua gelar Liga Champions.

Berita Terkait

Berita Terkini