Boladunia

Umumkan Pensiun, Ini 5 Fakta Menarik Tentang David Villa

David Villa masih menjadi pencetak gol terbanyak di Timnas Spanyol.

Galih Priatmojo

David Villa saat membela Timnas Spanyol di Kualifikasi Piala Dunia 2018. [GABRIEL BOUYS / AFP]
David Villa saat membela Timnas Spanyol di Kualifikasi Piala Dunia 2018. [GABRIEL BOUYS / AFP]

Bolatimes.com - Salah satu legenda Barcelona, David Villa menyatakan akan pensiun. Pemain yang kini membela Vissel Kobe tersebut mengungkapkan akan gantung sepatu selepas selesainya J-League.

Pernyataan Villa itu diungkapkan melalui akun Twitter pribadinya. Dalam kicauannya, Villa berambisi untuk memberi gelar pada klubnya saat ini untuk terakhir kalinya sebelum pensiun.

"Setelah 19 tahun sebagai profesional, saya telah memutuskan untuk pensiun dari bermain sepak bola pada akhir musim ini. Terima kasih pada semua tim, pelatih dan rekan setim yang sudah mengijinkan saya untuk menikmati karier impian ini. Terimakasi pada keluarga saya yang selalu ada untuk mendukung saya," kicaunya.

"Ambisi saya adalah untuk mengakhiri karier dengan manis, yakni dengan memenangkan Emperor's Cup bersama Vissel Kobe pada 1 Januari. Sejak saat itu saya akan terus menikmati sepak bola lewat semua proyek yang saat ini kami kembangkan bersama grup DV7. Terimakasih untuk semua kasih sayang," tambahnya.

Untuk mengenang pemain berjuluk El Guaje tersebut, berikut sejumlah fakta tentang David Villa sepanjang kariernya.

Nyaris pincang

Villa diketahui sudah menggemari sepak bola sejak usia kecil. Tetapi impiannya untuk menjadi pesepakbola nyaris saja punah ketika di usia 4 tahun ia mengalami patah tulang.

Saat itu, kata dokter kondisi patah kaki yang dialami Villa bisa saja berisiko membuatnya cacat apabila dilakukan tindakan operasi. Ia bisa mengalami pincang seumur hidup.

Pihak keluarga pun membuat keputusan nekat demi untuk mewujudkan impian Villa kecil jadi pesepak bola dengan memilih pengobatan tanpa operasi.

Beruntungnya, patah tulang paha yang dialami Villa bisa sembuh secara alami hingga ia bisa berjalan normal.

Mempersembahkan 11 gelar dari lima klub yang dibela

Villa mengawali karier profesionalnya bersama Sporting Gijon (2001-2003). Bersama tim Divisi II Liga Spanyol itu, Villa mencatatkan 18 gol di musim pertamanya. Total ia mencatatkan 50 gol bersama Gijon.

Setelah itu Villa tercatat pernah membela empat klub lainnya di La Liga yakni Real Zaragoza (2003-2005), Valencia (2005-2010), Barcelona (2010-2013) dan Atletico Madrid (2013-2014).

Dari lima klub tersebut, Villa mempersembahkan gelar La Liga sebanyak tiga kali. Dua kali bersama Barcelona dan terakhir bersama Atletico Madrid.

Gelar Piala Super bersama Zaragoza dan Barcelona.

Pemain Barcelona Andres Iniesta dan David Villa (AFP)
Pemain Barcelona Andres Iniesta dan David Villa (AFP)

 

Ia juga turut mempersembahkan gelar Copa del Rey untuk Zaragoza, Valencia serta Barcelona.

Selain itu bersama Barcelona, Villa pernah merasakan gelar Liga Champions, UEFA Super Cup serta FIFA Club World Cup.

Dari lima klub yang dibelanya, ia tak mampu memberikan gelar untuk Sporting Gijon.

Pencetak gol terbanyak di Piala Dunia

Villa tercatat menjadi pencetak gol terbanyak di satu ajang Piala Dunia yakni dengan torehan lima gol.

Moment tersebut terjadi saat gelaran Piala Dunia 2010.

Torehan golnya itupun mengalahkan jumlah yang pernah dicetak oleh pemain legendaris Timnas Spanyol, Emilio Butragueno hingga Raul Gonzalez.

Tiga klub yang dibela Villa bangkrut

Setelah bermain apik di debut profesionalnya bersama Sporting Gijon, dua tahun berselang David Villa pindah ke Real Zaragoza yang kala itu di tahun 2003 merupakan tim baru promosi.

Kepindahannya ke Real Zaragoza itu lantaran klubnya, Gijon, tengah mengalami krisis keuangan hingga kesulitan untuk membayar gaji para pemain.

Di Zaragoza, Villa juga hanya bertahan selama kurang lebih dua musim. Hal ini lantaran pihak klub membutuhkan dana segar untuk menyelamatkan klub dari krisis keuangan. Villa kemudian dilego ke Valencia.

Tak berselang lama Valencia ternyata juga mengalami krisis hingga membuat David Villa memilih hengkang menyebrang ke Barcelona. Ia gabung dengan Blaugrana dengan nilai transfer 40 juta euro kala itu.

Pencetak gol terbanyak Timnas Spanyol

Sejak tahun 2005, David Villa sudah membela Timnas Spanyol sebanyak 94 kali.

Bersama La Furia Roja, Villa terhitung tampil di di Piala Dunia sebanyak tiga kali yakni di tahun 2006, 2010 dan 2014.

David Villa merayakan keberhasila Timnas Spanyol meraih trofi Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. [MIGUEL RIOPA / AFP]
David Villa merayakan keberhasila Timnas Spanyol meraih trofi Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. [MIGUEL RIOPA / AFP]

 

Bersama Timnas Spanyol, Villa telah meraih gelar Liga Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Selama berseragam La Furia Roja, Villa telah mencatatkan 56 gol. Hingga kini, torehan itu masih urung ada yang mampu memecahkannya. Ia menjadi pencetak gol terbanyak di Timnas Spanyol.

Berita Terkait

Berita Terkini