Boladunia

Pangeran Arab Saudi Siapkan Dana Segar Rp 54,3 T Demi Akuisisi Man United

Mohammed Bin Salman akan mengambil alih saham yang sebelumnya dimiliki oleh Keluarga Glazer sejak tahun 2005.

Rauhanda Riyantama

Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz Al Saud (kanan) bersama Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Nayef (tengah) dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman (kiri) Tiba di Shura Council di Riyadh 2016 (AFP)
Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz Al Saud (kanan) bersama Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Nayef (tengah) dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman (kiri) Tiba di Shura Council di Riyadh 2016 (AFP)

Bolatimes.com - Putera Mahkota Kerajaan Arab Saudi, Mohammed Bin Salman, dikabarkan bakal segera menjadi pemilik baru Manchester United. Sang Pangeran akan mengambil alih saham yang sebelumnya dimiliki oleh Keluarga Glazer sejak tahun 2005.

Melansir dari Mirror, Mohammed Bin Salman menawarkan dana segar sebesar 3 miliar pounds (Rp 54,3 triliun) kepada Keluarga Glazer. Keinginannya pun mendapat respons positif, lantaran jajaran direksi Setan Merah akan terbang ke Arab Saudi pada pekan ini untuk membicarakan kontrak tersebut.

Ketertarikan Mohammed Bin Salman untuk mengambil alih saham Manchester United sejatinya sudah terjadi sejak lama. Bahkan, pria berusia 34 tahun itu sudah mengajukan dua kali penawaran, namun semuanya ditolak.

Untuk memuluskan pembelian saham kali ini, Mohammed Bin Salman telah menyiapkan skema lewat perusahaannya bernama Future Investment Initiative. Dengan cara ini, ia pun optimis bisa mencapai kata sepakat untuk membeli Manchester United.

Tercatat, melalui perusahaan tersebut, Mohammed Bin Salman memiliki kekayaan sebesar 7 miliar poundsterling (Rp 126,4 triliun). Sedangkan Keluarga Glazers hanya memiliki separuhnya, yaitu 3,6 miliar pounds (Rp 64,9 triliun).

Namun, jalan Mohammed Bin Salman bakal menemui sedikit rintangan. Sebab, salah seorang Keluarga Glazer bernama Kevin Glazer tidak bersedia melepas sahamnya di Manchester United sebesar 13 persen atau senilai 270 juta pounds.

Lebih lanjut, ketertarikan Mohammed Bin Salman untuk mengakuisisi Manchester United dinilai bakal menjadi angin segar untuk tim. Bagaimana tidak, Setan Merah tengah mengalami periode buruk sejak berakhirnya rezim Sir Alex Ferguson pada 2013.

Sejak saat itu, Manchester United pun praktis puasa gelar Liga Primer Inggris. Bahkan, untuk bersaing masuk zona Liga Champions saja kesulitan. Puncaknya pada musim lalu, Setan Merah hanya finis di posisi enam dan harus puas berlaga di Liga Europa musim ini.

Berita Terkait

Berita Terkini