Boladunia

Diwarnai Hujan Gol, Liverpool Susah Payah Kalahkan RB Salzburg

Tujuh gol tercipta di laga Liverpool kontra RB Salzburg.

Galih Priatmojo

Mohamed Salah merayakan gol ke gawang RB Salzburg bersama Sadio Mane dan Roberto Firmino, Kamis (3/10/2019) dini hari tadi. Pada laga lanjutan Liga Champions tersebut, Liverpool menang 4-3. [PAUL ELLIS / AFP]
Mohamed Salah merayakan gol ke gawang RB Salzburg bersama Sadio Mane dan Roberto Firmino, Kamis (3/10/2019) dini hari tadi. Pada laga lanjutan Liga Champions tersebut, Liverpool menang 4-3. [PAUL ELLIS / AFP]

Bolatimes.com - Hujan gol mewarnai partai super seru nan sengit antara Liverpool vs RB Salzburg pada lanjutan Liga Champions yang dihelat di Anfield, Kamis (3/10/2019) dini hari tadi.

Sempat unggul 3-0, tuan rumah, Liverpool kemudian seperti meremehkan lawan dan lengah dalam bertahan. RB Salzburg berhasil bangkit dan menyamakan skor jadi 3-3 saat laga berjalan setengah jam!

Namun, pada akhirnya Liverpool berhasil lolos dari lubang jarum dan mengamankan kemenangan dengan skor 4-3, usai mencetak gol penentu pada menit ke-69 yang menjadi gol pamungkas di partai ini.

Mohamed Salah tampil apik untuk Liverpool kali ini dengan menyumbang dua gol. Sementara dua gol The Reds --julukan Liverpool-- lainnya dibukukan Sadio Mane dan Andrew Robertson.

Sementara itu, meskipun kalah, RB Salzburg dengan pemain-pemain muda penuh talentanya praktis berhasil membuat Liverpool --yang notabene merupakan juara bertahan Liga Champions-- kelimpungan hampir di sepanjang laga.

Dengan penyerang muda Korea Utara Hwang Hee-chan, talenta besar Zambia Patson Daka, winger menjanjikan Jepang Takumi Minamino, serta wonderkid Norwegia yang turun dari bangku cadangan, Erling Haaland, Salzburg sukses membuat publik Anfield deg-degan.

Permainan menyerang nan atraktif konstan diperagakan tim juara Austria asuhan pelatih Jesse Marsch tersebut, dengan tiga gol menjadi reward-nya.

Sayang, pada akhirnya Salzburg harus pulang dengan tangan hampa dari lawatan ke Merseyside kali ini.

Dengan kemenangan ini, Liverpool kini mengemas tiga poin di klasemen sementara Grup E, sama dengan Salzburg.

Meski demikian, Liverpool sementara bercokol di peringkat kedua klasemen karena unggul head-to-head atas Salzburg.

Sementara itu, posisi teratas klasemen sementara ditempati Napoli yang mengoleksi empat poin dari dua laga. Napoli bermain imbang 0-0 dengan tuan rumah RC Genk dini hari tadi.

Jalannya Pertandingan Liverpool vs RB Salzburg

Tampil di hadapan pendukungnya sendiri, manajer Liverpool, Jurgen Klopp masih mempertahankan formasi ideal dengan mengandalkan trio Salah, Mane, dan Roberto Firmino.

Tak banyak perubahan pada susunan pemain seperti saat kalah 0-2 dari tuan rumah Napoli di laga matchday 1 Grup E dua pekan lalu, hanya Joel Matip yang digantikan oleh Joe Gomez akibat cedera.

Sementara di kubu tim tamu, penyerang andalan sekaligus pencetak hat-trick dalam laga matchday 1 kontra Genk, yakni Erling Haaland terpaksa duduk di bangku cadangan karena tidak 100 persen fit pasca terserang penyakit.

Tak ingin kembali kalah, Liverpool langsung mengurung pertahanan Salzburg. Menerapkan garis pertahanan ketat, membuat para pemain Salzburg sulit mengembangkan permainan.

Pada menit kesembilan, pendukung tuan rumah bersorak usai Mane mencatatkan namanya di papan skor.

Berawal dari akselerasi di sisi kiri, kombinasi Mane-Firmino berakhir dengan sontekan manis nama pertama.

Fullback Andrew Robertson kemudian menggandakan keunggulan Liverpool pada menit ke-25.

Trent Alexander-Arnold yang melihat posisi Robertson di dalam kotak penalti menerobos pertahanan lawan untuk melepaskan umpan mendatar yang tinggal disontek kapten Timnas Skotlandia tersebut.

11 menit berselang, giliran Salah yang memperlebar jarak Liverpool menjadi 3-0 setelah memanfaatkan bola muntah hasil sundulan Firmino.

Tim tamu yang tak ingin menjadi bulan-bulanan tuan rumah kemudian memeragakan permainan agresif.

Para pemain bertahan Liverpool dipaksa memainkan bola di dalam garis pertahanan sendiri hingga menunggu mereka membuat kesalahan.

Hasilnya terbukti, Hwang Hee-chan memperkecil ketertinggalan Salzburg enam menit jelang pertandingan babak pertama berakhir.

Penyerang RB Salzburg berkebangsaan Korea Utara, Hwang Hee-chan melakukan selebrasi usai menjebol gawang Liverpool dalam laga Liga Champions 2019/2020 di Anfield, Kamis (3/10/2019) dini hari WIB. [Paul ELLIS / AFP]
Penyerang RB Salzburg berkebangsaan Korea Utara, Hwang Hee-chan melakukan selebrasi usai menjebol gawang Liverpool dalam laga Liga Champions 2019/2020 di Anfield, Kamis (3/10/2019) dini hari WIB. [Paul ELLIS / AFP]

Pada babak kedua, Liverpool justru terus mendapat tekanan dari para pemain Salzburg. Bahkan, 4-5 lima pemain Die Roten Bullen --julukan Salzburg-- berada di garis pertahanan Liverpool.

Pada 15 menit awal babak kedua, Salzburg tampil trengginas sehingga menyamakan skor jadi 3-3 melalui sepakan terukur Minamino serta Haaland yang baru masuk pada babak kedua.

Penyerang RB Salzburg, Erling Haaland melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Liverpool dalam laga Liga Champions 2019/2020 di Anfield, Kamis (3/10/2019) dini hari WIB. [Paul ELLIS / AFP]
Penyerang RB Salzburg, Erling Haaland melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Liverpool dalam laga Liga Champions 2019/2020 di Anfield, Kamis (3/10/2019) dini hari WIB. [Paul ELLIS / AFP]

Penampilan impresif yang diperlihatkan Salzburg, terutama dalam hal serangan balik dan pressing tinggi membuat pemain belakang tuan rumah kocar-kacir.

Terus ditekan, Jurgen Klopp malah coba menambah daya gedor Liverpool dengan memasukkan Divock Origi yang menggantikan Gini Wijnaldum, serta mengganti Jordan Henderson dengan James Milner.

Taktik Klopp ini ampuh ketika pada menit ke-69, Salah memulihkan keunggulan Liverpool menjadi 4-3.

Firmino menjadi sosok yang berjasa besar untuk terciptanya gol ini lantaran kejeliannya dalam mengumpan kepada Salah yang lolos dari perangkap offside.

Usai gol Salah, kedua tim saling jual beli serangan. Namun hingga wasit membunyikan peluit panjang, skor 4-3 untuk keunggulan Liverpool tetap bertahan.

Susunan Pemain

Liverpool XI (4-3-3): Adrian; Alexander-Arnold, Joe Gomez, Van Dijk, Robertson; Fabinho, Henderson, Wijnaldum; Salah, Mane, Firmino.

RB Salzburg (4-4-2): Stankovic; Kristensen, Onguene, Wober, Ulmer; Minamino, Mwepu, Junuzovic, Szoboszlai; Daka/Haaland, Hee-chan.

Hasil Liga Champions 2019/2020 matchday 2, Kamis (3/10/2019) dini hari WIB:

Grup E

RC Genk 0 - Napoli 0

Liverpool 4 - RB Salzburg 3 (Sadio Mane 9', Andy Robertson 25', Mohamed Salah 36', 69'; Hwang Hee-chan 39', Takumi Minamino 56', Erling Haland 60')

Grup F

Slavia Praha 0 - Borussia Dortmund 2 (Achraf Hakimi 35', 89')

Barcelona 2 - Inter Milan 1 (Luis Suarez 58', 84'; Lautaro Martinez 2')

Grup G

FC Zenit 3 - Benfica 1 (Artem Dzyuba 21', Ruben Dias bd-70', Sardar Azmoun 78'; Raul de Tomas 85')

RB Leipzig 0 - Olympique Lyon 2 (Memphis Depay 11', Martin Terrier 65')

Grup H

LOSC Lille 1 - Chelsea 2 (Victor Omsihen 33'; Tammy Abraham 22', Willian 77')

Valencia 0 - Ajax Amsterdam 3 (Hakim Ziyech 8', Quincy Promes 34', Donny van de Beek 67')

Berita Terkait

Berita Terkini