Boladunia

Bak Dukun, Begini Ritual Nyeleneh Pemain Jepang sebelum Bertanding

Tomoaki Makino selalu komat-kamit seperti dukun ketika hendak memulai pertandingan. Kenapa?

Rauhanda Riyantama

Bek Urawa Red Diamonds, Tomoaki Makino. (Instagram/@the-afc)
Bek Urawa Red Diamonds, Tomoaki Makino. (Instagram/@the-afc)

Bolatimes.com - Di dunia sepak bola, ritual merupakan hal yang umum dilakukan oleh para pesepak bola sebelum melakukan pertandingan. Ada yang berdoa, mencabut rumput, hingga mencium lapangan.

Namun, bagaimana seorang pemain melakukan ritual tersebut seperti sedang kerasukan setan? Ya, hal ini dilakukan oleh bek Urawa Red Diamonds, Tomoaki Makino.

Sebelum bertandingan, Makino kerap memukul dadanya sendiri sembari komat-kamit seperti seorang dukun. Tangannya juga seolah-olah melakukan gerakan supranatural.

Ritual Makino tentu membuat publik keheranan. Namun, bek 32 tahun itu tidak bermaksud aneh-aneh. Ia mengaku ritual anehnya tersebut hanya untuk mengangkat mental pribadinya sebelum bermain.

"Saya melakukan ritual ini sebelum pertandingan sebagai tindakan mengangkat mental pribadi," kata Makino dalam video wawancara AFC.

"Saya mengatakan pada diri sendiri bahwa saya akan menang dan saya lebih baik daripada lawan. Ini semacam motivasi diri," lanjutnya.

Makino mengklaim bahwa ritualnya itu seperti Tarian Haka yang kerap dilakukan oleh Tim Rugby dari Selandia Baru. Ritual tersebut sangat bermanfaat untuk menambah kepercayaan dirinya di lapangan.

"Itu mirip dengan Tari Haka dari Tim Rugby Selandia Baru. Itu rutinitas saya sebelum pertandingan untuk mendapatkan diri saya di pertandingan," tutup bek yang mengantongi 38 caps bersama Timnas Jepang itu.

Berita Terkait

Berita Terkini