Tundukkan Chelsea Lewat Adu Penalti, Liverpool Juara Piala Super Eropa

Liverpool dan Chelsea bermain imbang 2-2 hingga akhir perpanjangan waktu.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Kamis, 15 Agustus 2019 | 08:00 WIB
Para pemain Liverpool merayakan trofi juara Piala Super Eropa setelah mengalahkan Chelsea lewat adu penalti di Besiktas Park Stadium. (OZAN KOSE / AFP)

Para pemain Liverpool merayakan trofi juara Piala Super Eropa setelah mengalahkan Chelsea lewat adu penalti di Besiktas Park Stadium. (OZAN KOSE / AFP)

Bolatimes.com - Liverpool akhirnya berhasil menjadi kampiun Piala Super Eropa 2019. Raihan positif itu didapat setelah mengalahkan Chelsea lewat drama adu penalti usai kedua tim bermain imbang 2-2 hingga babak perpanjangan waktu.

Bertanding di Vodafone Park Stadium, Istanbul, Kamis (15/8/2019) dini hari WIB, Liverpool sejatinya sempat tertinggal lebih dulu lewat gol lewat gol Olivier Giroud. Namun Liverpool berbalik unggul lewat dua gol yang dilesakkan Sadio Mane.

Jelang pertandingan usai, gelandang Chelsea, Jorginho, sukses menyamakan kedudukan menjadi 2-2 lewat titik putih. Hasil itu membuat pertandingan harus ditentukan lewat babak adu penalti.

Baca Juga: Enam Pemain Naturalisasi Dipanggil ke Timnas, Ada Osas Saha dan Beto

Liverpool akhirnya memenangi adu penalti dengan skor 5-4. Hasil tersebut didapat setelah pemain Chelsea, Tammy Abraham, gagal mengeksekusinya dengan baik karena digagalkan oleh kiper Adrian.

Liverpool merayakan kemenangan atas Chelsea guna menjuarai Piala Super Eropa 2019 di Besiktas Park Stadium. OZAN KOSE / AFP
Liverpool merayakan kemenangan atas Chelsea guna menjuarai Piala Super Eropa 2019 di Besiktas Park Stadium. OZAN KOSE / AFP

Jalannya Pertandingan

Liverpool langsung mengambil kendali permainan di awal pertandingan. Di menit kelima, Liverpool sudah mengancam lewat tembakan salto Sadio Mane saat menerima umpan silang Henderson namun masih gagal.

Baca Juga: Media Asing Ini Samakan Bagus Kahfi dengan Eks Pemain Manchester United

Sementara usaha Joel Matip lewat sundulannya di depan kotak penalti menyambut Mohamed Salah masih dapat diamankan kiper Chelsea Kepa Arrizabalaga.

Setelah ditekan selama kurang lebih 10 menit, Chelsea akhirnya bisa mengancam pertahanan Liverpool lewat tembakan Pedro dari luar kotak penalti namun masih melebar di sisi kiri gawang.

Saat serangan Liverpool yang lebih banyak dilakukan masih buntu. Chelsea mengancam melalui serangan balik cepat yang dilakukan Olivier Giroud di menit ke-24. Namun, tembakan pemain asal Prancis itu masih melebar di sisi kiri gawang.

Baca Juga: Timnas Indonesia U-18 Juara Grup A Piala AFF U-18 Usai Imbang Lawan Myanmar

Chelsea kembali mengancam pertahanan Liverpool melalui Pedro dan Giroud, namun kedua kesempatan itu gagal menjadi gol. Dua peluang matang tersebut langsung membuat Jurgen Klopp bangkit dari kursinya.

Pada menit ke-30, Sadio Mane berada pada posisi yang bebas untuk mengarahkan bola dengan sundulan. Namun usahanya menyambut crossing James Milner masih gagal karena dapat diselamatkan oleh Kepa lewat aksi akrobatiknya.

Chelsea akhirnya bisa mencetak gol setelah Olivier Giroud mampu lolos sendirian menerima umpan terobosan. Tanpa ampun dia melepaskan tembakan keras kaki kiri di menit ke-36. Chelsea pun memimpin 1-0.

Striker Chelsea Olivier Giroud merayakan golnya ke gawang Liverpool di Piala Super Eropa di Besiktas Park Stadium. OZAN KOSE / AFP
Striker Chelsea Olivier Giroud merayakan golnya ke gawang Liverpool di Piala Super Eropa di Besiktas Park Stadium. OZAN KOSE / AFP

Empat menit berselang Chelsea hampir unggul saat penetrasi yang dilakukan Pulisic dari sisi kiri berhasil diselesaikan menjadi gol. Namun, gol itu tidak disahkan wasit karena dia sudah berada pada posisi offside saat menerima umpan.

Di menit ke-44, Liverpool mendapatkan peluang bagus dari kerjasama Salah dan Robertson dari sisi kiri. Beruntung bagi Chelsea karena Robertson gagal mengontrol bola di kotak penalti. Skor 1-0 bagi Chelsea bertahan hingga turun minum.

Di awal babak kedua, Manajer Jurgen Klopp memasukkan Roberto Firmino menggantikan Oxlade-Chambelain. Pergantian itu membuahkan hasil karena di menit ke-48 Liverpool berhasil menyamakan kedudukan melalui Mane yang memanfaatkan sodoran pendek Firmino.

Para pemain Liverpool merayakan gol Sadio Mane (tengah) ke gawang Chelsea pada laga Piala Super Eropa di Besiktas Park Stadium.  OZAN KOSE / AFP
Para pemain Liverpool merayakan gol Sadio Mane (tengah) ke gawang Chelsea pada laga Piala Super Eropa di Besiktas Park Stadium. OZAN KOSE / AFP

Keberadaan Firmino di lini depan Liverpool membuat alur serangan Liverpool kini tidak lagi macet dan lebih cair. Beberapa peluang sempat didapatkan, tetapi hingga menit ke-55 skor masih imbang 1-1.

Sadio Mane masih menghadirkan ancaman ke pertahanan Chelsea. Namun peluangnya di menit ke-67 masih melebar di sisi kiri gawang Chelsea setelah melepaskan sepakan dari sudut sempit setelah mendapatkan umpan dari Andrew Robertson.

Pada menit ke-74, Liverpool mendapatkan dua peluang emas. Namun, Kepa melakukan penyelamatan fantastik dari dua tembakan jarak dekat yang dilakukan oleh Salah dan Van Dijk

Azpilicueta mendapatkan kartu kuning usai melakukan dorongan kepada Sadio Mane di menit ke-76. Namun, peluang tendangan bebas jarak dekat yang kemudian dieksekusi oleh Salah masih melambung tinggi di atas mistar.

Di menit ke-83, Chelsea mencetak gol di menit ke-83 melalui sepakan keras Mason Mount. Namun, gol tersebut ternyata tidak disahkan wasit karena Mount sudah berada dalam posisi offside saat menerima umpan.

Gelandang Chelsea Jorginho (kiri) merayakan golnya ke gawang Liveerpool dengan rekan setimnya Fikayo Tomori pada Piala Super Eropa  di Besiktas Park Stadium. OZAN KOSE / AFP
Gelandang Chelsea Jorginho (kiri) merayakan golnya ke gawang Liveerpool dengan rekan setimnya Fikayo Tomori pada Piala Super Eropa di Besiktas Park Stadium. OZAN KOSE / AFP

Liverpool balik menekan, Sadio Mane yang lolos dari jebakan offside pemain belakang Chelsea gagal memanfaatkan peluangnya menjadi gol. Meskipun sudah satu lawan satu dengan kiper, tembakan kerasnya masih melebar di sisi kanan.

Hingga wasit meniupkan peluit akhir tanda pertandingan babak kedua selesai, skor tetap imbang 1-1. Pertandingan pun dianjutkan ke babak perpanjangan waktu tambahan untuk menentukan pemenang.

Kedua tim mencoba membangun serangan namun Chelsea sempat unggul 2-1 di menit ke-95. dicetak oleh Sadio Mane lewat sepakan kaki kanannya setelah menyambut umpan tarik Firmino.

Namun di menit ke-100, wasit menunjuk titik putih setelah Adrian mengenai kaki Abraham di kotak terlarang. Jorginho yang menjadi eksekutor melakukan tugasnya dengan baik dan menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Kiper Adrian melakukan penyelamatan gemilang setelah menepis tendangan Jorginho di menit ke-113. Hingga akhir perpanjangan waktu skor tetap 2-2 dan pertandingan pun harus ditentukan lewat adu penalti.

Para pemain Liverpool merayakan kemenangan atas Chelsea di Piala Super Eropa lewat adu penalti di Besiktas Park Stadium in Istanbul. Bulent Kilic / AFP
Para pemain Liverpool merayakan kemenangan atas Chelsea di Piala Super Eropa lewat adu penalti di Besiktas Park Stadium in Istanbul. Bulent Kilic / AFP

Liverpool akhirnya memenangi adu penalti ini dengan skor 5-4 setelah penendang terakhir Tammy Abraham gagal melakukan eksekusi dengan baik setelah Adrian memblok bola dengan kakinya.

Eksekutor penalti Liverpool yaitu Roberto Firmino, Fabinho, Divock Origi, Trent Alexander-Arnold dan Mohamed Salah melakukan tugasnya dengan baik. Sementara empat eksekutor Chelsea Jorginho, Ross Barkley, Mason Mount dan Emerson juga mencetak gol.

Susunan pemain:

Liverpool: Adrian, Gomez, Matip, Van Dijk, Robertson (Alexander-Arnold 91'), Fabinho, Milner (Wijnaldum 64'), Henderson, Oxlade-Chamberlain (Firmino 46'), Mane (Origi 103'), Salah

Chelsea: Kepa, Azpilicueta, Christensen (Tomori 85'), Zouma, Emerson, Jorginho, Kante, Kovacic (Barkley 101'), Pedro, Giroud (Abraham 74'), Pulisic (Mount 74')

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB

Adapun jadwal siaran langsung Yordania vs Qatar akan dimulai pukul 22.00 WIB. Pertandingan ini dapat disaksikan melalui stasiun televisi RCTI.

boladunia | 10:57 WIB

UEFA dilaporkan akan menggunakan teknologi microchip, yang disematkan dalam bola terbaru keluaran Adidas bernama Fussballliebe.

boladunia | 12:30 WIB

Adapun jadwal playoff Euro 2024 akan dilaksanakan pada Maret mendatang, tiga di antara 12 tim nantinya akan lolos ke turnamen final di Jerman.

boladunia | 10:24 WIB

Laga timnas Indonesia vs Vietnam merupakan matchday ketiga Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang berlangsung di SUGBK, Kamis (21/3/2024) kickoff 20.30 WIB.

boladunia | 14:04 WIB

Berikut 5 negara yang diprediksi sebagai calon kuat juara Euro 2024, satu di antaranya sukses tampil bagus di babak kualifikasi Piala Eropa ini.

boladunia | 13:24 WIB

Pertandingan babak semifinal Piala Asia antara Yordania vs Korea Selatan di Stadion Ahmed bin Ali, Ar Rayyan itu berakhir dengan skor 2-0.

boladunia | 08:47 WIB

Ajang UEFA Euro 2024 atau Piala Eropa akan segera bergulir, dan Jerman terpilih menjadi tuan rumah penyelenggara mulai dari 14 Juni sampai 14 Juli.

boladunia | 11:58 WIB

Jerman akan menjadi tuan rumah Euro 2024, usai terpilih menjadi penyelenggara Kejuaraan Eropa UEFA edisi ke-17 dalam pertemuan Komite Eksekutif UEFA di Nyon, pada 27 September 2018.

boladunia | 11:37 WIB
Tampilkan lebih banyak