Bantai Chile, Peru Hadapi Brasil di Final Copa America 2019

Peru sukses mengalahkan Chile dengan skor 3-0 di semifinal.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Kamis, 04 Juli 2019 | 10:00 WIB
Pemain Peru, Edison Flores merayakan golnya bersama Yoshimar Yotun setelah menjebol gawang Chile di semifinal Copa America 2019. (Raul ARBOLEDA / AFP)

Pemain Peru, Edison Flores merayakan golnya bersama Yoshimar Yotun setelah menjebol gawang Chile di semifinal Copa America 2019. (Raul ARBOLEDA / AFP)

Bolatimes.com - Timnas Peru secara mengejutkan berhasil lolos ke partai final Copa America 2019 setelah membantai Chile dengan skor 3-0. Di final, Peru akan menghadapi tuan rumah Brasil.

Pada laga di Gremio Arena, Porto Alegre, Kamis (4/7/2019) pagi WIB, Peru sudah unggul 2-0 di babak pertama lewat gol Edison Flores dan Yoshimar Yotun. Satu gol lagi dicetak oleh Jose Paolo Guerrero di babak kedua.

Sementara peluang Chile lewat tendangan penalti lewat Eduardo Vargas  gagal membuahkan hasil di penghujung pertandingan , Peru pun lolos ke final dengan kemenangan 3--0.

Baca Juga: Pecundangi Swedia, Belanda Tantang AS di Final Piala Dunia Wanita

Di laga puncak, Peru akan menghadapi Brasil pada Senin (8/7/2019) dini hari WIB. Brasil melaju ke final setelah mengalahkan Argentina dengan skor 2-0.

Jalannya Pertandingan

Peru membuka ancamannya lewat sepakan kaki kanan Christian Cueva namun masih melenceng tipis di sisi kanan gawang Chile di menit ke-2. Sementara Chile balik mengancam namun tembakan Charles Aránguiz masih berada di sisi kiri gawang.

Baca Juga: Gabung Arsenal, Gabriel Martinelli Ingin Ikuti Jejak Seniornya

Sementara peru semakin menambah tekanannya namun usaha Edison Flores dan André Carrillo masih belum tepat sasaran. Pada menit ke-21, Peru akhirnya memimpin 1-0 lewat gol Flores hasil sepakan kaki kirinya menyambut umpan sundulan André Carrillo.

Peru masih melanjutkan tekanannya peluang Flores dari luar kotak penalti masih melenceng di kiri gawang. Pada menit ke-38, Peru sudah unggul 2-0 lewat sepakan kaki kiri Yoshimar Yotun dari luar kotak penalti.

Pemian Chile, Yoshimar Yotun (tengah), saat merayakan golnya usai membobola gawang Chile di semifinal Copa America 2019. (JUAN MABROMATA / AFP)
Pemian Chile, Yoshimar Yotun (tengah), saat merayakan golnya usai membobola gawang Chile di semifinal Copa America 2019. (JUAN MABROMATA / AFP)

Chile mencoba membalas. Namun usaha Charles Aránguiz masih terlalu tinggi do menit ke-43. Sementara tembakan kaki kanan José Pedro Fuenzalida masih dapat digagalkan oleh kiper Peru Pedro Gallese.

Baca Juga: Leicester City Siap Lepas Harry Maguire ke Manchester City, Syaratnya...

Chile masih mencoba melakukan tekanannya di sisa waktu babak pertama Namun hingga turun minum Peru masih mampu mempertahankan keunggulannya 2-0.

Di babak kedua, Chile langsung mengambil inisiatif serangan. Ancaman yang dilakukan oleh Alexis Sanchez lewat sepakan kaki kanannya masih dapat diblok di menit ke-47.

Tekanan masih terus dilakukan oleh Chile. Pada menit ke-51, sebuah peluang yang dimiliki Eduardo Vargas lewat sundulannya masih membentur mistar gawang setelah menyambut tendangan bebas Aranguiz.

Menit ke-59, sebuah serangan balik yang cepat dilakukan Peru lewat Yoshimar Yotún ke depan gawang namun sepakan masih melambung. Begitu juga dengan peluang Christian Cueva di menit ke-63 juga masih berada di atas gawang Chile.

Sementara Chile kembali mencoba mendominasi permainan, namun usaha Erick Pulgar dan Charles Aránguiz masih belum membuahkan hasil. Arturo Vidal juga dua kali mengancam gawang Peru tapi belum dapat mengubah kedudukan.

Chile masih terus menekan pertahanan Peru. Namun kiper Peru Pedro Gallese tampil cukup apik dalam pertandingan ini setelah menggagalkan tendangan Eduardo Vargas di menit ke-75 dan sundulan Erick Pulgar di menit ke-78.

Ancaman Arturo Vidal lewat sundulannya dan juga sepakan Alexis Sánchez juga dapat dapat diamankan Pedro Gallese. Meski mendapatkan tekanan namun Peru masih menambah satu gol lagi lewat Jose Paolo Guerrero menjelang akhir laga.

Setelah mendapatkan umpan dari terobosan Renato Tapia, Guerrero bergerak ke depan gawang melewati kiper Gabriel Arias sebelum menceploskan bola ke gawang. Skor pun menjadi 3-0 bagi keunggulan Peru.

Namun, Chile masih mendapatkan hadiah penalti di penghujung laga. Eduardo Vargas yang menjadi eksekutor gagal melakukan tugasnya dengan baik melakukan tugasnya.

Tidak lama kemudian, wasit pun meniupkan peluit panjang dan Peru menang 3-0 guna memastikan lolos ke final Copa America 2019 dan akan menghadapi tuan rumah Brasil.

Selebrasi para pemain Peru setelah memastikan diri lolos ke final Copa America 2019. (RAUL ARBOLEDA / AFP)
Selebrasi para pemain Peru setelah memastikan diri lolos ke final Copa America 2019. (RAUL ARBOLEDA / AFP)

Susunan pemain utama Cile vs Peru:

Cile (4-3-3): Gabriel Arias, Jean Beausejour, Mauricio Isla, Guiermo Maripan, Gary Medel, Charles Aranguiz, Erick Pulgar, Arturo Vidal, Alexis Sanchez, Eduardo Vargas, Jose Fuenzalida

Pelatih: Reinaldo Rueda

Peru (4-2-3-1): Pedro Gallese, Miguel Trauco, Luis Abram, Carlos Zambrano, Luis Advincula, Yoshimar Yotun, Renato Tapia, Edison Flores, Christian Cueva, Andre Carrillo, Jose Paolo Guerrero

Pelatih: Ricardo Gareca

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB

Adapun jadwal siaran langsung Yordania vs Qatar akan dimulai pukul 22.00 WIB. Pertandingan ini dapat disaksikan melalui stasiun televisi RCTI.

boladunia | 10:57 WIB
Tampilkan lebih banyak