Prakiraan Brasil vs Argentina di Semifinal Copa America 2019

Brasil selaku tuan rumah punya bekal apik jelang hadapi Argentina.

Galih Priatmojo | BolaTimes.com
Selasa, 02 Juli 2019 | 21:00 WIB
Timnas Brasil kenakan jersey putih untuk kali pertama di ajang kompetitif sejak 70 tahun silam. Mereka pun sukses menundukkan Bolivia di laga pembuka Copa America 2019 dengan skor 3-0, Sabtu (15/6/2019). [NELSON ALMEIDA / AFP]

Timnas Brasil kenakan jersey putih untuk kali pertama di ajang kompetitif sejak 70 tahun silam. Mereka pun sukses menundukkan Bolivia di laga pembuka Copa America 2019 dengan skor 3-0, Sabtu (15/6/2019). [NELSON ALMEIDA / AFP]

Bolatimes.com - Brasil akan menghadapi rival abadinya, Argentina di babak semifinal Copa America 2019.

Partai klasik Brasil vs Argentina yang kerap disebut 'South American El Clasico' ini akan digelar di Estadio Governador Magalhaes, Belo Horizante, Rabu (3/7/2019) pagi pukul 07.30 WIB.

Brasil sendiri tentunya pantas untuk lebih diunggulkan lolos ke final. Seleccao --julukan Timnas Brasil-- tengah dalam momentum yang bagus.

Baca Juga: Bintang AC Milan Ini Viralkan Bocah Misterius Asal Indonesia

Brasil belum terkalahkan sepanjang turnamen, yakni pada tiga laga di babak fase grup serta satu laga di perempatfinal, bahkan belum kemasukan gol sama sekali!

Dua pemain andalan Timnas Brasil di Copa America 2019, Philippe Coutinho (kanan) dan Roberto Firmino. [Nelson ALMEIDA / AFP]
Dua pemain andalan Timnas Brasil di Copa America 2019, Philippe Coutinho (kanan) dan Roberto Firmino. [Nelson ALMEIDA / AFP]

Sementara di sisi lain, Argentina tampil kurang meyakinkan. Namun demikian, grafik penampilan tim berjuluk La Albiceleste terus meningkat seiring dengan berjalannya turnamen.

Usai menelan kekalahan dan meraih hasil imbang di dua laga awal babak fase grup, Lionel Messi dan kawan-kawan mampu menekuk tim undangan turnamen, Qatar, dengan skor 2-0 dan lolos ke perempatfinal sebagai runner-up Grup B.

Baca Juga: Manchester United Selangkah Lagi Dapatkan Pemain Portugal Ini

Di babak delapan besar, Argentina kembali tampil meyakinkan dan menang atas Venezuela, juga dengan skor 2-0.

Kapten Argentina Lionel Messi (kiri) merayakan gol ke gawang Paraguay dari titik penalti bersama rekan setimnya Lautaro Martinez (tengah) dan Giovani Lo Celso di Copa America 2019. Douglas Magno / AFP
Kapten Timnas Argentina, Lionel Messi (ketiga dari kiri) merayakan gol ke gawang Paraguay bersama rekan setimnya, Lautaro Martinez (keempat dari kiri) dan Giovani Lo Celso (kelima dari kiri) di laga fase grup Copa America 2019. [Douglas Magno / AFP]

Yang menarik, Venezuela sendiri adalah tim yang gagal dikalahkan oleh Brasil di babak fase grup.

Philippe Coutinho dan kawan-kawan ditahan imbang tanpa gol, sebagaimana Venezuela merupakan satu-satunya tim yang gagal dikalahkan Brasil sejauh ini di Copa America 2019.

Baca Juga: Bakat Istimewa Tristan Gooijer, Pemain Ajax U-17 Keturunan Indonesia

Head-to-Head

Dua tim musuh bebuyutan ini belum pernah bertemu lagi secara direct di pentas Copa America semenjak final edisi 2007 silam, di mana Brasil menang 3-0.

Dani Alves kala itu masuk score sheet, dan yang menarik, fullback gaek itu masih ada di skuat Brasil untuk Copa America tahun ini.

Baca Juga: Disorot Media Asing, Tristan Alif Disebut Jadi 'Ancaman' Egy Maulana Vikri

Brasil sendiri tak terkalahkan dalam empat pertemuan terakhir mereka melawan Argentina di ajang Copa America. Terakhir kali Seleccao kalah dari Albiceleste adalah pada 1993 silam!

Kala itu Argentina menang adu penalti dan merengkuh titel juara Copa America 1993, yang sekaligus menjadi gelar terakhir Tim Tango --julukan Argentina lainnya-- pada pesta sepakbola negara-negara Amerika Latin tersebut.

Sebagai informasi, pertemuan paling gres kedua tim sendiri terjadi pada Oktober 2018 silam dalam sebuah laga uji coba internasional yang dihelat di Arab Saudi. Brasil menang 1-0 berkat gol Joao Miranda di injury time babak kedua.

Untuk kemenangan pamungkas Argentina di tanah Brasil sendiri sudah terjadi cukup lama, yakni pada 1998 silam!

Team News

Brasil sudah bisa diperkuat Richarlison, setelah attacker andalan Everton itu absen pada laga perempatfinal kontra Paraguay lalu lantaran cedera ringan.

Pelatih Brasil, Tite, menurunkan duo penyerang, Roberto Firmino dan Gabriel Jesus sejak menit awal pada laga kontra Paraguay.

Dan sang juru taktik kemungkinan besar akan melakukan hal yang sama di laga konta Argentina, dengan Everton Soares dan Philippe Coutinho akan menyokong dari second line.

Sementara itu, Filipe Luis mengalami masalah dan harus ditarik keluar saat half-time pada laga kontra Paraguay. Hal tersebut membuat sang fullback kiri diragukan bakal tampil di laga lawan Argentina.

Gelandang jangkar Fernandinho juga sepertinya masih bakal absen di laga semifinal ini. Gelandang Manchester City itu sendir isudah tidak bermain untuk Brasil sejak laga kedua babak penyisihan.

Dari kubu Argentina, semua pemain berada dalam kondisi siap tempur tanpa ada yang dibelit cedera.

Namun, pelatih Lionel Scaloni harus memutuskan apakah akan menjadikan bintang Real Betis, Giovani Lo Celso, sebagai starter setalah ia turun dari bench dan bikin gol di laga kontra Venezuela.

Striker Inter Milan, Lautaro Martinez, kemungkinan besar akan kembali tampil sejak menit awal, setelah mencetak gol untuk Argentina pada dua laga terakhir mereka di Copa America 2019.

Sementara itu, Messi akan diplot di belakang Lautaro dan bomber Manchester City, Sergio Aguero sebagai tandemnya di lini depan.

Bintang Juventus, Paulo Dybala and Angel di Maria (PSG) kemungkinan besar kembali bakal jadi nama besar yang urung masuk starting eleven Argentina.

Prakiraan Susunan Pemain

Brasil XI: Alisson; Alves, Marquinhos, Silva, Sandro; Arthur, Casemiro; Jesus, Coutinho, Everton; Firmino.

Argentina XI: Armani; Foyth, Pezzella, Otamendi, Tagliafico; De Paul, Paredes, Lo Celso; Messi; Aguero, Martinez.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak