Gagalkan Penalti, Alisson Becker Antar Brasil ke Semifinal Copa America

Brasil melenggang ke semifinal setelah kalahkan Paraguay lewat adu penalti dengan skor akhir 4-3.

Galih Priatmojo | BolaTimes.com
Jum'at, 28 Juni 2019 | 11:02 WIB
Kiper Brasil, Alisson Becker sukses gagalkan penalti pemain Paraguay, Gustavo Gomez saat melakoni laga perempat final Copa America 2019, Jumat (28/6/2019) pagi. [Jeferson Guareze / AFP]

Kiper Brasil, Alisson Becker sukses gagalkan penalti pemain Paraguay, Gustavo Gomez saat melakoni laga perempat final Copa America 2019, Jumat (28/6/2019) pagi. [Jeferson Guareze / AFP]

Bolatimes.com - Brasil melenggang ke semifinal Copa America 2019 dengan dramatis setelah harus melakoni babak adu penalti menghadapi Paraguay di babak perempat final. Alisson Becker jadi pahlawan setelah mampu menggagalkan salah satu eksekutor penalti dari pemain Paraguay.

Laga perempatfinal antara Brasil vs Paraguay digelar di Arena do Gremio, Porto Alegre, Jumat (28/6/2019) pagi WIB.

Berstatus tim tuan rumah turnamen serta lebih diunggulkan untuk melaju ke perempatfinal, Brasil nyatanya kesulitan meladeni perlawanan Paraguay, yang sejatinya tampil cukup buruk di babak fase grup lalu.

Baca Juga: Rivaldo: Neymar, Minta Maaflah ke Penggemar Barca

Brasil tak mampu menembus pertahanan Paraguay di 90 menit waktu normal. Skor 0-0 menutup laga 2 x 45 menit. Tanpa babak extra-time, laga pun dilanjutkan dengan adu penalti.

Di babak tos-tosan ini, Brasil pun sempat dibuat ketar-ketir. Butuh sampai penendang kelima, Brasil akhirnya menang dengan skor tipis 4-3 di babak adu penalti ini.

Jalannya Pertandingan

Baca Juga: Tumbangkan Persebaya, Madura United Melenggang ke Semifinal Piala Indonesia

Di awal laga, Paraguay tanpa diduga langsung bermain ofensif. Laga belum genap semenit, Derlis Gonzalez melepas sebuah tembakan. Sayang, usahanya tersebut masih menyamping di sisi kiri gawang Brasil kawalan kiper Alisson Becker.

Tak berselang lama, giliran Brasil menebar ancaman. Roberto Firmino dan Everton Soares melepas tembakan, namun sepakan keduanya masih bisa diredam kiper Paraguay, Roberto Fernandez.

Setelah kedua tim saling jual-beli serangan, peluang minim tercipta meski Brasil menguasai betul ball possession.

Baca Juga: Bukannya Sedih, Toni Kroos Ungkap Kebahagian Real Madrid usai Jual Ronaldo

Peluang mencetak gol baru kembali tercipta pada menit 28. Paraguay mengancam, namun percobaan Derlis dari jarak dekat masih berhasil ditepis Alisson.

Menit 39, sepakan bintang Brasil, Philippe Coutinho, juga dari jarak dekat, mampu ditepis kiper Fernandez. Babak pertama sendiri akhirnya rampung dengan skor 0-0.

Memasuki paruh kedua, Brasil langsung mengambil inisiatif penyerangan. Tembakan Coutinho di menit 49 kembali masih bisa diamankan kiper Fernandez.

Baca Juga: Jadi Fans Berat, Matthijs de Ligt Akui Masih Simpan Jersey Ronaldo-nya MU

Paraguay sendiri harus bermain dengan 10 orang sejak menit 58. Ini setelah Fabian Balbuena diganjar kartu merah direct, pasca menjegal Firmino di kotak terlarang.

Sempat menghadiahi penalti bagi Brasil, wasit Roberto Tobar berubah pikiran setelah meninjau lewat VAR. Sang pengadil akhirnya hanya memberikan tendangan bebas bagi Brasil, sedikit di luar kotak penalti Paraguay.

Peluang ini sendiri gagal dimaksimalkan Brasil. Tendangan bebas Dani Alves masih mampu dibelokkan barisan pertahanan Paraguay.

Kalah jumlah pemain memaksa Paraguay untuk tampil ultra-defensif. Situasi itu membuat Brasil kesulitan masuk ke kotak penalti lawan di sisa waktu babak kedua.

Brasil sendiri menyia-nyiakan peluang emas pada menit 74. Crossing Everton Soares gagal disundul dengan sempurna oleh Coutinho.

Bola jatuh ke kaki Gabriel Jesus, yang langsung melepaskan tembakan dari jarak sangat dekat. Bola tembakan Jesus justru mengarah ke samping gawang.

Brasil kembali mendapat kans emas untuk bikin gol pada menit 88. Sayang, sundulan Alex Sandro berhasil ditepis secara brilian oleh Fernandez.

Tak berselang lama, sepakan kaki kiri Willian Borges masih membentur tiang gawang!

Well, tak ada gol yang tercipta sampai wasit meniup peluit panjang. Pemenang pun harus ditentukan lewat adu penalti, tanpa babak perpanjangan waktu 2 x 15 menit.

Paraguay memulai babak tos-tosan dengan buruk. Sepakan Gustavo Gomez berhasil digagalkan Alisson. Sementara itu, Willian membawa Brasil unggul 1-0 setelah tembakannya gagal dibaca oleh Fernandez.

Miguel Almiron berhasil membawa Paraguay menyamakan kedudukan jadi 1-1. Namun, Marquinhos membawa Brasil kembali unggul 2-1.

Bruno Valdez membuat Paraguay menyamakan skor menjadi 2-2, namun Coutinho membawa Brasil kembali unggul 3-2.

Paraguay kembali menyamakan skor menjadi 3-3. Menjadi kian seru dan menegangkan, lantaran penendang keempat Brasil, Roberto Firmino gagal menunaikan tugasnya.

Sayang, memasuki penendang kelima, Derlis Gonzalez membuat Paraguay down karena penaltinya gagal.

Gabriel Jesus yang maju sebagai eksekutor terakhir pun menjadi pahlawan untuk Brasil. Jesus melesakkan gol dan mengantarkan Brasil ke empat besar Copa America 2019 setelah menang dengan skor 4-3 di babak adu penalti ini.

Susunan Pemain

Brasil XI: Alisson, Dani Alves, Marquinhos, Thiago Silva, Filipe Luis, Arthur, Allan, Everton, Coutinho; Jesus, Firmino.

Pelatih: Tite (Brasil)

Paraguay XI: Fernandez, Piris, Gomez, Balbuena, Alonso, Arzamendia, Ortiz, Almiron, Sanchez, Perez, Gonzalez.

Pelatih: Eduardo Berizzo (Argentina) 

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak