Boladunia

Hebat, Kakek Ini Pecahkan Rekor Sebagai Pesepak Bola Tertua di Dunia

Hayik, yang kini berusia 73 tahun, berhasil memecahkan rekor dunia yang dicatat oleh Guinness World Record.

Rauhanda Riyantama

Isaak Hayik (tengah) berpose dengan kenang-kenangan Guinness World Record setelah secara resmi menjadi pesepakbola tertua di dunia. (Reuters)
Isaak Hayik (tengah) berpose dengan kenang-kenangan Guinness World Record setelah secara resmi menjadi pesepakbola tertua di dunia. (Reuters)

Bolatimes.com - Tampil dengan rambut putih khas orang tua, Isaak Hayik membukukan namanya sebagai pemain tertua dalam sejarah pertandingan sepak bola profesional. 

Hayik, yang kini berusia 73 tahun, berhasil memecahkan rekor dunia yang dicatat oleh Guinness World Record setelah bermain sebagai kiper bersama klub Israel, Ironi Or Yehuda

Kakek kelahiran Irak itu bahkan sempat malakukan beberapa penyelamatan sebelum timnya kalah 5-1 atas Maccabi Ramat Gan dalam pertandingan kasta keempat Liga Israel.

''Saya siap untuk pertandingan lainnya. Ini bukan hanya sumber kebanggaan bagi saya tapi juga Israel secara umum dalam olahraga,'' ungkap Isaak Hayik, seperti dikutip dari Reuters.

Rekor pemain profesional tertua di dunia sebelumnya dipegang oleh Robert Carmona asal Uruguay pada 2015. Kala itu, Carmona memainkan laga bersama Pan de Azucar saat berusia 53 tahun menurut data dari Guinness World Record.

Sedangkan di Asia ada nama pemain asal Jepang, Kazuyoshi Miura yang juga masih bermain di usia senja. Tercatat Miura sudah berusia 52 tahun.

Yang menjadi perbedaan, King Kazu, demikian julukannya, berposisi sebagai penyerang dan baru memperpanjang kontrak bersama Yokohama FC di kasta kedua Liga Jepang. Tahun ini, Kazuyoshi Miura telah menjalani musim ke-34 selama berkiprah sebagai pesepak bola profesional.

Berita Terkait

Berita Terkini