Boladunia

Ini Penyebab di Balik Drama Gol Ajax yang Dianulir Wasit Gara-gara VAR

Gol yang diciptakan Nicolas Tagliafico pada babak pertama harus dianulir wasit gara-gara VAR (Video Assistant Referee).

Rauhanda Riyantama

Gol dari Nicolas Tagliafico yang dianulir wasit. (Twitter/@Squawka)
Gol dari Nicolas Tagliafico yang dianulir wasit. (Twitter/@Squawka)

Bolatimes.com - Ajax Amsterdam harus menyerah di tangan tim tamu Real Madrid dengan skor 1-2 pada laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Johan Cruyff Arena, Kamis (14/2/2019) dini hari WIB. Dua gol Los Blancos diciptakan oleh Karim Benzema (60') dan Marco Asensio (87'), sementara gol balasan datang dari Hakim Ziyech pada menit ke-75.

Namun, kemenangan Real Madrid tersebut sempat diwarnai dengan sejumlah drama. Salah satunya kala gol yang diciptakan Nicolas Tagliafico pada babak pertama harus dianulir wasit gara-gara VAR (Video Assistant Referee).

Ajax sejatinya bisa unggul lebih dulu pada menit ke-38. Kemelut di depan gawang Thibaut Courtois hasil dari sepakan pojok berhasil diselesaikan oleh sundulan terarah Nicolas Tagliafico.

Sempat melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya, gol yang dilesakkan oleh bek asal Argentina itu harus dianulir. Sang juru adil memastikan keputusannya lewat tayangan ulang dengan menggunakan VAR.

Alhasil, wasit bernama Dami Skomia memutuskan menganulir gol tersebut. Pemain Ajax, Dusan Tadic dinilai lebih dulu terperangkap offside dan posisinya menghalangi pergerakan kiper.

Akun resmi Liga Champions pun mengonfirmasi keputusan wasit yang dinilai kontroversial tersebut. Bahwa Dusan Tadic memang betul dalam posisi offside saat bola disundul oleh Nicolas Tagliafico, dan terbukti melakukan kontak fisik dengan Thibaut Courtois sehingga dinilai sebagai tindakan yang menganggu pandangan kiper terhadap bola.

Sebagaimana diketahui, teknologi VAR memang baru akan diterapkan sepenuhnya pada Liga Champions musim 2019-2020. Namun penggunaan lebih dulu diperkenalkan pada babak knockout musim 2018-2019. 

Berita Terkait

Berita Terkini