Boladunia

Kiper Legendaris Inggris yang Gagalkan Sundulan Pele Berpulang

Mantan kiper legendaris Timnas Inggris, Gordon Banks dikabarkan telah meninggal dunia di usia 81 tahun.

Galih Priatmojo | Andiarsa Nata

Kiper legendaris Timnas Inggris, Gordon Banks (Oli Scarff/AFP)
Kiper legendaris Timnas Inggris, Gordon Banks (Oli Scarff/AFP)

Bolatimes.com - Mantan kiper legendaris Timnas Inggris, Gordon Banks dikabarkan telah meninggal dunia di usia 81 tahun. Banks merupakan kiper yang berhasil membawa Timnas Inggris menjuarai Piala Dunia 1996.

"Dengan sangat sedih kami mengumumkan bahwa Gordon meninggal dengan damai semalam. Kami hancur kehilangannya, tetapi kami memiliki begitu banyak kenangan indah dan sangat bangga padanya," kata keluarga Gordon Banks dikutip dari BBC.

Gordon Bansk tercatat telah tampil sebanyak 73 kali bersama Timnas Inggris. Trofi Piala Dunia yang dipersembahkan Banks pada tahun 1996 itu merupakan persembahan luar biasa yang diraihnya untuk negaranya.

Hingga sampai saat ini, trofi paling bergengsi di dunia itu pun menjadi satu-satunya trofi Piala Dunia yang berhasil diraih Timnas Inggris

Melansir dari The Guardian, Banks juga memenangkan trofi Piala Liga saat membela Stoke City dan Leicester City, Akan tetapi, karier Banks harus berakhir secara tiba-tiba pada tahun 1972 karena sebuah kecelakaan yang membuatnya tidak bisa melihat.

Kehebatan seorang Banks bukan hanya itu, Ia juga dikenal sebagai salah satu kiper terbaik di dunia pada eranya bersama dengan Lev Yashin dan Dino Zoff.

Selain itu, Banks juga terkenal karena pernah membuat penyelamatan gemilang di Mexico pada Piala Dunia 1970. Saat itu Banks berhasil menyelamatkan gawang Timnas Inggris dari sundulan legenda sepak bola Brasil, yakni Pele.

Pada saat itu, Gordon Banks pernah bercertia bahwa Pele dan dirnya mengira sundulan itu akan berbuah gol.

“Ketika saya berdiri, Pele mendatangi saya dan menepuk punggung saya, 'Saya pikir itu goal' kata Pele. Kamu dan aku, kita berdua jawabku," kenang Gordon Banks saat itu dikutip dari The Guardian.

Berikut video penyelamatan Gordon Banks saat menggagalkan sundulan Pele:

Berita Terkait

Berita Terkini