Boladunia

Komentar Pelatih Thailand usai Lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia 2019

Thailand akhirnya lolos dari fase grup Piala Asia.

Rauhanda Riyantama | Irwan Febri Rialdi

Pelatih sementara Timnas Thailand, Sirisak Yodyardthai. (Dok. FAT).
Pelatih sementara Timnas Thailand, Sirisak Yodyardthai. (Dok. FAT).

Bolatimes.com - Timnas Thailand sukses melangkah ke babak 16 besar Piala Asia 2019 dengan menyandang status runner-up grup. Sebuah prestasi yang membanggakan mengingat mereka telah gagal selama 42 tahun.

Keberhasilan ini pun diraih dengan jalan yang terjal. Thailand sempat dibantai 1-4 oleh India pada laga perdana Grup C Piala Asia 2019. Kondisi itu sempat membuat mental pasukan Gajah Perang anjlok. Hasil itu juga membuat pelatih Milovan Rajevac langsung dipecat oleh FA Thailand.

Namun, Teerasil Dangda dan kolega mampu mengalahkan Bahrain dengan skor 1-0 pada laga kedua. Kemenangan itu membuat peluang Thailand kembali hidup.

Puncaknya adalah ketika Thailand berhasil menahan imbang tuan rumah Uni Emirat Arab (UEA) dengan skor 1-1. Hasil itu membuat mereka mengantongi empat poin dan unggul head to head dari Bahrain. Alhasil, Thailand akhirnya lolos ke babak 16 besar.

Keberhasilan nelaju ke babak 16 besar tentu saja disambut bahagia oleh asisten pelatih Sirisak Yodyardthai. Ia yang menggantikan peran Milovan Rajevac bangga anak asuhnya mampu menciptakan sejarah.

"Sebelum pertandingan kami sangat khawatir. Pertandingan lainnya justru membuat kami harus menang di laga ini. Saya meminta anak-anak tidak usah memikirkan hal itu dan berkonsentrasi penuh untuk pertandingan yang kami jalani," kata Sirisak Yodyardthai di laman resmi FA Thailand, Selasa (15/1/2019).

"Saya sangat bahagia di akhir pertandingan. Walau kami bermain cukup buruk, semua pemain menunjukkan keinginan untuk mencatat sejarah untuk Timnas Thailand," tuturnya menambahkan.

Thailand memang belum memiliki banyak prestasi di gelaran Piala Asia. Mereka sebenarnya sempat meraih tempat ketiga pada edisi 1972. Namun setelah itu, mereka tak lagi perkasa, termasuk ketika menjadi tuan rumah pada Piala Asia 2007.

Di babak 16 besar nanti, Thailand kemungkinan besar bertemu antara Korea Selatan atau China yang akan baru akan saling beradu pada Rabu (16/01/2019) malam WIB.

Berita Terkait

Berita Terkini