Boladunia

Alasan Klub Juara 3 Kali Liga Champions Asia Datangkan Striker Persebaya

David da Silva ternyata sudah dipantau sejak November lalu.

Galih Priatmojo | Irwan Febri Rialdi

Striker baru Pohang Steelers, David da Silva. (Dok. Yonhap).
Striker baru Pohang Steelers, David da Silva. (Dok. Yonhap).

Bolatimes.com - Eks striker Persebaya, David da Silva, telah merapat ke klub Korea Selatan setelah memutuskan pergi dari Indonesia. Dia telah resmi bergabung dengan Pohang Steelers yang berkompetisi di K-League 1.

Pohang Steelers secara resmi mengumumkan kedatanganan David da Silva melalu akun Instagram resminya pada Rabu (9/1/2019). Namun, tidak mengungkapkan rincian lebih lanjut dari kontraknya.

Transfer ini pun sedikit mengejutkan pecinta sepak bola Indonesia. Pasalnya, fenomena ketertarikan klub asal Korea Selatan terhadap pemain asal Liga 1 sangatlah jarang. Terlebih yang merekrut David da Dilva adalah Pohang Steelers, klub yang berstatus sebagai juara lima kali K-League dan tiga trofi Liga Champions Asia.

Namun, dilansir dari media Korea Selatan, Yonhap, awal ketertarikan Pohang Steelers terhadap David da Silva berawal dari saran mantan pelatih fisik klub, Irwing de Freitas.

Menurut pihak Pohang Steelers, Irwing memberikan rekomendasi langsung kepada pelatih Choi Soon-ho untuk merekrut David. Mendengar saran itu, Choi Soon-ho langsung terbang ke Indonesia pada November 2018 untuk menyaksikan langsung penampilan striker asal Brasil tersebut.

David da Silva memang tampil gemilang bersama Persebaya Surabaya di Liga 1 musim 2018. Selama satu musim, ia mampu mengemas 20 gol dari 23 pertandingan. Pemain kelahiran Sao Paulo, Brasil, itu hanya kalah satu gol dengan sang peraih gelar top scorer milik PS Tira, Aleksandar Rakic.

Dengan kedatangan David da Silva, kini komposisi formasi pemain asing Pohang Steleers telah komplit. Sebelumnya, klub tersebut sudah memiliki tiga pemain asing. Dua di antaranya, duo Brasil, Jucimar 'Alemao' Texeira dan Leo Gamalho, sementara slot pemain AFC diisi bek asal Australia, Connor Chapman.

Berita Terkait

Berita Terkini