Boladunia

Singkirkan Afrika Selatan, Mesir Tuan Rumah Piala Afrika 2019

Mesir mengalahkan Afrika Selatan sebagai kandidat lainnya.

Rauhanda Riyantama

Mohamed Salah bersama skuad Timnas Mesir di Piala Dunia 2018. (AFP)
Mohamed Salah bersama skuad Timnas Mesir di Piala Dunia 2018. (AFP)

Bolatimes.com - Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) resmi memilih Mesir sebagai tuan rumah Piala Afrika 2019. Keputusan ini diambil setelah komite eksekutif CAF mengadakan pemungutan suara di Dakar, Senegal pada Selasa (8/1/2019).

Dalam pemungutan suara itu, Mesir mengalahkan Afrika Selatan sebagai kandidat lainnya. Mesir mengantongi 16 suara, sedangkan Afrika Selatan hanya mendapat satu suara.

Sedianya, Piala Afrika 2019 akan digelar di Kamerun. Namun karena persiapan mereka dinilai lambat, maka hak Kamerun sebagai tuan rumah pun dicabut.

Dengan keputusan ini, Mesir akan menjadi tuan rumah Piala Afrika untuk keempat kalinya. Terakhir kali pada 2006, kala itu Mesir berhasil keluar sebagai juara setelah mengalahkan Pantai Gading lewat drama adu penalti.

Kini, Mesir hanya menyisakan waktu enam bulan untuk mempersiapkan pertandingan Piala Afrika yang akan diikuti oleh 24 tim. Rencananya akan dimulai pada Juni nanti.

''Jaminan pemerintah membantu kami mengalahkan Afrika Selatan dan menyajikan turnamen yang bagus. Fans akan kembali ke stadion yang akan selalu penuh di sepanjang turnamen, saja janjikan itu,'' ungkap Hany Abu Rida, presiden federasi sepak bola Mesir (EFA), seperti dilansir BBC.

Mesir akan menggunakan delapan stadion untuk menggelar Piala Afrika 2019. Kedelapan stadion itu terletak di lima kota, yakni Alexandria, Ismailia, Suez, dan Kairo.

Berita Terkait

Berita Terkini