Boladunia

Dortmund: Ini Bisnis Bos!

Pusaran bisnis seperti ini bukan pertama kalinya bagi Die Borussen.

Rauhanda Riyantama

Christian Pulisic saat berhadapan dengan Atletico Madrid di Liga Champions pada 6 November 2018 (Javier Soriano/AFP)
Christian Pulisic saat berhadapan dengan Atletico Madrid di Liga Champions pada 6 November 2018 (Javier Soriano/AFP)

Bolatimes.com - Berita kepindahan Christian Pulisic dari Borussia Dortmund ke Chelsea cukup mengejutkan banyak pihak. Pasalnya, winger 20 tahun berpaspor Amerika Serikat ini dibeli dengan harga fantastis, yakni 64 juta euro atau sekitar Rp 1.056 triliun.

Harga tersebut bisa dibilang cukup mahal bagi winger muda yang baru bersinar. Namun, pusaran bisnis seperti ini bukan pertama kalinya bagi Die Borussen.

Beberapa nama top seperti Ousmane Dembélé yang kini bermain bersama Barcelona, juga dijual Dortmund dengan harga selangit. Mulanya Dembele didatangkan dari Stade Rennais dengan harga 15 juta euro, dan dijual ke Barcelona dengan harga 115 juta euro.

Selain itu, ada nama Pierre-Emerick Aubameyang yang dijual Dortmund ke Arsenal dengan harga 63,75 juta euro. Padahal, ia didatangkan dari St. Ettiene hanya dengan harga 13 juta euro.

Berikutnya ada nama Henrikh Mkhitaryan yang dibeli dari Shakhtar Donetsk dengan harga 27,5 juta euro dan kemudian dijual ke Manchester United seharga 42 juta euro. Namun sayang, selama dua musim berseragam MU ia kurang bersinar sehingga berbuntut dijual.

Sebenarnya masih banyak nama lain yang berhasil dijual Dortmund, sehingga mendapatkan untung cukup banyak. Berikut nama-nama lain yang berhasil Bolatimes rangkum.

1. lkay Gündoan : dibeli dari Nurnberg 5,5 juta euro - dijual ke Manchester City 27 juta euro

2. Mats Hummels : dibeli dari Bayern Munchen 4,2 juta euro - dijual ke Bayern Munchen 35 juta euro

3. Shinji Kagawa : dibeli dari Cerezo Osaka 350 ribu euro - dijual ke Manchester United 22 juta euro

4. Mario Goetze : dijual ke Bayern Munchen 37 juta euro (menjadikannya pemain termahal kedua setelah Mesut Ozil saat itu).

Berita Terkait

Berita Terkini