5 Klub Asia Paling Populer Versi Media Asing, Ada Persib Bandung

Persib Bandung menjadi tim paling populer di Asia. Ada pula Persija Jakarta di urutan keempat.

Kamis, 25 Oktober 2018 | 15:30 WIB
Persib Bandung. (Antara Foto/Raisan Al Farisi).

Persib Bandung. (Antara Foto/Raisan Al Farisi).

Bolatimes.com - Mendukung tim kesayangan kini bisa kapan pun dan dimanapun berkat adanya media sosial. Keberadaan platform sosial media sejenis Twitter dan Facebook membuat para penggemar merasa lebih intim denga klub idola. Nah berikut klub yang paling populer di media sosial versi media ternama Asia.

Sejurus dengan pesatnya perkembangan teknologi dan makin banyaknya masyarakat yang melek soal gadged, tak dimungkiri turut memengaruhi tradisi dari klub-klub sepak bola dan juga para penggemarnya.

Fenomena ini ternyata menggelitik salah satu media ternama Asia, FOX Sport Asia. Media yang berbasis di Amerika Serikat ini pun membuat survei berdasarkan aktivitas para penggemar klub di media sosial.  Hasilnya, mereka menemukan lima tim di Asia yang paling populer di media sosial sehingga memiliki banyak pengikut.

Baca Juga: Egy: Jepang Bisa Dilawan, yang Tak Bisa Cuma Tuhan dan Orang Tua

Menariknya, dalam daftar tersebut ada dua tim asal Indonesia, yakni Persija Jakarta dan Persib Bandung. Berikut lima klub Asia paling populer di media sosial versi FOX Sports Asia.

5. Kerala Blasters (3,6 juta)

Kerala Blasters. (Sajjad Hussain/AFP).
Kerala Blasters. (Sajjad Hussain/AFP).

Datang dari nomor lima ada klub India Super League (ISL), Kerala Blasters. Seperti namanya, tim ini bermarkas di Kochi, Kerala, dan merupakan salah satu anggota pendiri ISL.

Baca Juga: Sadio Mane Kini Bekerja untuk Indonesia

Selama bertahuh-tahun, Kerala telah melihat beberapa aksi dari mantan bintang dunia mulai David James hingga Dimitar Berbetov telah menari-nari di Stadion Jawahar Lal Nehru.

Namun demikian, alasan paling dominan Kerala memiliki basis penggemar yang begitu besar yakni karena berada di wilayah dengan kegilaan sepak bola yang besar. Uniknya, tim ini belum pernah memenangkan gelar.

4. Persija Jakarta (4,2 juta)

Baca Juga: Witan Sulaeman: Semoga Saya Bisa Berkarier di Eropa

Pemain Persija Jakarta merayakan gol ke gawang Persib Bandung (liga-indonesia.id)
Pemain Persija Jakarta merayakan gol ke gawang Persib Bandung (liga-indonesia.id)

Persija Jakarta dengan nama awal VIJ Jakarta merupakan salah satu klub paling sukses di Indonesia. Mereka telah memenangkan gelar liga sebanyak 10 kali.

Meskipun gelar terakhir diraih pada 17 tahun silam pada 2001, Persija masih mempertahankan basis penggemar yang besar. Banyak dari para penggemar menemukan cara bagus untuk mendukung klub mereka melalui media sosial dan membuat Persija menjadi klub paling populer keempat di Asia.

3. Al-Ittihad (4,6 juta)

Baca Juga: Komentar Witan Sulaeman Jelang Lawan Jepang di Piala Asia U-19

Al-Ittihad. (Fayez Nureldine/AFP).
Al-Ittihad. (Fayez Nureldine/AFP).

Al-Ittihad dari Jeddah, Arab Saudi, berada di posisi ketiga klub paling sukses kedua dalam sejarah liga Arab Saudi. Skuat The People's club telah memenangkan trofi tidak kurang dari delapan kali dan beberapa gelar piala domestik.

Al-Ittihad juga telah berhasil menjuarai Liga Champions Asia sebanyak dua kali.

Selama bertahun-tahun, Ittihad telah mengumpulkan banyak pengikut, menampung mereka di stadion dengan kapasitas 60.000 orang. Mereka menjadi klub Arab Saudi paling populer kedua di media sosial dengan jumlah 4,6 juta.

2. Al-Hilal (11,3 juta)

Al-Hilal. (STR/AFP).
Al-Hilal. (STR/AFP).

Al-Hilal adalah klub paling populer di Arab Saudi. Mereka memenangkan rekor enam gelar Konfederasi Sepak Bola Asia, dua Liga Champions Asia, Piala Super, dan Piala Winners. Akibatnya, mereka terpilih sebagai klub Asia terbaik abad ke-20 oleh Federasi Internasional Sejarah & Seni Sepak Bola.

Dalam hal pengikut media sosial, Al Hilal hanya dapat membuat tempat kedua di Asia dengan besar 11,3 tuta. Penggemar itu sebagian besar berasal dari Twitter, sekitar 80 persen.

1. Persib Bandung (15,4 juta)

Skuat Persib Bandung saat melawan Mitra Kukar di Stadion Aji Imbut, Kutai Kartanegara (liga.indonesia.id)
Skuat Persib Bandung saat melawan Mitra Kukar di Stadion Aji Imbut, Kutai Kartanegara (liga.indonesia.id)

Klub paling populer di Asia adalah Persib Bandung. Klub Jawa Barat itu memiliki pengikut yang mengejutkan, yakni 15,4 juta dengan 9,7 juta pengikut berasal dari Facebook. Selanjutnya 3,2 Juta dan 2,5 juta lainnya, berasal dari Twitter.

Namun, pengikut Persib Bandung dari seluruh Indonesia sebenarnya hanya sekitar 5,3 hingga 5,5 juta. Sekitar 10 juta lainnya berasal dari luar negeri. Menurut FOX Sport Asia, investasi Persib Bandung dalam mendatangkan Michael Essien dan Carlton Cole membantu klub Indonesia mendapatkan kemasyhuran internasional.

Nah, itu tadi lima klub yang paling populer di media sosial versi media ternama Asia. 

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak