5 Pemain Prancis Juara Piala Dunia 1998, Kini Jadi Pelatih Dunia

Alumni timnas Prancis 1998, Thierry Henry jadi pelatih anyar AS Monaco.

Stephanus Aranditio | BolaTimes.com
Minggu, 14 Oktober 2018 | 17:00 WIB
Timnas Prancis, Thierry Henry, Zinedine Zidane, Didier Deschamps, Patrick Vieira, Laurent Blanc (1998) (AFP)

Timnas Prancis, Thierry Henry, Zinedine Zidane, Didier Deschamps, Patrick Vieira, Laurent Blanc (1998) (AFP)

Bolatimes.com - Masa kejayaan timnas Prancis pada Piala Dunia 1998 tak lepas dari para bintang yang mengisi skuat Les Blues kala itu, kini diantara mereka ada yang sukses menjadi pelatih hebat dan ada beberapa yang baru memulai petualangan di dunia kepelatihan.

Piala Dunia 1998 memang sepenuhnya jadi milik Prancis, mereka sukses berpesta di rumah sendiri, tak pernah terkalahkan di fase grup C hingga mengalahkan Brasil dengan skor telak 3-0 di partai final di Stadion Stade de France, Saint-Denis, 12 Juli 1998.

Dari skuat ini terlahir tangan-tangan dingin yang kini menjadi pelatih hebat di dunia, teranyar ada nama penyerang yang menyumbangkan tiga gol untuk Prancis di Piala Dunia 1998, Thierry Henry yang kini menjadi pelatih baru AS Monaco.

Baca Juga: Punya Kontrak Aneh, Messi Bisa Pergi dari Barcelona dengan Gratis

Berikut daftar mantan pemain timnas Prancis yang juara Piala Dunia 1998 yang menjadi pelatih hebat:

1. Thierry Henry

Pemain timnas Prancis, Thierry Henry mengontrol bola pada pertandingan semifinal Piala Dunia 1998 melawan Kroasia di Stadion Stade de France in Saint-Denis (8/7/1998) (AFP)
Pemain timnas Prancis, Thierry Henry mengontrol bola pada pertandingan semifinal Piala Dunia 1998 melawan Kroasia di Stadion Stade de France in Saint-Denis (8/7/1998) (AFP)

AS Monaco menjadi klub pertama Henry sebagai pelatih, mantan pemain Arsenal dan Barcelona itudiikat dengan kontrak tiga tahun hingga Juni 2021.

Baca Juga: Maradona Sebut Lionel Messi Bukan Sosok Seorang Pemimpin

Henry memang belum pernah menjabat sebagai pelatih kepala namun ia memiliki pengalaman sebagai asisten pelatih Belgia, Roberto Martinez sejak 2016, prestasi terbaiknya adalah mengantarkan Eden Hazard cs meraih peringkat ketiga Piala Dunia 2018.

2. Laurent Blanc 

Selebrasi Pemain Timnas Prancis, Laurent Blanc usai mencetak gol ke gawang Italia pada babak perempat final Piala Dunia 1998 (AFP)
Selebrasi Pemain Timnas Prancis, Laurent Blanc usai mencetak gol ke gawang Italia pada babak perempat final Piala Dunia 1998 (AFP)

Laurent Blanc yang sudah melakoni 98 caps bersama timnas Prancis era 90-an itu memulai debut sebagai pelatih pada 2007, FC Girondins Bordeaux jadi klub pertama yang ia tangani. Musim 2008/2009, Bordeaux berhasil meraih treble winner setelah memenangkan gelar Liga 1 Prancis, Piala Liga Prancis, dan Piala Super Prancis.

Baca Juga: Direktur Genoa Tegaskan Krzysztof Piatek Tidak Dijual

Atas raihan itu, Blanc yang pensiun sebagai pemain Manchester United pada 2003 kemudian diangkat menjadi pelatih timnas Prancis pada 2010. Namun kariernya bersama timnas Prancis tak terlalu mencolok, dari 27 pertandingan yang ia lalui, Prancis tidak memenangkan gelar apa pun.

Laurent Blanc kemudian direkrut oleh klub Ibu Kota, Paris Saint Germain pada 2013, gelontoran dana yang luar biasa dari pemilik klub untuk mendatangkan pemain bintang membuat Blanc bersama PSG mendominasi tanah Prancis. Namun, kegagalannya membawa PSG bersinar di tanah Eropa membuat Blanc dicoret dari kursi pelatih pada 2016, kini ia sedang menganggur tidak melatih klub mana pun.

3. Didier Deschamps

Baca Juga: Bantai Jerman, Belanda Makin Percaya Diri Menatap Masa Depan

Didier Deschamps meraih trofi Piala Dunia edisi 1998 (Daniel Garcia/AFP)
Didier Deschamps meraih trofi Piala Dunia edisi 1998 (Daniel Garcia/AFP)

Didier Deschamps bisa dibilang menjadi orang yang paling sukses diantara skuat juara Piala Dunia 1998 lain, ia menjadi orang ketiga yang sukses mengantar negaranya mengangkat trofi Piala Dunia saat berperan sebagai pemain dan pelatih.

20 tahun lalu Deschamps yang mengemban tugas sebagai kapten berhasil membawa Prancis menjuarai Piala Dunia edisi 1998, tahun 2018 ia kembali mengangkat piala emas 18 karat tersebut.

4. Patrick Vieira

Pemain Timnas Prancis, Patrick Vieira (kanan) mencoba menekel pemain timnas Denmark Michael Laudrup (kiri) pada babak penyisihan grup C Piala Dunia 1998 (AFP)
Pemain Timnas Prancis, Patrick Vieira (kanan) mencoba menekel pemain timnas Denmark Michael Laudrup (kiri) pada babak penyisihan grup C Piala Dunia 1998 (AFP)

Patrick Vieira memulai debut sebagai pemain timnas Prancis pada 1997, satu tahun kemudian ia mengangkat Piala Dunia 1998 di rumah sendiri.

15 tahun kemudian setelah melalui musim yang panjang bersama Arsenal ia memutuskan untuk memulai petualangan baru sebagai pelatih, Manchester City U-21 menjadi tim pertama yang ia tangani.

Dua musim mengabdi pada Manchester City, ia hijrah jauh ke Amerika pada 2016 melatih klub Major League Soccer, New York City, klub yang diperkuat oleh Andrea Pirlo, David Villa, dan Frank Lampard.

Dua tahun kemudian ia pulang ke Prancis melatih klub Liga 1 Prancis OGC Nice pada 2018 hingga 2021 nanti. Vieira bisa dibilang menjadi pelatih dari alumni Piala Dunia 1998 yang belum pernah merasakan gelar apa pun.

5. Zinedine Zidane

Pemain timnas Prancis, Zinedine Zidane mengontrol bola pada pertandingan semifinal Piala Dunia 1998 melawan Kroasia di Stadion Stade de France in Saint-Denis (8/7/1998) (AFP)
Pemain timnas Prancis, Zinedine Zidane mengontrol bola pada pertandingan semifinal Piala Dunia 1998 melawan Kroasia di Stadion Stade de France in Saint-Denis (8/7/1998) (AFP)

Zinedine Zidane tak butuh waktu lama untuk menjadi pelatih hebat dunia, ia mulai masuk dunia kepelatihan saat menjadi asisten pelatih Carlo Ancelotti di Real Madrid pada 2013.

Satu tahun kemudian ia dipercaya menjadi pelatih tim muda Real Madrid mengarungi Liga kasta ketiga Spanyol. Dipertengahan musim, tepatnya pada Januari 2016, ia ditunjuk mengantikan Carlo Ancelotti yang pindah ke Bayern Munchen.

Tiga tahun di Real Madrid, Zidane langsung tancap gas dengan pencapaian luar biasa mulai dari satu gelar juara La Liga, satu gelar Copa del Rey, dan yang luar biasa adalah tiga gelar juara Liga Champions secara beruntun pada 2016-2018.

Kini Zidane memutuskan untuk mundur dari kursi pelatih untuk mencari suasana baru, namun ia masih menganggur, Manchester United dan Bayern Munchen dikabarkan menjadi barisan terdepan yang mengincar tandatangan pelatih berusia 46 tahun itu.

Itulah 5 pemain skuat Juara Piala Dunia 1998 yang kini menjadi pelatih hebat.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak