Boladunia

Erick Thohir Jual Sahamnya di Inter Milan? Ini Fakta Sebenarnya

Erick Thohir disebut menjual sahamnya di Inter Milan, benarkah?

Galih Priatmojo

Presiden Inter Milan, Erick Thohir (@erickthohir/Instagram)
Presiden Inter Milan, Erick Thohir (@erickthohir/Instagram)

Bolatimes.com - Taipan asal Indonesia Erick Thohir disebut bakal menjual sahamnya di Inter Milan. Presiden Nerrazurri itu kabarnya akan menjual sahamnya kepada Suning Holding Group.

Dilansir dari Calciomercato pengusaha yang diketahui sebagai pemilik klub Persib Bandung itu rencananya akan menjual 31 persen sahamnya di Inter Milan kepada Suning Holdings Group. Nantinya, dana hasil penjualan itu akan dipakai Erick Thohir untuk membeli saham Oxford United.

Rencananya, proses penjualan saham Inter tersebut akan dilakukan pada Oktober 2018, dalam rapat umum pemegang saham. Selama rapat tersebut, para pemegang saham akan menyetujui saldo yang didapat hingga 30 Juni 2018.

Andai proses akuisisi ini berjalan dengan lancar, Suning Holdings Group akan menjadi pemilik saham mayoritas di Inter Milan. Saat ini, pembagian kepemilikan saham di Inter Milan adalah Suning Holdings Group sebesar 68,55 persen, sedangkan International Sports Capital yang dipimpin Erick Thohir memiliki 31,05 persen saham.

Dana hasil penjualan saham Inter Milan kabarnya akan dipergunakan Erick Thohir untuk membeli klub kasta ketiga turnamen di Inggris, Oxford United. Namun belakangan, mantan ketua INASGOC itu memutuskan untuk mundur dari pembelian saham mayoritas Oxford.

Dikutip dari Sky Sport Italia Erick Thohir mengurungkan rencana tersebut. Sebab, Oxford United saat ini berada di peringkat ke-23 klasemen sementara League One.

Erick Thohir sendiri sebelumnya telah melepas kepemilikan saham mayoritas di DC United usai mendatangkan Wayne Rooney. Salah satu klub besar di liga Ameria (MLS) itu kini sepenuhnya dimiliki rekan Thohir, Jason Levien. 

Selepas kepergian Thohir, Levien kini menggandeng Steve Kaplan sebagai pemegang saham mayoritas DC United. Kombinasi keduanya juga sukses mengakuisisi kepemilikan Swansea City pada 2016.

Sementara itu lepas dari DC United, Erick Thohir fokus untuk mengelola Inter Milan. Bersama Rosan Soeslani dan Handy Soetedio, Erick Thohir membeli 70 persen saham La Beneamata.

Namun di tahun 2016 Thohir melepas mayoritas saham Inter Milan kepada Suning Holdings Group pada 2016. Meski kini bukan sebagai pemegang saham mayoritas, Erick Thohir tetap menjabat sebagai Presiden Inter Milan.

Berita Terkait

Berita Terkini