5 Crazy Rich Asians yang Memiliki Klub Besar di Eropa

Inilah Crazy Rich Asians yang memiliki klub besar di Eropa.

Galih Priatmojo | Andiarsa Nata | BolaTimes.com
Rabu, 19 September 2018 | 11:48 WIB
Presiden PSG, Nasser Al-Khelaifi (Philippe Lopez/AFP)

Presiden PSG, Nasser Al-Khelaifi (Philippe Lopez/AFP)

Bolatimes.com - Film layar lebar terbaru yang berjudul Crazy Rich Asians berhasil mendulang kesuksesan dengan kisah romantis yang dibalut dengan bumbu komedinya. Serupa dengan kisah itu, di dunia sepakbola juga ada lho sosok Crazy Rich Asians yakni figur-figur asal Asia kaya raya yang memilki klub besar di Eropa.

Crazy Rich Asians mulai tayang pertama kali di Indonesia pada 15 Agustus 2018. Sejak saat itu film ini mendapat sambutan positif dari para penikmat film termasuk di Indonesia. Film adaptasi novel karya Kevin Kwan berjudul sama itu disutradarai oleh Jon M Chu.

Namun, Bolatimes tidak akan membahas tentang kisah romantis yang menceritakan dua sejoli beda kasta itu. Akan tetapi Bolatimes akan membahas orang serupa di kisah Crazy Rich Asians yang memiliki klub besar di Eropa.

Baca Juga: Roberto Firmino Cetak Gol, Mohamed Salah Justru Banting Botol

Siapa saja mereka? berikut ulasannya.

1. Inter Milan

Pemimpin dari Suning Holdings Grup, Zhang Jindong saat acara konferensi pers mengakuisisi Inter Milan pada Juni 2016 (STR/AFP)
Pemimpin dari Suning Holdings Grup, Zhang Jindong saat acara konferensi pers mengakuisisi Inter Milan pada Juni 2016 (STR/AFP)

Crazy Rich Asian pertama yang memiliki klub besar di Eropa adalah Zhang Jindong. Pemimpin dari Suning Holdings Grup ini secara resmi diumumkan Inter Milan pada Juni 2016. Pria asal Tingkok ini mengakuisisi Nerrazzuri dari tangan Erick Thohir yang menguasai Inter sejak Oktober 2013 lalu.

Baca Juga: Dua Kali Tuchel Kalah di Anfield Lewat Gol di Menit Akhir

Kini pengusaha asal Indonesia tersebut hanya menjadi pemegang salah minoritas aja. Meski begitu, Erick Thohir masih menjabat sebagai presiden klub hingga saat ini.

2. Paris Saint-Germain

Presiden PSG, Nasser Al-Khelaifi saat merekrut Neymar pada tahun 2017 (Lionel Bonaventure/AFP)
Presiden PSG, Nasser Al-Khelaifi saat merekrut Neymar pada tahun 2017 (Lionel Bonaventure/AFP)

Pimpinan dari Qatar Sport Investment (QSI), Nasser Al-Khelaifi awalnya diberi jatah 70 persen saham yang dilepas oleh pihak Colony Capital, pemilik PSG sebelumnya pada tahun 2011. Namun pada 2012, pihak QSI berhasil mengakuisisi seluruh saham dari PSG.

Baca Juga: Cetak Hat-trick, Ivan Rakitic Ketagihan Messi Bikin Gol Terus

Nasser juga dipercaya menjadi presiden klub hingga saat ini dan keberhasilan mantan petenis profesional ini terbukti dengan PSG mampu mendominasi Liga Prancis dalam beberapa tahun terakhir.

3. Manchester City

Pemilik klub Manchesetr City, Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan (Andrew Yates/AFP)
Pemilik klub Manchesetr City, Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan (Andrew Yates/AFP)

Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan adalah sosok di balik kebangkitan Manchester City. Pemilik Abu Dhabi United Group ini mengakuisisi klub pada musim 2008/09 lalu dengan nilai sebesar 210 juta poundsterling.

Baca Juga: Lewati Ronaldo, Lionel Messi Raja Hat-trick Liga Champions

Saat itu juga The Citizens berhasil memenangkan beberapa gelar dengan masuknya banyak pemain kelas dunia. Selain memiliki Manchester City, Sheikh Mansour juga memiliki klub di Amerika Serikat dan Australia, yakni New York City FC dan Melbourne City FC.

4. Leicester City

Pemilik klub Leicester City, Vichai Srivaddhanaprabha (Lindsey Parnaby/AFP)
Pemilik klub Leicester City, Vichai Srivaddhanaprabha (Lindsey Parnaby/AFP)

Perusahaan bernama King Power Grup yang dipimpin oleh Vichai Srivaddhanaprabha mengambil alih kepemilikan Leicester CIty pada tahun 2010.

Sejak saat itu pria asal Thailand tersebut langsung menjadi presiden klub. Kesuksesan The Foxes juga berawal dari kepemimpinan Vichai ketika berhasil menjuara Liga Primer pada 2015/16 dan lolos ke babak perempat final Liga Champions.

5. Atletico Madrid

Pemilik sebagian saham Atletico Madrid, Wang Jianlin (Wang Zhao/AFP)
Pemilik sebagian saham Atletico Madrid, Wang Jianlin (Wang Zhao/AFP)

Pemimpin Wanda Dalian Group, Wang Jianlin membeli saham sebesar 20 persen di Atletico Madrid. Meski hanya membeli 20 persen saja, langkah pria asal Tiongkok ini patut diacungi jempol. Pasalnya, investor asing asal Asia lainnya hanya mampu mengakuisisi klub papan tengah saja, sedangkan Atletico Madrid adalah klub besar Spanyol yang telah banyak memenangkan gelar bergengsi.

Selain memiliki saham 20 persen, Wanda Dalian juga membeli hak penamaan stadion baru Atletico yaitu Wanda Metropolitano dengan membayar hampir 10 juta poundsterling tiap tahunnya.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak