Boladunia

Terlibat Masalah, Jose Mourinho Dikenai Hukuman Penjara dan Denda

Manajer Manchester United, Jose Mourinho dikenai hukuman penjara dan denda, ada apa?

Galih Priatmojo

Reaksi Manajer MU Jose Mourinho usai timnya tersingkir dari Liga Champions [AFP]
Reaksi Manajer MU Jose Mourinho usai timnya tersingkir dari Liga Champions [AFP]

Bolatimes.com - Manajer yang baru saja membawa skuat Manchester United comeback di pekan keempat Liga Primer Inggris, Jose Mourinho divonis mengemplang pajak.

Dilansir dari El Mundo, pemerintah Spanyol baru saja mengetok palu dan menjatuhi hukuman penjara dan denda kepada Jose Mourinho karena terbukti telah mengemplang pajak.

Juru taktik asal Portugal itu dihukum penjara selama satu tahun dan denda sekitar 2 juta euro atau sekitar Rp 34 miliar.

Kasus yang menimpa Mourinho itu sebetulnya bermula pada 2011 ketika ia menangani Real Madrid. Mou disebut telah menyembunyikan pendapatan sekitar 3,3 juta euro yang didapat dari hak citra dirinya.

Oleh otoritas pajak Spanyol, kasus ini kemudian dibawa ke pengadilan pada 2017 lalu. Tudingan dari pihak jaksa penuntut sempat direspon oleh agen Mou, Gestifute Media.

kaka dab mourinho/twitter
Mourinho ketika melatih Real Madrid/twitter

Mereka merilis sertifikat kepatuhan dari otoritas pajak Spanyol selama Mou menukangi Madrid. Berdasar bukti itu, Mou mengklaim telah membayar pajak lebih dari 23 juta poundsterling dan tidak diberitahu tentang kasus baru terhadapnya.

''Mourinho yang tinggal di Spanyol dari Juni 2010 hingga Mei 2013 membayar pajak lebih dari 26 juta euro dan tingkat rata-rata lebih dari 41 persen. Dan menerima proposal regularisasi yang dibuat oleh otoritas pajak Spanyol pada 2015 mengenai tahun 2011 dan 2012 dan menandatangani perjanjian penyelesaian tentang pajak tahun 2013,'' jelas agen Mou.

''Pemerintah Spanyol pada gilirannya melalui departemen pajak mengeluarkan sertifikat yang membuktikan bahwa Mou telah mengatur posisinya dan mematuhi semua kewajiban pajaknya,'' tambahnya.

Tetapi tenang saja, Mou tak harus masuk bui kok. Sebab menurut peraturan hukum Spanyol, jika seseorang didakwa masuk penjara di bawah dua tahun untuk pelanggaran pertama, hukumannya bisa dijalani dengan masa percobaan.

 

Berita Terkait

Berita Terkini