Boladunia

5 Pemain Top Ini Putuskan Gantung Sepatu Seusai Piala Dunia 2018

Pascagelaran Piala Dunia 2018 sejumlah pemain top memutuskan gantung sepatu. Siapa saja mereka?

Galih Priatmojo

Mesut Ozil. (Sumber: Instagram/@m10_official).
Mesut Ozil. (Sumber: Instagram/@m10_official).

Bolatimes.com - Pentas Piala Dunia 2018 bisa dibilang tak hanya jadi panggung adu skill para pesepakbola, tetapi juga kuburan bagi beberapa pemain yang di antaranya masuk dalam kategori pemain top. Yap, pascagelaran terakbar sejagat itu, terhitung lebih dari lima pemain yang memutuskan untuk gantung sepatu alias mengubur karirnya bersama timnas.

Sebut saja nama Sergei Ignashevich. Salah satu penggawa tim tuan rumah Piala Dunia 2018 ini memutuskan pensiun seusai kegagalan Rusia meraih kampium paling bergengsi sedunia itu.

Ignashevich sendiri sebetulnya sudah memutuskan untuk purna di kancah internasional bersama Timnas Rusia pada Piala Dunia edisi 2014 silam. Tetapi keputusan itu diralat ketika salah satu penggawa Rusia Ruslan Kambolov cedera.

Pemain berusia 39 tahun ini sukses membawa skuat Rusia melaju hingga ke fase gugur. Sayang langkah mereka dihentikan Kroasia lewat adu penalti di babak perempat final. Seusai kegagalan itu, bek CSKA Moscow ini pun memutuskan gantung sepatu dari timnas.

Nah selain Ignashevich, berikut lima pemain top yang gantung sepatu seusai Piala Dunia 2018 lalu.

David Silva

Keputusan gelandang Manchester City ini terbilang cukup mengejutkan. Sebab, sebelumnya tak ada sinyal bahwa pemain yang melakoni debut bersama skuat matador sejak 2006 ini bakal gantung sepatu dari timnas.

David Silva Instagram.com/@david21lva
David Silva Instagram.com/@david21lva

 

"Ini tidak mudah, setelah semua yang saya alami untuk duduk dan menulis baris-baris ini. Ini adalah hari-hari dan pekan-pekan buat berefleksi dan menganalisa dalam membuat keputusan untuk mengakhiri era saya di Timnas Spanyol," tulisnya kepada fan yang diunggah di akun Twitternya beberapa waktu lalu.

Pemain yang kini menginjak usia 32 tahun telah melakoni 125 caps bersama La Furia Roja, termasuk penampilan terakhirnya ketika Timnas Spanyol tersingkir di babak 16 besar Piala Dunia 2018.

Sejak kali pertama berseragam Timnas Spanyol 12 tahun lalu, Silva telah mencetak 35 gol.

Gerard Pique

Sebelum Silva memutuskan gantung sepatu, rekannya Gerard Pique terlebih dahulu menyatakan pensiun dari Timnas Spanyol.

Pilar utama di barisan pertahanan skuat matador ini memutuskan untuk gantung sepatu dari timnas terutama mengingat usianya yang sudah memasuki kepala tiga. Ini jadi pertimbangan penting apalagi Piala Dunia berikutnya baru akan berlangsung empat tahun lagi.

Gerard Pique (@Squawka/Twitter)
Gerard Pique (@Squawka/Twitter)

 

Pique sendiri telah menikmati sukses bersama Timnas Spanyol. Ia telah mengantarkan Spanyol merengkuh trofi Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012.

Bersama La Furia Roja, suami dari penyanyi Shakira ini sudah melakoni 102 laga sejak berseragam timnas pada 2009 silam. Penggawa Barcelona ini pun berhasil menorehkan lima gol bersama Timnas Spanyol.

Andres Iniesta

Lagi-lagi dari Timnas Spanyol. Tak dimungkiri nama Andres Iniesta adalah salah satu kehilangan besar bagi skuat matador.

Kreator sekaligus nyawa Timnas Spanyol ini akhirnya mengumumkan gantung sepatu dari timnas seusai gelaran Piala Dunia 2018. Sebelumnya, pencetak gol kemenangan Spanyol yang berbuah kampium Piala Dunia 2010 ini sudah mengisyaratkan keputusannya itu setelah memutuskan hengkang dari Barcelona dan hijrah ke Liga Jepang.

Selebrasi Andres Iniesta setelah mencetak gol ke gawang Belanda pada final Piala Dunia 2010 (sumber: asia.eurosport.com)
Selebrasi Andres Iniesta setelah mencetak gol ke gawang Belanda pada final Piala Dunia 2010 (sumber: asia.eurosport.com)

 

Bersama skuat Spanyol, Iniesta telah mempersembahkan trofi Piala Dunia 2010, Piala Eropa 2008 dan 2012. Ia total telah bermain sebanyak 131 kali dan mengoleksi 13 gol.

Rafael Marquez

Pemain yang berusia 39 tahun ini akhirnya memutuskan gantung sepatu bersama Timnas Meksiko seusai gelaran Piala Dunia 2018.

Kapten Meksiko, Rafael Marquez (Sumber: FIFA)
Kapten Meksiko, Rafael Marquez (Sumber: FIFA)

 

Marquez mengikuti jejak Antonio Carbajal (Meksiko), Lothar Matthaus (Jerman) sebagai pemain yang pernah mencicipi lima edisi Piala Dunia.

Bersama skuat El Tri, Marquez sudah melakoni 146 pertandingan. Ia berhasil mengantarkan Meksiko meraih trofi Piala Konfederasi 1999 serta Piala Emas 2003 dan 2011.

Mesut Ozil

Nasib tragis yang dialami Timnas Jerman di ajang Piala Dunia 2018 mengakibatkan jatuhnya korban.

Ya, skuat Der Panzer dianggap kena kutukan Piala Dunia. Juara Piala Dunia edisi 2014 ini gagal total di turnamen paling bergengsi sejagat itu edisi 2018 lalu. Mereka bahkan takluk dari Korea Selatan di laga terakhir penyisihan grup.

Buntutnya, para penggawa Timnas Jerman mendapat kecaman dari publik mereka, termasuk Mesut Ozil.

Pemain timnas Jerman, Mesut Ozil (Sumber: Twitter)
Pemain timnas Jerman, Mesut Ozil (Sumber: Twitter)

 

Mendapat tekanan yang luar biasa itu, Ozil pun membuat keputusan mengejutkan dengan mundur alias gantung sepatu dari Timnas Jerman.

Salah satu bintang Arsenal ini mengaku sangat kecewa dengan Federasi Sepakbola Jerman (DBF) yang menyudutkannya setelah Timnas Jerman kalah. Pertemuan Ozil dengan Presiden Turki sebelum gelaran Piala Dunia dijadikan sebagai salah satu alasan yang membuat performanya buruk ketika membela Timnas Jerman di Piala Dunia 2018.

Ia pun menuliskan pernyataan mundur dari Timnas Jerman lewat akun Instagramnya. Meski sikapnya itu mendapat tanggapan pro kontra, Ozil tetap bergeming.

Bersama skuat Jerman, Ozil telah mencatatkan 92 penampilan dan mengemas 23 gol. Ia juga menjadi pemain kunci keberhasilan Jerman merebut kampium Piala Dunia 2014 di Brasil.

Berita Terkait

Berita Terkini