Boladunia

Fakta Terbaru Penggunaan VAR dalam Angka di Piala Dunia 2018

Hampir 500 kejadian yang diawasi oleh wasit VAR di ruangan rahasia selama Piala Dunia 2018.

Stephanus Aranditio

Wasit asal Argentina Nestor Pitana mendengarkan masukan dari wasit Video Assistant Refereeing (VAR) saat final Piala Dunia 2018 antara Prancis vs Kroasia di Luzhniki Stadium, Moscow (AFP)
Wasit asal Argentina Nestor Pitana mendengarkan masukan dari wasit Video Assistant Refereeing (VAR) saat final Piala Dunia 2018 antara Prancis vs Kroasia di Luzhniki Stadium, Moscow (AFP)

Bolatimes.com - Tak terasa satu bulan sudah Prancis dinobatkan sebagai juara dunia baru di Piala Dunia 2018 Rusia, 64 pertandingan sudah dilewati dari 32 negara-negara terbaik di seluruh dunia. Penggunaan teknologi Video Assistant Referree (VAR) jadi primadona di Piala Dunia edisi ke-21 ini.

Pro dan kontra banyak bermunculan terkait penggunaan teknologi VAR yang baru pertama kali di gunakan sepanjang sejarah Piala Dunia ini.

Pihak FIFA menilai VAR adalah sebuah kemajuan dalam olahraga sepak bola modern masa kini, tapi banyak juga yang menilai VAR sedikit mengganggu keindahan permainan si kulit bundar ini.

Salah satu kejadian yang paling kontroversial adalah saat pemain Maroco Nordin Amarbat mengeluarkan pernyataan kasar di depan kamera usai pertandingan melawan Portugal.

Berikut Bolatimes.com menampilkan beberapa fakta terbaru yang dilansir FIFA terkait penggunaan VAR di Piala Dunia 2018 dalam angka:

13 - Jumlah orang wasit VAR yang digunakan selama Piala Dunia 2018

445 - Jumlah insiden yang dilihat oleh VAR selama 64 pertandingan (7,1 cek per pertandingan)

 20 - Jumlah wasit VAR menyarankan wasit utama untuk melihat VAR (3,2 cek per pertandingan)

17 - Jumlah wasit utama menghentikan permainan untuk melihat VAR (17 perubahan keputusan):

  • 9 - Penalti yang tercipta setelah VAR
  • 3 - Penalti yang dibatalkan setelah VAR
  • 2 - Kartu merah yang keluar setelah VAR (Kartu kuning kedua)
  • 2 - Gol yang tercipta setelah VAR (tidak offside)
  • 1 - Kesalahan keputusan setelah VAR

3 - Jumlah keputusan wasit yang sudah benar tapi tetap melihat VAR:

  • 1 - Keputusan penalti
  • 2 - Keputusan tidak penalti

95,6 - Persen keputusan wasit salah tanpa VAR

99,35 - Persen keputusan benar setelah 17 kali wasit utama melihat VAR

Fakta lain membuktikan bahwa Piala Dunia 2018 memberikan penalti paling banyak sepanjang sejarah Piala Dunia. Di Rusia telah tercipta 29 penalti dimana sembilan diantaranya tercipta setelah wasit utama melihat VAR. Rekor sebelumnya adalah 18 penalti pada Piala Dunia 2002 Jepang & Korea Selatan.

Jumlah ini jauh lebih banyak dibandingkan dengan dua edisi sebelumnya yang tidak menembus angkar 20. Pada Piala Dunia 2014 Brasil total ada 13 penalti dan Piala Dunia 2010 Afrika Selatan tercipta 15 penalti.

Berita Terkait

Berita Terkini