Boladunia

Hukuman Kasus Doping Samir Nasri Diperpanjang 18 Bulan

Mantan pemain Manchester City, Samir Nasri mendapat perpanjangan hukuman atas kasus doping.

Stephanus Aranditio | Irwan Febri Rialdi

Samir Nasri saat berseragam Man City. (Dok. Manchester Evening News).
Samir Nasri saat berseragam Man City. (Dok. Manchester Evening News).

Bolatimes.com - Nasib sial menimpa eks gelandang Manchester City, Samir Nasri. Ia yang semula mendapat ganjaran hukuman skor selama enam bulan akibat kasus doping, diperpanjang menjadi 18 bulan.

Keputusan tersebut datang dari banding UEFA, di mana otoritas sepak bola Eropa itu menilai hukuman larangan enam bulan terlalu ringan.

Kasus doping Nasri bermula ketika dia mengambil perawatan ketika berlibur di Los Angeles, Amerika Serikat pada 2016. Namun, melakukan kesalahan dalam penggunaan air steril dengan kandungan mikronutrien.

Aturan Badan Antidoping Dunia (WADA), membatasi infusi sebanyak 50 ml per enam jam untuk atlet aktif. Sedangkan Nasri saat itu mendapatkan suntikan sebanyak 500 ml.

Samir Nasri
Samir Nasri

Atas kasus tersebut, UEFA resmi menjatuhi hukuman awal kepada mantan bintang Arsenal itu larangan selama enam bulan dari dunia sepak bola.

“Badan Kontrol, Etik, dan Disiplin (CEDB) UEFA telah memutuskan bahwa Samir Nasri bersalah dalam kasus yang berhubungan dengan penggunaan obat yang sebelumnya telah diatur oleh Badan Anti-Doping UEFA,” jelas UEFA beberapa waktu lalu.

“Nasri dinyatakan bersalah karena menggunakan metode terlarang sesuai dengan sub bagian M2, par. 2 soal penggunaan dosis yang telah ditentukan oleh WADA. Dengan demikian, Nasri dihukum larangan berkiprah di lapangan hijau selama enam bulan.”

“Keputusan ini diambil per 22 Februari 2018 dan Nasri diberi kesempatan untuk memberikan banding atas hukuman tersebut,” tegas UEFA dalam rilisnya.

Akan tetapi, seperti sudah menjadi nasib sial bagi Nasri. Bukannya mendapat keringanan hukuman setelah adanya banding, UEFA melalui Pengawas Etika dan Disiplin justru menetapkan tambahan 12 bulan hukuman.

Saat ini Nasri tak memiliki klub. Terakhir kali, ia bermain untuk klub Turki, Antalyaspor.

Berita Terkait

Berita Terkini