Boladunia

Piala Dunia 2018 Adalah Pesta Gol Bola Mati

42 persen gol dari 169 gol di Piala Dunia 2018 berasal dari situasi bola mati.

Stephanus Aranditio

Antoine Griezman penalti/Twitter
Antoine Griezman penalti/Twitter

Bolatimes.com - Piala Dunia 2018 telah usai, Prancis keluar sebagai juara dunia setelah mengalahkan Kroasia di partai final. Gol Mario Mandzukic menjadi gol penutup sekaligus gol ke 169 pada Piala Dunia edisi ke-21 kali ini.

FIFA mencatat, 42 persen atau 68 gol dari 169 gol tersebut berasal dari situasi bola mati. Catatan ini mengalahkan rekor sebelumnya yakni 62 gol bola mati pada Piala Dunia di Prancis tahun 1998.

68 gol bola mati tersebut dicetak oleh 15 negara dari 32 negara yang belaga di Piala Dunia 2018 Rusia. Situasi bola mati disini termasuk situasi tendangan sepak pojok dan umpan melalui tendangan bebas yang menjadi gol.

Lima dari 11 gol yang dicetak di perempat final, dan dua dari empat gol di semifinal, tercipta dari situasi bola mati.

Seorang anggota Kelompok Studi Teknis FIFA (TSG), Andy Roxburgh mengatakan set piece bola mati telah mendominasi Piala Dunia 2018. Ia pun membandingkan dengan Liga Champions musim lalu yang hanya menciptakan 45 gol dari bola mati.

Menurutnya, jumlah ini bisa terjadi karena ada peningkatan jumlah pelanggaran, fakta mengatakan 28 tendangan penalti tercipta di Piala Dunia 2018, 21 diantaranya sukses dikonversi menjadi gol.

Kiper Kroasia, Danijel Subasic harus memungut bola dari gawangnya usai dibobol Keiran Trippier.
Kiper Kroasia, Danijel Subasic harus memungut bola dari gawangnya usai dibobol Keiran Trippier.

Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate bahkan mengakui mengandalkan bola mati sebagai salah satu strategi skuat The Three Lion untuk mencapai semifinal. 

"Kami telah mengidentifikasi situasi bola mati sebagai kunci di turnamen ini," kata Gareth Southgate.

Bahkan gelandang Inggris, Ruben Loftus-Cheek mengakui lebih sering melatih strategi situasi bola mati saat pemusatan latihan di Rusia

"Kami menghabiskan banyak waktu di situasi bola mati, memperhatikan detail terkecil, melihat, berjalan dan siapa yang menghalangi siapa," kata Loftus-Cheek.

Terbukti, timnas Inggris mencetak sembilan gol dari situasi bola mati di Piala Dunia 2018, Inggris memecahkan rekor Portugal pada tahun 1966.

Berita Terkait

Berita Terkini