Tim Cahill Pensiun dari Timnas Australia usai Piala Dunia 2018

Tim Cahill resmi menjadi legenda Australia

Stephanus Aranditio | BolaTimes.com
Rabu, 18 Juli 2018 | 11:00 WIB
Tim Cahill (Sumber: Twitter)

Tim Cahill (Sumber: Twitter)

Bolatimes.com - Pencetak gol sepanjang masa timnas Australia, Tim Cahill memutuskan untuk pensiun dari tim nasional. Melalui akun twitternya ia menyampaikan Piala Dunia 2018 menjadi pertandingan terakhirnya berseragam Socceros.

"Hari ini adalah hari ketika saya secara resmi menggantung sepatu saya di karier internasional saya dengan Socceroos. Tidak ada kata-kata yang dapat menggambarkan apa yang dimaksudkan untuk mewakili negara saya. Terima kasih banyak kepada semua orang untuk dukungan selama bertahun-tahun memakai lencana Australia," kata Cahill.

Selama kariernya Cahill telah bermain sebanyak 107 penampilan berseragam Australia. Ia menjadi pemain kedua yang memiliki caps terbanyak di Australia setelah kiper Mark Schwarzer.

Baca Juga: Deretan Viral di Media Sosial Selama Piala Dunia 2018

Cahill pensiun dari timnas pada usia 38 tahun, ia memulai debut pada 30 Maret 2004 saat berusia 24 tahun. Kekalahan 0-2 Australia dari Peru di Piala Dunia 2018 Rusia jadi pertandingan terakhir pemain New York Red Bulls itu.

Kontribusi Cahill di timnas Australia tidak perlu diragukan lagi, ia sudah menyumbangkan 50 gol untuk Socceros, 50 gol itu menjadikannya pencetak gol sepanjang masa Australia.

Baca Juga: Cium Cincin di Tangan Pilar Rubio, Sergio Ramos Segera Menikah?

Kini ia akan menjadi legenda Australia dengan berbagai macam jejak yang ia tinggalkan. Dia selalu mencetak gol dalam tiga Piala Dunia berturut-turut (2006, 2010 dan 2014). 

Tim Cahill dan keluarga
Tim Cahill dan keluarga

Ketua Federasi Sepak bola Australia (FFA) Steven Lowy AM mengatakan Cahill adalah sosok yang berpengaruh dalam perkembangan tim nasional negeri kangguru tersebut.

“Tim Cahill adalah pemain sepak bola yang hebat di Australia. Sebagai pemain dan sebagai pribadi dia memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap permainan. Penampilan Tim di dalam dan di luar lapangan serta prestasinya di Piala Dunia dan Piala Asia telah menginspirasi jutaan orang di seluruh dunia, tetapi di Australia, di mana Tim adalah rumah, bahwa pengaruhnya sangat besar," tulis FFA melalui situs resminya.

Baca Juga: Real Madrid Sepakati Nilai Transfer Thibaut Courtois dari Chelsea

Setelah ini, mantan pemain Everton itu akan lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarganya sembari diajak FFA untuk bekerja sama membangun sepak bola Australia agar tetap berada di jalur yang benar.

Daftar prestasi Tim Cahill bersama Australia:

  • 107 Caps
  • Pemain Australia pertama yang mencetak gol di Piala Dunia
  • Pemain Australia pertama yang mencetak gol di Piala Asia
  • Selalu mencetak gol di tiga Piala Dunia (2006, 2010, 2014)
  • Pencetak gol terbanyak Australia di Piala Dunia (5 gol)
  • Top Skor timnas Australia sepanjang masa (50 gol)

Baca Juga: Pemain Chelsea Era 80-an Dukung Hazard ke Real Madrid

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak