Boladunia

10 Catatan Penting di Balik Laga Final Piala Dunia 2018

Salah satunya adalah gol adanya sejarah baru sejak perhelatan Piala Dunia 1930.

Stephanus Aranditio | Irwan Febri Rialdi

Prancis Juara Piala Dunia 2018/Instagram
Prancis Juara Piala Dunia 2018/Instagram

Bolatimes.com - Prancis berhasil menjadi juara Piala Dunia usai mengalahkan Kroasia pada partai final di Luzhniki Stadium, Minggu (15/7/2018). Di balik kesuksesan tersebut, beberapa catatan pun turut muncul.

Prancis sukses menghempaskan Kroasia dengan skor 4-2. Skor itu pun tercatat sebagai hasil terbesar yang pernah tercipta di dunia. Namun, itu bukanlah yang kali pertama.

Pada final Piala Dunia 1970 antara Brasil kontra Italia, laga itu berakhir 4-1 untuk kemenangan skuat Selecao.

Selain itu, pertandingan antara Prancis melawan Kroasia masih menyisakan berbagai catatan yang menarik. Melansir dari BBC, berikut Bolatimes.com menyajikan.

1. Deschamps adalah orang ketiga yang memenangkan Piala Dunia baik sebagai pemain dan manajer, setelah Mario Zagallo dari Brazil dan Franz Beckenbauer dari Jerman.

2. Prancis menjadi tim pertama yang mencetak empat gol dalam final Piala Dunia sejak Brasil mengalahkan Italia 4-1 pada tahun 1970.

3. Kroasia adalah tim pertama yang kalah dalam penampilan pertama mereka di final Piala Dunia sejak Belanda di edisi 1974.

4. Mandzukic adalah pemain pertama yang mencetak gol bunuh diri di final Piala Dunia.

5. Mbappe (19 tahun 207 hari) adalah pemain termuda kedua yang mencetak gol di final Piala Dunia, setelah Pele untuk Brasil pada tahun 1958 (17 tahun 249 hari).

Prancis Juara Piala Dunia 2018/Instagram
Prancis Juara Piala Dunia 2018/Instagram

6. Griezmann telah mencetak 10 gol dan menjadi pemain keempat yang  mencetak gol terbanyak untuk Prancis di turnamen besar. Ia masih di belakang Thierry Henry (12 gol), Just Fontaine (13 gol), dan  Michel Platini (14 gol).

7. Perisic telah terlibat langsung dalam 11 gol di turnamen besar (7 gol, 4 assist), lebih banyak dari pemain Kroasia lainnya.

8. Perisic menjadi pemain kedua yang mencetak gol, dan mengakui penalti di final Piala Dunia, setelah Marco Materazzi untuk Italia pada 2006.

9. Pogba menjadi pemain Manchester United pertama yang mencetak gol di final Piala Dunia, dan pemain Premier League pertama yang melakukannya sejak Emmanuel Petit pada 1998.

10. Gol Pogba untuk Perancis adalah gol pertama dari luar kotak di final Piala Dunia sejak Marco Tardelli untuk Italia vs Jerman pada 1982.

Berita Terkait

Berita Terkini