Boladunia

Lolos ke Final Piala Dunia, Kroasia Justru Kena Denda

Di balik sukacita keberhasilan Luca Modric dkk mencicipi laga final, asosiasi sepakbolakroasia(HNS) justru kena musibah.

Galih Priatmojo

Pemain Kroasia merayakan gol Ivan Perisic (@IndyFootball/Twitter)
Pemain Kroasia merayakan gol Ivan Perisic (@IndyFootball/Twitter)

Bolatimes.com - Kroasia untuk pertama kalinya berhasil melangkah ke partai puncak Piala Dunia setelah dengan luar biasa mampu menundukkan Inggris di babak semifinal Piala Dunia 2018. Namun di balik sukacita keberhasilan Luca Modric dkk mencicipi laga final,  asosiasi sepakbola kroasia (HNS) justru kena musibah.

Otoritas sepak bola Kroasia tersebut dijatuhi denda oleh FIFA sebesar 50.000 francs Swiss atau senilai Rp 716,6 juta pada Jumat (13/7/2018). 

FIFA menjatuhi denda kepada HNS karena sejumlah pemain Kroasia dianggap melanggar peraturan-peraturan pemasaran dan media badan sepak bola dunia itu terkait perlengkapan bermain.

"Denda sebesar 50.000 franc Swiss dan peringatan kepada Federasi Sepak Bola Kroasia karena melanggar Peraturan Media dan Pemasaran dan Peraturan Peralatan FIFA," isi pernyataan yang dirilis FIFA.

"Secara khusus dan meski sebelumnya telah diminta FIFA untuk menghentikan aktivitas yang memicu pelanggaran dan menerima sanksi pada 5 Juli 2018, seorang anggota tim nasional Kroasia menampilkan merek komersial tidak sah pada perlengkapan permainan pada pertandingan semifinal antara Kroasia dan Inggris," kata mereka.

Kroasia bukan satu-satunya yang mendapat hukuman dari FIFA. Mereka juga menghukum asosiasi sepakbola Swedia (SvFF).

"Meski sebelumnya telah diminta menghentikan aktivitas yang memicu pelanggaran dan menerima sanksi pada 6 Juli 2018, seorang anggota tim nasional Swedia (bukan beberapa pemain seperti pada kasus sebelumnya) menampilkan merek komersial yang tidak sah terkait perlengkapan permainan pada pertandingan perempat final ketika Swedia berhadapan dengan Inggris," kata FIFA.

Baca selengkapnya di sini

Berita Terkait

Berita Terkini